09 September 2012

Gereja baru bernama YHS Church

Billy, Hanna, Yusak.

Sebuah gereja baru diperkenalkan di  Surabaya. Namanya Gereja Yakin Hidup Sukses atau YHS Church.  Gereja ini dipimpin  Pendeta Yusak Hadisiswantoro dan didampingi istrinya, Hanna Asti Tanuseputra,  serta Billy Zakharian (putra Yusak-Hanna).

Gereja YHS mengadakan kebaktian pengurapan di Gedung Srijaya, Jl Mayjen Sungkono Surabaya, Kamis (6/9/2012) malam. Sekitar 2.000 jemaat membanjiri ruangan hingga meluber keluar. Kebaktian sekaligus pengenalan YHS Church ini diawali penampilan Shine Vocal Group dari Malang yang membawakan puji-pujian rohani

Kemudian dilanjutkan pujian penyembahan dari dipimpin Richard Boy Mattulessy. Suasana suasana meriah dengan kehadiran Shout of Triumph Kids dari YHS Malang.Pendeta Yusak Hadisiswantoro dalam khotbahnya mengingatkan jemaat tentang kuasa dalam perkataan.

"Speak what you want to see, not what you see! Speak what you believe!" ujar menantu Pendeta Abraham Alex Tanuseputra, pendiri Gereja Bethany Indonesia itu.

Yusak Hadisiwantoro selama bertahun-tahun dikenal sebagai salah satu pendeta di Gereja Bethany.  Dia sempat merilis album dengan salah satu nomor hit Yeshua Hamasia. Putri Yusak-Hanna bernama Sandra Angelia merupakan Miss Indonesia 2008.

Usai khotbah, kebaktian kebangunan rohani ini dilanjutkan dengan pengurapan jemaat. Sekelompok pemain musik tradisional angklung membawakan lagu Monggo Sami Nderek Gusti, kemudian penampilan tarian tradisional dengan kostum dari berbagai daerah di Indonesia diiringi lagu Kami Terima yang dinyanyikan tim pujian dari Malang.

Pendeta Hanna Tanuseputra mengaku tak menyangka melihat ribuan jemaat memenuhi Srijaya Hall. "Puji Tuhan, suasana di Srijaya kemarin seperti pesta rohani. Semoga jemaat yang hadir diberkati oleh Tuhan," katanya.

Oh ya, YHS ini semula kepanjangannya Yesus Hidup Sejati. Tapi tak lama kemudian diganti menjadi Yakin Hidup Sukses. Ketika melihat spanduk-spanduk di pinggir jalan raya di Surabaya, yang memajang foto Yusak Hadisiswantoro, saya langsung mengartikan YHS sebagai akronim nama Yusak Hadisiswantoro. Atau, bisa juga Yeshua Hamasia, judul lagu yang dipopulerkan oleh Yusak.

Tidak tanggung-tanggung, YHS Church memasang iklan satu halaman penuh di koran Jawa Pos edisi 8 September 2012. Wow, luar biasa!Ngomong-ngomong, kepanjangan YHS yang benar itu apa?

"Yakin hidup sukses!" kata Hanna Hadisiwantoro, nama populer Hanna Tanuseputra, di Radio Bahtera Yudha Surabaya, Sabtu (8/9/2012) sore. Nadanya sangat tegas.

172 comments:

  1. wuihhh... bethany punya anak baru!!! luar biasa!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan anak baru, tapi Sinode baru..,

      Delete
    2. pengembangan biar gereja gak stagnan. kalo gerejanya itu2 aja kayaknya kurang dinamis...

      Delete
    3. aq kira YHS ini visi dari Pdt Yusak dan keluarga untuk menjadi berkat bagi banyak orang. kita harus berserah kepada Tuhan Yesus. Amin!!!

      Delete
  2. Di Jerman ada pepatah; Wer nichts wird, wird Wirt. Mungkin di Indonesia pepatah tersebut diatas harus diganti menjadi; Wer Versager ist, wird Prediger.
    Mohon kepada Bung Hurek untuk menjelaskan makna pepatah tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... aq ora wani komentar Cak. ora mudheng!
      berkah dalem!

      Delete
  3. Amit amit jabang bayi, endas ku mumet nek ndelok tingkah lakune wong suroboyo zaman saiki.
    pastor e khotbah ning gerejo nganggo boso enggres.
    speak what you want to see. Opo yo artine ?
    nyerocoso opo sing arep mok delok. ora cetos !

    ReplyDelete
  4. Pesan seorang Ibu yang bijaksana kepada putera-nya.
    Le, kon nek ora entos opo-opo, dadio pendeto.
    Dalam dunia ini tentu saja selalu ada pengecualian,
    seperti kata orang Romawi : Exceptio confirmat regulam.

    ReplyDelete
  5. baguslah kalo pdt yusak bikin gereja baru.
    moga2 sukses kayak sang mertua!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf......qt hari ini masih jd orang baik, tp suatu saat bs jadi orang yg gk baik.....jgn lihat dr negatifnya....biar itu jd urusan mrk dgn Tuhan...bertobatlah....!

      Delete
  6. pendeta sekarang itu kaya2 dan sukses. mobilnya banyak dan bagus2. beda dgn pastor zaman dulu yg melarat, ke mana2 pakai sepeda pancal atau sepeda motor jelek dgn pakaian yg sangat sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya membangun istananya sendiri....pelayanan dijadikan bisnis...tp kata paulus gk apa2 yang penting tujuan utamanya adalah memuliakan nama Yesus..(Liat filipi 1:15-18)

      Delete
    2. mestinya anda sadar bahwa itu semua sdh dinubuatkan di dalam alkitab bhwa manusia akan mementingkan dirinya sendiri, bangsa2 akan bangkit melawan bangsa, kerejaan melawan kerajaan.....sdh otomatis.....

      Delete
    3. Yok bisnis gereja biar cepet kaya

      Delete
    4. Buktikan gereja anda. Apakah bisa sukses sprti Bethany Dan YHS .

      Delete
  7. Iyalah semoga sukses bikin gereja !!! Tiap orang harus berdikari menjadi wirausahawan.
    Ada yang jadi bakul jamu. Ada pula yang jualan rujak cingur. Jangan selalu tergantung kepada orang lain, terutama jangan sekali-kali tergantung kepada mertua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kek ladang bisnis aja tuh gereja, perlu direnungi aja tuh tujuan mendirikan gereja.

      Delete
  8. hebaaat... haleluya!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq harap anda berkata hebaaaat itu ditujukan ke YESUS, ya....

      Delete
  9. kayak perusahaan aja ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang kyk perusahaan.....termanagement dgn baik....ya namanya jg gereja modern...mo gmn lagi...

      Delete
  10. jaman edan... Kok gereja udah jadi seperti tempat seminar motivasi MLM, bukannya tempat mencari kedekatan batin dengan sang Pencipta alam semesta...

    ReplyDelete
  11. YHS memang sdh lama identik dgn yusak hadisiswantoro. dulu dia bikin youth house salvation (YHS), bagian dari pelayanan gereja bethany. mungkin dari situlah embiro YHS hingga menjadi gereja yg berdiri sendiri.

    Inti dr YHS ini adalah yusak sendiri ditambah hanna (istri) dan billy (anak). yah, manajemen keluarga jugalah. rezeki dan berkat tuhan kan gak boleh jauh2 dari keluarga sendiri!!!! haleluya!!!!!

