05 November 2012

Ketika Multiply Menutup Blog

Blog lama saya di www.hurek.multiply.com yang tinggal kenangan.


"Mulai 1 Desember 2012, dengan sangat menyesal, kami tidak akan dapat lagi mendukung aktivitas Multiply dalam bentuk penyediaan layanan jejaring sosial dan berbagi konten (foto, video, blog, dan lainnya)." 

Pernyataan resmi Multiply tentu  saja menjadi pukulan telak bagi teman-teman blogger yang menggunakan jasa Multiply. Kita tahu Multiply menjadi favorit blogger ketika demam blog sedang melanda tanah air, bahkan dunia. Saya perhatikan blog-blog di Multiply sangat berkualitas.

Mengapa Multiply sangat digemari ketimbang Blogspot atau Blogdrive?

Fiturnya (saat itu) paling lengkap. Dan, yang paling disukai orang Indonesia, adalah musik (audio) dan video. Karena itu, para blogger spesialis musik di Indonesia hampir pasti memilih Multiply. Bukan Blogspot yang lebih dominan kata-kata atau gambar belaka. Baru belakangan ini saja Blogspot dilengkapi dengan fitur audiovisual.

Sebagai penggemar lagu lama, juga pemburu kaset-kaset bekas (dulu), saya selalu berkunjung ke blog-blog musik nostalgia yang (hampir pasti) pakai Multiply. Wuih... enak banget! Ada orang Belanda yang punya koleksi unik lagu-lagu lawas yang sudah sangat sulit ditemukan di Indonesia. Kita bisa menikmati nuansa musik lawas sambil membayangkan situasi masa lalu tahun 1950-an, 1960-an, bahkan 1930-an... ketika industri musik masih sangat prematur.

Tapi mau bilang apa?

Multiply memilih tutup sebentar lagi. Berapa juta orang yang harus kehilangan blog yang sudah dirintis susah-payah selama empat, lima, enam, atau tujuh tahun? Berapa juta orang yang kehilangan kesempatan untuk mengunjungi blog-blog pribadi yang luar biasa itu?

Tapi memang begitulah risiko bermain di internet. Selalu ada pasangan naik, surut, kemudian mati. Demam blog memang sudah lama berakhir. Sehingga Multiply merasa tak ada gunanya lagi mempertahankan layanan blog yang pernah sangat unggul itu.

Untung... masih untung.... blog saya di Multiply tidak saya aktifkan karena sejak awal saya buru-buru pindah ke Blogspot. Tapi sampai kapan Blogspot pun bertahan? Kita tidak tahu. Yang jelas, sewaktu-waktu pemilik Blogspot, yakni Google, bisa saja mengumumkan bahwa layanan blogging-nya akan ditutup... kalau dinilai sudah tidak menguntungkan.

Sebelum Multiply tutup, saya sudah pernah mengalami hal serupa di blog milik Yahoo. Saya banyak mengarsip tulisan-tulisan panjang saya di blog yang kurang populer itu. Tiba-tiba Yahoo! mengumumkan layanan blogging-nya ditutup. Maka, blog alternatif saya itu pun jadi almarhum.

Yah... di dunia ini tidak ada yang abadi. Apalagi cuma internet. Apalagi cuma blog.

Teman-teman blogger, yang pakai Multiply, tolong cepat-cepat selamatkan naskah dan data kalian mumpung masih ada waktu beberapa minggu lagi. Segera beralih ke platform lain... agar dunia blog tanah air tidak kehilangan jutaan pemain dan penggemarnya.

No comments:

Post a Comment