18 September 2012

IIS SUGIARTI: Titip salam tapi maksud tak sampai




Aneh juga, di tempat wisata Pacet, Mojokerto, ada orang Madura putar lagu-lagu IIS SUGIARTI. Tembang lama yang sudah sangat jarang terdengar hari ini. Aneh karena orang Madura, dan keturunan Madura, paling gandrung dangdut dan kasidah.

"Saya suka karena musiknya menusuk ke hati," kata Cak Ipul bersama istri dan anak.

Dia simpan banyak lagu Iis Sugiarti dan sejenis di ponselnya. Diputar kapan saja dia merasa sumpek. Dengar lagu-lagu melankolis membuat dia jadi lebih lembut, katanya.

Saya pun ketawa dalam hati saat mendengar suara sendu Iis Sugiarti. Saya ingat teman sekolah di Larantuka, Flores, yang suka nyanyi di depan kelas ketika pak guru sudah ngantuk. Suaranya memang sangat bagus.

INGIN KUTITIP SALAM TAPI MAKSUD TAK SAMPAI
KARNA KUDENGAR DI SANA KAU TELAH BAHAGIA
HIDUP BERDUA BERSAMA DENGANNYA
OH ADAKAH ENGKAU INGAT AKU

Saya hafal lagu ini dan beberapa ciptaan Obbie Messakh lain karena sering dipakai latihan gitar di pinggir jalan. Kuncinya cuma tiga sehingga gampang dihafal. Nyanyi pun sambil merem kayak orang lagi merindu kasih. Hehehe...

Dulu hampir semua bemo alias angkot di Larantuka putar lagu macam ini. Semua yang berbau Obbie dan Pance memang dimakan orang NTT saat itu. Mungkin masih berlanjut sampai sekarang meski tren musik sudah sangat berbeda.

Hit lain Iis Sugiarti adalah DI SINI AKU MENANTI. Ciptaan Obbie Messakh, 1985, sebagai jawaban KAU DAN AKU SATU yang meledak luar biasa. Yah, lagu-lagu laris zaman dulu memang selalu dibuat jawabannya. Melodi mirip, bahkan sama, syairnya merupakan lanjutan lagu yang dijawab.

Ketika pertama kali diputar di pecinan Larantuka, Jl Niaga, heboh. Banyak orang yang beli kasetnya atau sekadar duduk dengar di depan toko kaset. Waktu itu hanya ada dua toko kaset. Kualitas sound-nya luar biasa untuk ukuran NTT. Seakan kita lagi nonton konser besar.

"Saya bikin lagu sesuai apa yang saya tangkap di masyarakat. Sederhana, gak muluk-muluk," kata Obbie Messakh. Ah, ternyata lagu sederhana itu tahan zaman.

MELODI MELODI MEMORI
MELODI MELODI MEMORI
LAGU KENANGAN MASA YANG SILAM
MASA PENUH WANGI BUNGA

No comments:

Post a Comment