    ReplyDelete
  12. Kata Gereja bagiku adalah sebuah kata yang Sakral, tidak boleh dijadikan merek dagangan untuk mencari uang. Kalau pakai kata Church boleh saja, sebab aku tidak tahu kata itu artinya apa. Setahu ku, sejak hampir 2000 tahun nama Gereja biasanya; St.Stephan, St.Martin, St.Bartholomeus, St.Michael, St.Andreas, dll. Mana ada Gereja pakai nama Yakin Hidup Sukses (YHS) ? Kok tidak ada yang pakai PSK Church, singkatan dari PERUT SELALU KENYANG, atau Post Spar Kasse.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama gereja pakai santo-santa itu ciri khas katolik. sementara YHS ini sama sekali beda krn termasuk aliran neopentakosta yg memang sangat menekankan teologi sukses. sukses, makmur, berkat... jadi mantra utama gereja2 kayak gini. dan kebetulan sukses menarik ribuan jemaat dr gereja2 lama kayak katolik or protestan.

      Delete
    2. model2 spt itu kharismatik...

      Delete
    3. Theology kemakmuran = Sesat

      Para pengkritik teologi kemakmuran mengklaim bahwa doktrin itu digunakan oleh para pemberitanya untuk memetik keuntungan.[1][2] Mereka juga mengatakan bawah bahwa fokus doktrin itu pada kekayaan materi adalah keliru .[1][2] Mereka berpendapat bahwa kekayaan materi justru bisa membuat orang percaya jatuh ke dalam rasa cinta akan uang.[1][2] Ada juga yang menyatakan teologi ini adalah sebagai ajaran sesat.[1]

      Andar Ismail pernah mengatakan bahwa pengajaran yang dilakukan para tokoh gereja (Pendeta dan pekabar Injil) seharusnya tidak mengedepankan hal-hal materi untuk memperkaya gereja maupun pemberitanya.[6]Ajaran ini merupakan pencarian keuntungan dari penderitaan Yesus di kayu salib, para penganjur teologi kemakmuran mencari 'menjual' kematian Kristus dengan maksud mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya di gereja.[4][6] Para pengajar atau pendeta Teologi kemakmuran dianggap sebagai korupsi atas penebusan yang dilakukan Yesus di kayu Salib.[4] Pandangan yang terlalu sembrono mengkaitkan tujuan penebusan Allah melalui Yesus dengan dunia materi atau kekayaan.[4]

      Paul Enns juga menolak keras ajaran teologi ini.[5] Ajaran ini dianggap sebagai ajaran di luar Alkitab, mengotori Alkitab, bukan bagian dari warisa kekristenan, dan bukan Kristen.[5]



      BACA : http://id.wikipedia.org/wiki/Teologi_Kemakmuran

      Delete
  13. yg pasti sukses itu pendetanya krn jemaat harus nyetor 10% penghasilannya ke gereja. aset gereja diatasnamakan pendeta, jemaat gak dapat apa2. haleluya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10% itu namanya persepuluhan dan itu mmg punya Tuhan..baca baik2 di alkitab.. kalo masalh gerja mengelolanya spt apa sdh bukan urusan kita sbg jemaat..klo mmg ada yg salah gunakan itu urusan mereka dgn Tuhan dan kita jd jemaat ya taat firman Tuhan sj bukan taat sm manusia..yg pasti perpuluhan itu mmg punya Tuhan bukan nyetor dgrja tp melalui gereja krna kita gak mungkin khan lgsg bawa kesurga perpuluhannya.. JBU

      Delete
    2. Saya mengutip "jika anda tahu sesuatu yg baik, tp tidak anda lakukan, maka anda berdosa" sempat sering terdengar d radio bethany. Jika anda tahu sesuatu berjalan tidak dgn benar, tp menutup mata dhn menyebutkan itu urusan dgn Tuhan, saya rasa itu naif sekali. Ibarat rakyat yg masa bodoh dgn penguasa. Kalau misal perpuluhan anda digunakan untuk hal2 buruk? Misal yg plg ekstrim, terorisme? Saya rasa Tuhan juga butuh umat yg pandai dan cerdas, bukan yg berpikir kalau sdh perpuluhan, brati sudah betbuat benar. Kalau anda sudah mendengar kabar gembira, tp tidak menerima Tuhan Yesus, ajaran umum gereja apa coba kita renungkan. Nah jika sebaliknya, kabar buruk yg kita dengarkan, masa kita ga kritis dong.

      Delete
    3. wah.. negatif banget. Bukan menutup mata. Semua sesuai firman Tuhan. Tuhan kita hidup dan mahakuasa jadi DIA BISA bertindak kepada pemimpin gereja yg tdk benar. Jangan cepat2 menghakimi karena itu haknya Tuhan.. Kalau ada gereja jadi pendukung teroris, kayaknya tdk ada tuh..
      Karena benar tdknya seseorang dapat dilihat dari buahnya,
      JBU

      Delete
  14. Ini namanya keuntungan materi bertopeng keagamaan. Lagu lama, kaset baru. Sudah terjadi sejak akhir abad 1. Kok gereja ada owner nya segala, pwarraahh... Kasihan banyak yg termakan tipuan ini #miris

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah ada gereja yg pendetanya dibayar, difasilitasi trus dijadikan gembala sidang...tp klo hasil kerjanya gk becus bs dipecat secara tidak hormat...!!!!

      Delete
  15. pak Yusak, saya mau tanya alasan apa bpk buat gereja baru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...aq pngen ingetin sodara aja...selalu lihat dr segi positifnya aja....

      Delete
  16. terlepas dari kecaman dan kritik, gereja2 karismatik kayak bethany, YHS, tiberias, mawar sharon dan sejenisnya sangat sukses menggairahkan kehidupan umat kristen di indonesia ketika gereja2 lama cenderung stagnan. orang2 kayak pdt yusak kan gak mungkin teus2an jadi anak buah di bethany... maka dia perlu jadi pemimpin gereja baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini bahasanya aneh banget dah, anak buah..... pelayanan itu tidak melihat anak buah atau atasan. Kalo emang panggilan kaga apa, bagus tuh. tapi kalo didasarkan bukan dari Tuhan,segemerlap dan semeriah apapun suatu gereja itu bakalan meredup pada waktunya. Semoga makin banyak jiwa dimenangkan atas nama Yesus, bukan personal.

      Delete
    2. yang jelas, penggembalaan Gereja Bethany Indonesia diwariskan kepada Pdt. Aswin Tanuseputra (putra laki2 Pdt. Abraham Alex Tanuseputra). Mungkin karena kecewa, Pdt. Yusak Hadisiswantoro (menantu Pdt. Abraham Alex Tanuseputra) memutuskan untuk membuat sinode sendiri.., mungkin..,

      Delete
    3. ya...that's right...salah satunya itu...tp itu sdh dimulai 12 thn yg lalu....lihat positifnya aja....

      Delete
    4. ingat kita gak perlu menghakimi..
      msuk gereja jangan liat mnusia tp liat Tuhan..cari Tuhan bukan liat kesalahan org.. klo mau liat manusia smw pasti bs kecewa..namanya juga manusia..gak ada y sempurna..cm Tuhan yg sempurna..jd klo manusia buat kesalahn ya itu urusan mereka dengan Tuhan.. sy tdk membela siapapun cm mengingatkan sj percuma ngomongin gereja org.. yg pada dasarnya gereja itu adlh diri kita sendiri..so drpd ngurus pdt sana pdt sini dan grja sana grja sini..mending perbaiki pribadi masing''..yg pasti stiap grja yg ada smw punya maksud yg baik biar jemaat punya tempat untuk beribadah..kita sbg kaum minoritas sbnrx hrs saling mendukung..

      Delete
  17. Setuju dengan Johny Maluku. Orang mau mendirikan gereja ya biarkan saja. Gereja-gereja yang lama agar terangsang untuk menggairahkan umatnya.

    Memang secara teologi gereja-gereja Pentekosta ini lebih dangkal. Merekrut umat dengan janji Tuhan akan memberikan kemakmuran. Gereja mereka juga memberikan servis dengan membuat umat merasa terjunjung secara psikologis, membuat mereka merasa spesial dibandingkan orang lain.

    Biarlah itu terjadi. Kemerdekaan beragama harus dijunjung tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau dibilang dangkal sihh gk juga..krna banyak dr mrka lulusan sekolah theologi ternama..yaa kita mendukung saja klo ada rumah Tuhan yg dibentuk..itu artinya firman Tuhan bs semakin banyak d

      Delete
    2. Teologi dangkal itu maksudnya teologi Gunung Kawi, seperti terdahulu disebut oleh Hanz Hargianto di bawah. Intinya "kalau mau kaya, maju di karier, sembuh dari sakit" ikut gereja ini. Kalau pengakuan imannya sih sama, karena diambil dari Pengakuan Iman Nicea (Nicene Creed). Tapi implementasinya?

      Asal bisa mengomel dalam bahasa lidah, asal senang jingkrak2 dalam kebaktian, asal mengaku di depan 1000 jemaat "Aku ikut Yesus", pasti masuk surga. Eh, gampang amat.

      Yesus itu membela yang miskin, dan menyuruh (bukan hanya menghimbau) manusia agar tidak menimbun harta di bumi. Berapa kali ajaran ini disebutkan dalam semua Injil? Lha kok gereja ini malah mengajar orang agar "yakin hidup sukses". Ikut Yesus itu "Yakin Hidup Sengsara" seperti dia sengsara di salib, "Yakin Hidup Semedi" seperti dia menyepi di gurun pasir dan Getsemani, "Yakin Hidup Solider" seperti dia solider dengan yang miskin. Yesus gak pernah mengajar kalau ikut Dia yakin naik pangkat, makin kaya ... malah yang kaya disuruh memberikan hartanya demi orang lain. Ikut Yesus itu bukan sekedar "dilahirkan kembali". Dilahirkan kembali itu suatu proses seumur hidup, penuh perjuangan spiritual yang tidak gampang.

      Kebanyakan pendeta Pentekosta dan Injili menjelek2kan Katolik dan Protestan hanya untuk merekrut umat. Itu yang saya tidak suka.

      Delete
    3. "Kebanyakan pendeta Pentekosta dan Injili menjelek2kan Katolik dan Protestan hanya untuk merekrut umat. Itu yang saya tidak suka"

      kutipan yg tepat sekali......

      Delete
    4. "Kebanyakan pendeta Pentekosta dan Injili menjelek2kan Katolik dan Protestan hanya untuk merekrut umat. Itu yang saya tidak suka"

      kata yg tepat sekali.....

      Delete
  18. kita umat kristen harus lebih kompak. jangan saling menyalahkan, harus saling menguatkan! kalau ada gereja yg maju ya puji Tuhan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaaahhh...itu yg saya mau...mas bro ternyata bs melihat dr segi positif.......setuju dech sama qm :D

      Delete
  19. Apapun yang orang katakan (kristen /non kristen)...baik yang negatif maupun positif... yang penting semua orang itu dilihat dan dinilai Tuhan Yesus dari buahnya. Kalau mendirikan gereja dasarnya kurang kokoh maka akan diterpa ombak langsung "habis". Harus mendirikan gereja diatas batu karang yang kokoh... dan Akhir jaman ini Tuhan sedang menampi dan memisahkan antara gandum dan ilalang... Sebaiknya jangan menghakimi krn kita punya HAKIM YANG ADIL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat setujuuuuu....ngapain ngurusin org lain, urus diri sendiri aja...yang akan dinilai nantinya adalah adakah kita menghasilkan buah yg manis.... apakah kita bisa pertahankan iman kita dalam KRISTUS hingga akhir?????

      Delete
    2. btullll sx.. gak perlu saling menghakimi dhee..kita semua gak ada yg sempurna..jgan sibuk ngurus org lain diri sdri gak berbuah..

      Delete
  20. Ya dilihat saja buah rohnya

    ReplyDelete
  21. Bikin gereja untuk penginjilan,utk membagi berkat utk umat manusia atau hanyaa untuk bisnis semata?? Untuk memperkaya diri sendiri? Untuk mendapaatkan penghasilan dari gereja? Bukan utk melayani?
    Bikin gereja utk menyelamatkan domba2 yg tersesat? Atau hanya bikin kandang baru untuk memindahkan("menculik") domba2 yg sudah ada di kandang lain???

    Inikah cara pelayanan sekarang??
    Inikah ajaran Kristus??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata rasul paulus tidak apa2 asal tujuan utamanya memuliakan YESUS......alkitab ternyata digenapi...(lihat filipi 1:15-18)....
      tp jgn sampek pada saatnya YESUS bilang : " Aku tidak kenal kamu!!"
      klo sdh digituin, qt mau apa lagi???walaupun pelayan Tuhan???

      Delete
  22. domba2 kan perlu rumput hijau dan segar. kalo di kebun yg lama rumputnya sudah tidak hijau, kering, air susah, ya dia pasti akan mencari padang rumput yg hijau dan segar.

    ReplyDelete
  23. jangan sampai gereja jadi alat meraup untung ,untuk ajang bisnis , masyarakat harus jeli jangan terperosok dengan ulah ulah orang yang sebenarnya bertuhankan UANG . karena bikin gereja di kota itu bisnis , kalau betul melayani buat lah gereja di daerah terpencil ,nama gereja itu untuk menejemen keluarga ,biar persembahan ngak kemana mana ,rekening keluarga bertumpuk tuh.......Hati hati dengan permainan mafia rohani

    ReplyDelete
  24. et omnes unum sint2:04 PM, September 17, 2012

    SAYA JADI INGAT TEMAN-TEMAN GMKI WAKTU KULIAH JAMAN DULU PUNYA SLOGAN ET OMNES UNUM SINT. SEMOGA MEREKA BERSATU SAMA SEPERTI SAYA DAN BAPA ADALAH SATU.

    SALAM BUAT TEMAN-TEMAN ALUMNI GMKI DAN ADIK-ADIK AKTIVIS GMKI DI MANA PUN KALIAN BERADA.

    ReplyDelete
  25. Menurut saya, mendirikan gereja baru tidak sama dengan mendirikan perusahaan. Haruslah sesuai dengan kehendak Tuhan, bukan ambisi pribadi atau hal-hal lain yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Jika gereja itu dibangun sesuai kehendak Tuhan, maka akan tetap kokoh berdiri sebab Tuhan yang akan menopang. Ini hanya pendapat saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tambahin...kata rasul paulus tidak apa2 asal tujuan utamanya melmuliakan Yesus...coba lihat filipi 1:15-18

      Delete
    2. Emang itu alkitab isinya filipi 1:15-18 doang, capeee deh

      Delete
    3. Yup.... harus sesuai dgn kehendak Tuhan (kebenaran). Klo ngerampok gedung gereja denominasi lain apa itu benar???

      Delete
  26. gerakan gospel of success itu sudah berlangsung sekitar 50 tahun di seluruh dunia tapi sebagian besar umat protestan dan katolik di indonesia tidak sadar dan terlambat mengantisipasi. makanya sebagian besar jemaatnya menyeberang ke gereja2 sukses. mudah2an segera bangun dari tidur.

    ReplyDelete
  27. kulo nderek gusti Yesus Mawon nggih . . . . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. LERES! KULO SAMI NDEREK GUSTI YESUS!!!!

      Delete
  28. eneng2 wae !!!
    amit2, memang pemaksaan iman tu gak ada,.
    I Love mY religion Chatolik Church, any time,and any where,!!

    ReplyDelete
  29. aku wong kristen sing gak neko2 lan gak iso bahasa inggris. mangkane aku gak gelem melu YHS...

    ReplyDelete
  30. SUKSES? apa gunanya kalo sukses secara materi. ngengat dan karat bisa merusak. pikirkan kerajaan surga dan kebenarannya.

    ReplyDelete
  31. dan satulagi, lebih mudah seekor unta masuk lubang jarum daripada orang kaya masuk kerajaan surga.

    ReplyDelete
  32. salut utk ps yusak yg punya ribuan jemaat.

    ReplyDelete
  33. yusak tahu persis kalo ribuan org kristen gak kerasan di gerejanya, jenuh krn tidak entertaining... makanya dibuat gereja sukses yg entertaining dan bikin kerasan.

    wajar lah... karena peluang bisnis di gereja sangat luar biasa kalau kita cerdas. kalo ingin kaya jadilah pendeta gereja2 sukses. gitu aja kok repot!!!!!

    ReplyDelete
  34. lihat buah2 roh yg dihasilkan YHS apakah baik atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnyaaa....yg perlu dilihat itu buah2 roh para jemaatnyaa...

      Delete
    2. Klo menggelapkan/merampas gedung gereja milik denominasi lain baik ga ya??? apa itu masih bisa dikatakan kebenaran???

      Delete
  35. Agama atau kepercayaan orang itu sifatnya pribadi. Ada yang tingkat spiritualitasnya masih pemula, inginnya setiap kali dihibur dan dibesarkan hatinya dalam menghadapi kesulitan2 hidupnya, dengan khotbah yang menghibur dan ber-api2, dan dengan lagu2 emosional diiringi band lengkap seperti pesta perkawinan. Mereka ingin dikasih tahu dan menuruti saja ajaran pak ustad atau pastor, tanpa banyak merenung atau berpikir 2 kali.

    Ada yang pemahamannya lebih tinggi. Mereka yang sudah pada tingkat hakekat, pergi ke tempat ibadah tujuannya untuk menjalani ritual untuk semedi, meditasi, menenangkan hati sejenak. Hiburan datangnya bukan dari stimulan eksternal seperti khotbah yang meng-gebu2 atau musik yang membangkitkan semangat, tetapi dari kesadaran hati dan pikiran yang jernih.

    Umat selalu mencari komunitas yang tingkat pemahamannya sama dengan mereka. Dan itu tidak usah diperdebatkan dan dicemoohkan. Sejauh itu membantu mereka menjadi orang yang lebih baik, biarkanlah saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow ini komentar yang sangat bagus dan saya sangat setuju. Gereja yang penuh hingar bingar tanpa mengutamakan firman pengajaran ibarat bayi yang masih minum susu...

      Delete
    2. Yup... bener banget komentar ini, bahwa tingkat pemahaman agama seseorang berbeda2, dan masing2 punya gaya sendiri yg khas. kita hrs saling mengerti dan memahami tanpa menjelek2an denominasi atau aliran lain.

      Delete
    3. saya berterima kasiiiiihhhhh....ternyata msih ada org2 seperti kalian yg bs melihat dr sisi positifnya......biarlah itu jd ururan mereka ama Tuhan aja ya.....yg pnting qt tetap jadi tubuh kristus yg utuh....(silahkah kunjungi facebook saya :joko_youth@yahoo.co.id

      Delete
    4. yes,sangat setuju dengan pencerahan berpikir, bahwa tingkat pemahaman akan agama seseorang ituu berbeda-beda. Ayo kawan kita sebagai pengikut kristus harus menjadi 1 tubuh yg utuh, jgn sling menhujat antar denom baik katolik-kristen protestan ataupun kharismatik :)
      Gbu

      Delete
    5. wowwww..amazingg..yupppp sangat setuju dgan kalian smw..btul sx gak smw org kegerja itu udh dewasa rohani..tingkat kerohanian setiap org itu berbeda" jd stiap gereja punya caranya msing bagaimana kerohanian jemaatnya bs berkembang yaa mereka punya caranya masing" khan..dan kembali lg smw itu khan tujuannya agar jemaatnyaa bisa betul" merasakan Tuhan dlm hidupnya sehari" jdnya gak jdi kristen cm ktp doang

      Delete
  36. investasi jangkan panjang

    ReplyDelete
  37. yusak aq kira sangat kreatif n berani bikin terobosan utk menarik jemaat agar bergabung dg YHS. itu naluri bisnis yg diterapkan di gereja2 modern. very interesting n entertaining.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gereja kok dibuat bisnis. ckckck...

      Delete
    2. iya gpp...aq jg baru sadar setelah membaca filipi 1:15-18....
      kata rasul paulus gk apa2 yg penting tujuan utamanya memuliakan YESUS....
      itu biar jd urusan yg bersangkutan dengan Tuhan aja...

      Delete
    3. untuk menarik jemaat gereja laen ato untuk menjangkau jiwa2 baru?

      Delete
  38. YHS mau mendirikan kerajaan nya sendiri, saya kira Singkatan YHS itu yusak hadi siswantoro, makanya dia sampe berantem sama aswin, mungkin aswin(anak pdt.alex) tidak terima dengan YHS yang mau memonopoli kerajaan pdt.alex, saya kira fungsi greja bethany sudah melenceng, tujuan kotbahnya duit/berkat melulu....dan juga malahan skr pendetanya yang buka "ladang ijo" baru.... Haizz, sadarlah jemaat, kalian ke gereka bukan karena pendetanya, tapi karena engkau rindu padaNya

    ReplyDelete
  39. Pdt Yusak sangat kreatif dan punya daya tarik yg besar. Buktinya YHS-nya sukses menarik ribuan jemaat. Go ahead with Christ!!!!

    ReplyDelete
  40. pintar pintar memilih gereja saudaraku.

    sekarang banyak bisnis-bisnis berkedok gereja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sharing aja yah, menurut saya penting mengetahui kemana arahan Tuhan Yesus, mungkin Tuhan Yesus mengarahkan kita ke gereja kecil dan beribadah disana karena persembahan kita di butuhkan oleh gereja itu untuk berkembang, atau kita bergereja disana karena kekurangan pekerja, sehingga kita jd usher atau guru sekolah minggu, atau mungkin kita di suruh ke gereja yang besar karena Tuhan melihat kita dibutuhkan untuk tujuan lain, kita tidak tau, karena itu penting untuk terus berdoa dan bertanya, Tuhan Yesus, apakah kelakuanku sudah menyenangkan hatiMU, apakah aku harus melayani di sini atau di tempat lain, biarlah hanya kehendakMU yang terjadi, biarlah hanya hatiMU yang kuutamakan. Karena kalo datangnya dari hati Tuhan Yesus, pasti kita kemana pun benar dan tepat, serta kita pun dapat berbuah2 30x 50x ataupun 100x.
      Doa saya, biar kita semua terus mnecari hati Tuhan, rajin berdoa yang khusuk, merenungkan firmanNYA siang dan malam, berani dan setia melaksanakan ajaranNYA, dan ketika diangkat kedapatan kita tetap setia, aminn.
      Segala puji sembah dan hormat hanya bagiMU, Allah yang Agung, Tuhan Yesus Kristus, raja segala raja, aminn

      Delete
    2. baru tau ya??? gereja itu memang bisnis yg luar biasa menggiurkan. banyak pendeta yg konflik dg pendeta lain, dg menantu, dg siapa saja, karena memperebutkan aset miliaran rupiah. biasanya konflik itu mulai kelihatan ketika pendeta utama sebagai pendiri atau peletak dasar sudah tua sehingga harus menyerahkan singgasana kepada penggantinya.

      makanya, gereja2 itu selalu menempatkan anak istri atau menantu di lingkar bisnis utama. kalo kamu cuma sekedar pendeta yg pintar, punya wawasan, tapi gak ada ikatan keluarga dgn big boss... kamu akan disingkirkan. very very simple!!!!!

      Delete
    3. hmm miris jg ya...

      semoga harta tidak membutakan mata iman mereka.

      Delete
  41. Perlu diluruskan terlebih dahulu komentar-komentar miring diatas, benar memang Pastor Yusak membuat sinode tersendiri karena merasa "tidak puas" karena tahta penerus Gereja Bethany Indonesia dilanjutkan ke Pdt. Aswin Tanuseputra (putra kedua Bpk. Pdt. Abraham Alex Tanuseputra), namun sebagai anak TUHAN marilah kita terus berdoa yang terbaik untuk Pastor Yusak agar kelak dapat bersatu kembali dalam Gereja Bethany. Perlu juga Saudara-Saudara ketahui bahwa Pdt. Aswin terpilih menjadi ketua sinode meneruskan ayahnya karena terpilih oleh Sidang Sinode Gereja Bethany. Kedepannya, pemilihan penerus akan terus dilakukan dengan cara musyawarah Majelis. Dan perlu Saudara-Saudara ketahui bahwa Pdt. DR. K.A.M. Jusuf Ronni sejak tahun 2012 ini telah secara resmi bergabung kedalam Gereja Bethany Indonesia sebagai salah satu Anggota Dewan Rasuli Sinode Gereja Bethany Indonesia dan siap bersama-sama dengan Pdt. Abraham Alex Tanuseputra menggembalakan umat TUHAN di Gereja Bethany. TUHAN YESUS memberkati.

    ReplyDelete
  42. sedih ketika ada anak dan menantu mendirikan gereja karena tidak puas.

    ReplyDelete
  43. yg penting semua gebrakan ini demi kemuliaan Tuhan! bukan kemuliaan manusia yg fana. haleluya!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu kita sadari Hanya Tuhan Yesus yang mendirikan Gereja dan didirikan diatas Petrus. Jika ingin tau benar-benar Gereja yang didirikan Yesus maka carilah Regenerasi dari rasul-rasul Kristus seperti Rasul Petrus dimana mereka terakhir memberikan jabatan sebegai penerus Gereja Kristus. Maka kamu akan menemukan dimana Gereja yang didirikan oleh Kristus. Sifat Gereja Kristus HARUS Satu, Kudus, Universal dan Apostolik. Karena Kristus hanya satu dan Dia lah Kepala Gereja dan Gereja adalah Tubuh Kristus dan kita umat-Nya adalah anggota-anggota Gereja.

      Salam

      Delete
  44. Lebih baik "Miskin jadi kaya, Sakit jadi sembuh" atau "Dosamu diampuni" Gereja sudah lupa akan hakikat kekristenan. Banyak sekali orang ke gereja hanya untuk "Sakit --> sembuh", "Miskin --> kaya". Tapi perbuatan dosa terus berjalan. Setanpun bisa berbuat demikian. Yang membedakan adalah setan tidak bisa mengampuni. Alangkah indahnya jika pulang dari gereja, perbuatan berubah menjadi lebih baik (berhenti merokok, berhenti menjilat atasan, berhenti melakukan suap, berhenti mengijak anak buah hanya untuk menaikkan jabatannya sendiri, berhenti melakukan KDRT, berhenti pacaran seks bebas, berhenti selingkuh, berhenti onani & masturbasi, dll).

    Sekalipun bisa berbahasa roh, diberi karunia kesembuhan, dll, tidak menjamin orang tersebut masuk ke Surga (Ingat Matius 7:21-23). Banyak sekali akhir zaman ini gereja hanya terfokus pada "Sakit-->Sembuh", "Miskin--> Kaya", & "Mati-->Bangkit", yang notabene tidak ada bedanya dengan mental gunung kawi.

    Apa hebatnya "Sakit-->Sembuh", "Miskin--> kaya", & "Mati-->Bangkit"? Malaikat di Surgapun tidak akan bersorak sorai akan hal ini. Jika ada yang menyatakan salah akan statement ini. Maka sesatlah orang itu dan bermental gunung kawi. Malaikat hanya akan bersorak sorai jika ada 1 jiwa bertobat (Lukas 15: 8-10).

    Jangan pernah menyebut dirinya "KRISTEN" jika dia tidak bertobat setelah keluar gereja, menjadi pelaku firman, memikul salib KRISTUS.

    Writen by:

    Hanz Hargianto

    hanzhargianto@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu, kalau miskin jadi kaya, sakit jadi sembuh, dukun atau setanpun bisa melakukannya. Tujuan utama beribadah kepada Tuhan Yesus adalah mendengarkan firman, mempraktekkan firman dan berhenti berbuat dosa. Untuk itu perlu penyaliban daging. Menderita di dunia, tapi bahagia di surga.

      Saya setuju dengan tulisan anda. Tapi kalimat terakhir kok agak sadis ya (yang tidak boleh menyebut diri kita Kristen). Kita sebagai umat Kristen dan manusia biasa tentu tidak luput dari dosa. Terus apakah kita tidak boleh menyebut diri kita seorang Kristen? Saya rasa jabatan bukanlah jaminan masuk surga. Tapi memang betul kalau yang paling penting adalah bertobat, jadi pelaku firman dan memikul salib.

      Delete
    2. Betul sekali. Motivasi yg benar dlm mengikut Tuhan, bukan hanya mengejar berkat saja. Menyenangkan hati TUhan, coba kalo hamba 2 Tuhan begitu ya, kasih contoh yg baik untuk jemaat.

      Delete
    3. bro.. sakit menjadi sembuh itu efek dari orang yg berjumpa dengan Yesus secara Pribadi. Baca Alkitab banyak orang mengalami kesembuhan Tubuh, Jiwa dan roh. roh yg miskin diubah menjadi rohani yg kaya setelah berjumpa dengan Yesus. Orang berdosa meninggalkan kehidupan yg lama setelah berjumpa dengan Yesus. Setelah mengalami mujizat orang tersebut dipakai Tuhan untuk memuliakan namaNya dan menjadi saksi yg Hidup bagi Tuhan. Amin

      Delete
    4. To Anonymous 3:16 PM, November 19, 2013,
      Pernah renungkan tentang Lukas 17: 11-19 atau tidak? Semua pasti sudah sering baca. Bahkan karena terlalu sering, bacanya sambil lalu begitu saja. Saudara Anonymous yang posting 3:16 PM, November 19, 2013, tidak ada salahnya baca perikop ini dan minta Roh Kudus untuk mengajarkannya kepada anda. Perikop ini sangat dalam, terutama bagi para pengejar berkat semata (bukan Sang Pemberi Berkat-Tuhan Yesus Kristus).

      Delete
  45. gereja2 sekarang sudah seperti pasar. free fight competition untuk memperebutkan jemaat. jangan heran gereja2 bikin trik dan entertain macam2 agar bisa menarik jemaat sebanyak2nya dr gereja lain, gak peduli gereja lain bangkrut yg penting gereja gue banyak jemaatnya. kayak hukum rimba: siapa yg kuat (uang) dia yg menang hahahaha.... huahuahua...

    ReplyDelete
  46. Sebelum dibuang ke bumi, Lucifer adalah Bintang Timur dan juga malaikat yang paling indah. Tugas Lucifer adalah pelayanan pujian penyembahan kepada Tuhan. Tapi karena ia ingin menjadi seperti Tuhan maka dibuang dan digantikan oleh Yesus.

    Cerita ini cuma sebagai pengingat saja. Meski memiliki ribuan jemaat, hebat dalam pujian tapi tidak mau ikut Tuhan Yesus alias memiliki ambisi duniawi, maka tidak ada bedanya dengan Lucifer. Manusia ini cuma setitik debu dihadapan Tuhan, tidak usah sombong dan ingin berkuasa.

    ReplyDelete
  47. EAAAAA Daripada tenaga dan kepintaran bersilat kata2 kalian dibuat mencela satu sama lain mending dibuat jangkau jiwa deh.
    Masih banyak di luar sono yang belom denger kabar keselamatan.
    Malu-maluin di liat "org luar"tubuh Kristus bertengkar sendiri satu sama lain~

    toh yang penting satu Tuhannya Tuhan Yesus!
    "Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir. Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus. Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?

    Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil; dan itupun bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia. " 1korintus 1:10-17

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya apakah Injil benar-benar diterapkan di gereja YHS. Jika benar ikut Yesus sebagai teladan, maka tidak semestinya sebuah gereja dibuat seperti konser atau pesta duniawi. Apa Yesus pernah mendatangkan artis-artis untuk menarik umat-Nya? Yesus mati disalib dan menderita demi dosa kita, sementara mereka berpesta pora di gereja? Sori ya, saya hanya mau bersatu dengan mereka yang ikut pengajaran yang benar.

      Delete
    2. Gereja YHS itu aliran karismatik sehingga dia punya style sendiri yg entertaning. Saya tidak suka gaya kayak gitu tapi menghargai pilihan mereka. Terserah aja kalo dia merasa cara konser dan artis2 bisa membawa jemaat kepada Tuhan. Saya biarpun dibayar pun tidak akan mau ikut kebaktian di YHS dan sejenisnya.

      Delete
    3. Semuanya kan tergantung jemaatnya juga. Kalo jemaat suka dan betah... apa salahnya. Hukum dagang kan you jual, aku beli kalo cocok di hati. Kalo merasa gak cocok, ya gak usah datang lagi. Apapun motivasinya, kalo nama Yesus atau injil diberitakan silahkan saja. Yang penting gak mengajarkan anti Kristus. Kalo dianggap terlalu aliran teologi kemakmuran... itu kan perspektif yang berbeda saja. Ok. Silahkan berargumentasi. He... JBU

      Delete
  48. hebat banget pdt yusak... moga2 ditiru oleh pengusaha2 lain yg ingin buka bisnis baru di gereja.
    haleluya!!!

    ReplyDelete
  49. bagusssssss, maju terus,

    ReplyDelete
  50. bukan sy mau menghakimi tapi sy sbg manusia biasa dan juga kristen tingkat pemula, berpikiran negatif ttg pdt yusak. gembala nya aja begitu gimana dengan domba2 nya???

    ReplyDelete
  51. begitu banyak komentar yg pro dan kontra atau netral, semua bertujuan untuk memberi masukan kepada pengelola gereja2 entah pendeta, pastor, evangelis, reverend.. agar lebih hati2 dan bijaksana. di era kebebasan berpendapat ini komentar2 pedas tak bisa dhindari. silakan ambil sisi positif demi kerajaan allah. shalom untuk semuanya.

    ReplyDelete
  52. hehehe mental gunung kawi... komentar hargianto di atas sangat tepat dan kena ke mana2. saya pun terkena kritikan ini. saya rajin ke gereja tapi masih rajin berbuat dosa juga. Gusti Allah, mohon bantuanMu agar saya kembali ke jalan yg benar.

    ReplyDelete
  53. Sy tidak tau pdt alex dgn pdt yusak apa berantem?apa isu/gosip belaka ato fakta?
    Yg mau sy tekankan tujuan, pdt yusak buat gereja baru itu apa?buat jangkau jiwa2 baru? Ato untuk apa?untuk menarik jemaat dari gereja laen?
    Bayangkan duit berapa itu yg d keluarkan pdt yusak, mudah2an duit segitu buat gereja baru utk jangkau jiwa2 baru yg blm kenal Yesus.
    Sekali lg sy tdk mau menghakimi,semua kata2 sy pertanyaan. Sy yakin pdt yusak tidak asal2an buat gereja baru,semoga pdt yusak bisa buktikan kepada masyarakat kristen dan masyarakat non kristen yang punya pandangan negatif, bahwa pandangan negatif itu salah.

    ReplyDelete
  54. itulah demokrasi, kebebasan berpendapat, kebebasan mendirikan gereja di kalangan umat kristen. semua bebas tanpa ada ketakutan diberi fatwa sesat atau dibubarkan ormas tertentu. oleh karena itu, sudah selayaknya kita semua menghormati Yusak dengan YHSnya, Alex Bethany, Pariadji dengan minyak urapan, Bambang Noorsena dengan ortodoks syria, mormonisme, saksi yohavah dan sebagainya. kebebasan itulah yg membuat USA sangat maju meskipun kadang2 ada juga orang sakit jiwa yg bikin gereja or sekte baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. free man, betul sekali. Di Amerika Serikat, kebebasan ini dilindungi oleh Amendemen Pertama atau The First Amendment dari UUD Amerika Serikat: "The state shall make no law respecting an establishment of religion, or prohibiting the free exercise thereof". Walaupun di AS agama Kristen Protestan dengan berbagai denominasinya merupakan mayoritas, boleh2 saja aliran2 baru didirikan tanpa ada intimidasi dari pihak mayoritas. Boleh2 saja agama Islam yang dibawa pendatang menjadi iman yang berkembang paling pesat di anak-benua Amerika Utara. Negara2 yang maju di dunia ini (USA, Eropa Barat-Utara, Jepang, Korea Selatan, Australia, Kanada) sudah pasti tidak ada percampuran antara agama dan negara.

      Di Indonesia sebenarnya dalam UUD ada juga disebutkan tentang kebebasan beragama, tetapi masih saja negara mengurusi agama dan turut campur karena ada kepentingan sensitif sebagian kecil dari umat mayoritas (Islam) yang tidak percaya diri. Selain itu juga karena uang (terutama untuk mengurus ibadah haji).

      Jadi, walaupun sebagian dari kita tidak cocok dengan cara ibadah YHS atau tidak setuju dengan motivasi Pdt Yusak, biarkan saja, karena kebebasan beribadah itu hak azasi dan hak mutlak. Jangan berpikir seperti FPI atau Islamis dari Arab yang tidak percaya diri akan imannya sendiri, lalu menganiaya dan menghujat sekte atau agama lain.

      Delete
    2. Amerika kok dijadikan panutan. Amerika adalah negara yang memperbolehkan nikah sesama jenis, seks bebas, melegalkan industri senjata, pornografi dan judi. Bukan berarti saya benci Amerika, tapi kita harus ikut pokok anggur yang benar yaitu Yesus Kristus. Bahkan gembala dengan ribuan jemaat pun TIDAK BISA dijadikan pokok atau panutan karena mereka tetap manusia biasa yang sudah berdosa dan masih terikat daging. Untuk itu kita perlu saling belajar dan menasehati. Pendeta/gembala yang baik pun pasti mau membuka telinga dan hati untuk tujuan positif.

      Mendirikan berbagai macam aliran itu memang diperbolehkan, tapi ingat aliran sesat juga banyak. Kalau teman atau saudara anda masuk aliran sesat apakah kita tidak boleh menasehati, mengkritik atau mempertanyakan.

      Sekarang alasan YHS mendirikan aliran baru itu apa? Apa betul karena pertengkaran keluarga atau ada tujuan yang benar-benar mulia. Sekarang kita lihat juga sosok pendeta YHS apakah tingkah lakunya semakin menyerupai Yesus, atau sebaliknya malah seperti manusia biasa yang gila harta dan kekuasaan? Jika benar mengikuti jalan Yesus, mau bikin sejuta gereja YHS pun tidak masalah.

      Delete
    3. Anonymous, Amerika dijadikan panutan dalam hal kebebasan beragama dan berpendapat. Ini (etika bernegara dan bermasyarakat) yang tidak dipahami oleh orang Indonesia yang sok alim beragama.

      Anda menganggap aliran sesat banyak, itu penilaian anda. Boleh2 saja menasehati, mengkritik, atau mempertanyakan, karena itu termasuk kebebasan berpendapat (free speech). Di Amerika itu jadi satu pasal dengan kebebasan beragama, yang termaktubkan di dalam First Amendment (Amandemen Pertama) dari Konstitusi.

      Coba pikir, menurut agama Yahudi dan agama Islam, Kristen (yang di awal gereja merupakan sempalan sekte Yahudi -- ingat, Yesus sampai 2 hari menjelang matinya pun masih merayakan Hari Paskah / Roti Tidak Beragi sebagai seorang Yahudi) itu sesat karena mempertuhankan Yesus, dan mempercayai doktrin Trinitas, yang bertentangan dengan sifat Tuhan yang tauhid. Bisa terima kah anda jika dikritik atau dinasehati oleh FPI, ulama Islam, atau rabbi Yahudi bahwa gereja anda itu sesat?

      Terlepas apa motivasi Pdt Yusak, adalah hak dia untuk mendirikan gereja baru. Anda boleh mencela, tapi itu hanya menunjukkan kesempitan pikiranmu saja.

      Delete
    4. @bijak lestari, saya sama sekali tidak pernah berkata YHS itu sesat atau mencela YHS. Saya cuma bertanya alasan membuka sinode/aliran baru itu apa? Coba anda bayangkan sekarang ada jemaat yang bertahun-tahun ke gereja Bethany di jalan X. Mendadak gereja berubah nama jadi YHS (kejadian nyata). Sudah pasti ada pertanyaan apa alasan ganti nama, apakah ajarannya sama dll.

      Menurut saya agama jangan dicampur dengan politik atau ilmu lainnya. Kristen harus berpedoman pada Alkitab saja. Alkitab toh sudah mengajarkan kita mematuhi hukum, negara dan pimpinan. Tidak perlu mengacu ke undang-undang atau amandemen negara lain. Karena tiap negara pasti berbeda dan menimbulkan keraguan.

      Pada kenyataan, kebebasan berpendapat dan beragama di Amerika cuma teori saja. Buka mesjid di Amerika sama susahnya kalau buka gereja di Indonesia. Ngomong sembarangan malah lebih bebas di Indonesia, di Amerika salah omong/tulis sudah dituntut.

      Introspeksi juga apakah gereja yang kita kunjungi sudah membuat kita bertobat, mendalami alkitab dan membuat kita semakin dekat dengan Yesus? Kalau mau cari kesuksesan (kaya, sehat, kenikmatan dunia), tidak usah ke gereja juga bisa.

      Delete
    5. Anonymous, saya setuju dengan beberapa point anda:
      - Jemaat Bethany dirugikan dengan adanya pertikaian di kepemimpinan. Saya simpati dengan mereka. Maaf jika saya menganggap dan ternyata anda tidak bermaksud mencela.
      - Mencampurkan agama dengan politik itu berbahaya! Saya hanya memberikan pendapat bahwa warga negara berhak mendirikan jemaat atau tempat ibadah baru, tanpa dihalangi oleh negara atau orang lain.
      - Tujuan ke gereja itu spiritual, bukan sukses duniawi.

      Yang tidak setuju:
      - "Berpedoman kepada Alkitab saja", karena sejak Luther menyatakan Sola Scriptura, nyatanya Gereja Protestan yang berpedoman kepada Alkitab saja itu sudah bercabang-cabang menjadi ratusan aliran. "Berpedoman kepada alkitab saja" juga sering dijadikan alasan untuk menyalahkan gereja lain yang interpretasinya tidak plek sama untuk menjadi anti-intelek dan anti ilmu pengetahuan.
      - Saya kira anda salah mengerti tentang kebebasan berpendapat dan beragama di USA. Membangun mesjid sangat mudah, jauh lebih mudah dibandingkan membangun gereja di Indonesia jaman FPI sekarang ini. (Tentang Islamic Center yang mau dibangun di dekat Ground Zero di Manhattan itu ceritanya panjang dan bukan tempatnya didebat di sini).
      - Di USA kita bisa kena tuntut itu (perdata) jika kita mencemarkan nama baik orang lain (libel). Pidana (hate crime) itu hanya jika ada kekerasan terhadap orang atau perusakan harta benda, seperti yang dilakukan oleh FPI terhadap berbagai umat Ahmadiyah dan gereja Kristen/Katolik itu kalau di USA sudah termasuk tindak pidana federal dan langsung ditangani FBI. Jika sekedar mencela YHS atau bahkan menghina Yesus atau mencela Muhammad aja tidak bakal kena apa2.

      Terima kasih atas diskusinya. Mohon pamit krn kalau diteruskan akan tidak tepat dengan topik awal.

      Delete
    6. Opini Bijak Bestari ini sangat menarik sehingga perlu artikel panjang untuk membahasnya. Tidak cukup hanya komentar pendek. Indonesia memang negara yang khas, BELUM BISA menerima kebebasan ala amandemen satu USA. Masyarakat luas pun tidak bisa menerima ajaran yang dianggap menyempal dari agama mainstream.

      Karena itu, orang Islam di Madura bisa hidup rukun dengan jemaat kelenteng selama ratusan tahun, umat kristiani juga punya gereja dan cukup maju, tapi sulit menerima AHMADIYAH. Mengapa? Ajaran Ahmadiyah ini dinilai menyempal alias menyimpang dari mainstrem Islam baik itu NU atau Muhammadiyah. Sama saja dengan orang Kristen/Katolik di Indonesia yang sulit menerima Saksi Yehuwa, Mormon, Scientologi, dan sebagainya.

      Pemerintah Indonesia melalui MUI ikut melakukan kontrol ajaran atau akidah ormas-ormas atau aliran Islam yang berkembang di Indonesia. Maka, menteri agama dari dulu bisa dengan bebas dan terbuka mengatakan Ahmadiyah sesat, Syiah sesat, dan sebagainya.

      Dulu, di zaman Orde Baru, pemerintah juga mendengarkan fatwa PGI (Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia) tentang sekte-sekte atau denominasi yang berkembang di Indonesia. Setelah reformasi, pemerintah MEMBIARKAN saja denominasi Kristen Protestan, Pentakosta, Karismatik, dsb tumbuh bagaikan PASAR BEBAS. Tak ada lagi fatwa sesat dari PGI yg kemudian diteruskan pemerintah. Ini membuat gereja tumbuh di mana2.

      Yang jadi masalah adalah rumah ibadahnya. Gereja2 karismatik yg tumbuh luar biasa itu akhirnya bikin kebaktian di hotel, ruko, garasi, restoran, rumah tinggal dsb. Inilah yang membuat masyarakat Islam merasa terancam karena seakan-akan gereja-gereja baru nan lincah nan hiruk-pikuk itu punya agenda terselubung untuk melakukan apostasi atau permurtadan.

      Di Katolik tidak terjadi fenomena ini karena ada kontrol dogmatika dari magisterium yg diwakili uskup setempat. Kapan2 kita smabung lagi karena masalah ini cukup panjang tapi sangat aktual.

      Matur nuwun atas komentar pembaca yg sangat banyak, tajam, dan kritis.

      Delete
  55. firman TUHAN => "taat terhadap pimpinan"
    Pdt Alex adalah gembala senior(pimpinan) di Bethany.
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatiku tetap buat yesus maka sebagi umat Tuhan berfikirlah yang cerdas pilih ah Gereja yang sehat tidak manipulasi Dana Gereja, hidup hura hura pakai Dana jemaat maka jangan dukung gembala yang sesat, Amiens

      Delete
  56. kita perlu dukung YHS dan ps Yusak krn beliau bekerja keras untuk mengembangkan gereja Tuhan. semoga ps Yusak sekeluarga slalu diberkati!!!!

    ReplyDelete
  57. luar biasa diskusi tentang gereja2 yg fenomenal di indonesia, semoga bisa memberi pencerahan kpd kita semua, khususnya pendeta2 yg ingin membuka gereja waralaba baru. sebagai org kristen aliran lawas, saya dari dulu sangat prihatin dgn perpecahan di kalangan gereja khususnya gembala2nya.

    ReplyDelete
  58. Banyak yang tidak sadar bahwa semakin banyak aliran atau sinode baru malah memecah umat Kristen itu sendiri. Beralasan modernisasi mereka malah melenceng dari Alkitab. Contoh gereja yang memperbolehkan wanita mengajar pria, padahal sudah jelas-jelas tertulis di Alkitab itu tidak boleh. Semakin mendekati akhir jaman maka semakin banyak ajaran (gereja) palsu, maka kita harus bisa memilah mana benar dan salah.

    Gereja yang benar adalah yang mengajarkan pertobatan dan salib, bukan hura-hura dalam gereja seperti konser bertabur artis. Justru dengan menderita (karena dosa dan kebenaran), anda akan semakin dekat dengan Yesus.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Di mana tertulis wanita dilarang mengajar pria? Alkitab jangan diinterpretasi secara harafiah tapi dibaca sesuai dengan jamannya

      Delete
    2. Baca 1 Timotius 2:12-15, ini bukan harafiah tapi ajaran yang benar. Alkitab tidak pernah berubah, jaman yang berubah (semakin hancur). Seringkali orang menyimpang dari Alkitab dengan alasan perkembangan jaman, desakan ekonomi dan keduniawian. Kawin sesama jenis pun mulai diperbolehkan dengan alasan menjunjung hak asasi manusia (HAM). Hebat juga ya si HAM ini bisa lebih penting dari Tuhan Yesus.

      Delete
    3. Timotius bukan asli Paulus yang menulis. Kalau yang asli Paulus, lebih awal kira2 20 thn sepeninggal Yesus. Timotius itu kira2 50 thn sepeninggal Yesus dan mungkin besar Paulus asli sudah mati. Kalau Paulus yang asli menghargai wanita sejajar dengan pria sesuai ajaran Yesus: tak ada lagi budak atau majikan, Yahudi atau bukan, perempuan dan lelaki, semuanya sama, anggota tubuh dalam Sang Mesias.

      Delete
  59. Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. {Matius 7:1)
    Lalu...?
    Sebab dari buahnya pohon itu dikenal. (Matius 12:33)

    ReplyDelete
  60. aduh pusing dah klo masalah gini ,ya dimana lebih baik anak sendiri daripada mantu, ini masalah uang besar, hahahahahaha, jadi ya sang kakek memilih anaknya sendiri, daripada nanti harta dikuasai orang lain, klo udah urusan uang gak ada lagi ikatan keluarga, ya gitu deh, meskipun tingkatan iman tinggi tapi gak jaminan, udah cukup, mintaaaaaa lebihhhhhhh

    ReplyDelete
  61. apapun nama gereja itu..semua orang tahu gereja YHS adalah gereja yang dimiliki oleh pdt Yusak Hadi Siswantoro... yang merupakan gereja pecahan dari Gereja Bethany Surabaya...dan personal2 yang melayani kebanyakan para diaken, choir, Sl, pemain musik dari Bethany Manyar..Memang di akhir jaman ini selain bisnis Rumah sakit dan Sekolah, bisnis gereja dapat menghasilkan pemasukan yang lumayan.

    ReplyDelete
  62. bukannya bethany sekarang udah di frenchise'in ya
    wkwk
    smakin aneh saja greja modern jaman skrg
    emg alex sapuytra itu selain pendeta kerjanya apaan?
    kok bisa jadi kaya banget
    Pendeta duitnya emg bs jadi bnyk ya?
    sangar

    ReplyDelete
  63. yah...biarkan sajalah lebih baik kita mendoakan saja,biar Tuhan yg menghukum kl memang salah.
    tapi knp namanya harus "yakin Hidup sukses" bukannya kalo mengikut kristus itu banyak ......(isi sendiri)
    YHS dari namanya berbau komersil.
    perlu diluruskan juga ttg perpuluhan yg notabene konon menjadi sumber penghasilan.
    perpuluhan ngak selalu ke gereja kan ? kl menurut gw bisa kita sumbangkan kepada sesama kita yg ngak mampu atau yg makan aja susah,atau kepada panti2 asuhan.
    tapi kl memang ke gereja juga ngak salah
    yg penting memberikannya dengan kerelaan hati dan sukacita.
    lebih baik kita menonjolkan aspek "kasih" yg Yesus ajarkan kepada kita yg bisa kita aplikasikan kepada sesama kita.Bagaimana kita bisa mengasihi Tuhan kita kalo kita tidak bisa mengasihi sesama kita yg kita lihat.
    no offence

    ReplyDelete
  64. Bisa franchise yah bethani?mauuuu dooong

    ReplyDelete
  65. kan lebih bagus banyak gereja baru yang buka , bukan malah byk gereja yg tutup :) positif thinking aja :)

    ReplyDelete
  66. gereja yang menjanjikan kekayaan/materi adalah sesat, apalagi kehidupan para hamba Tuhannya yang glamour dari perpuluhan jemaatnya adalah mencuri uang Tuhan, semoga para pendeta gereja bethani diberikan anugerah untuk bertobat sebelum Allah menjatuhkan hukumannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJU......Saya harap mereka sadar sebelum ajal menjemput mereka para pendeta Bethany, YHS

      Delete
  67. gereja yang menjanjikan kekayaan dan kesuksesan materi adalah sesat, apalagi para pendetanya yang hidup penuh kemewahan dari hasil perpuluhan jemaat, semoga kita semua menyadari dan menghindari bentuk penipuan dalam kemasan rohani

    ReplyDelete
  68. Lebih baik membangun rohani kita, dari pada membicarakan hal yg sebenar nya bukan urusan kita. Setiap perbuatan manusia yg menilai itu, Tuhan .....
    bukan kita. Apalagi menulis komen 2 yg sdh ditulis di media Elektronik , sebenarnya tdk perlu dilakukan. Lebih baik di isi dng kesaksian / renungan yg membangun, pokoknya hal2 yg berhubungan dng FT. saya rasa itu lebih baik. Gbu


    ReplyDelete
  69. Kalau anda ingin kaya dan diberkati, anda harus jadi jemaat YHS atau Bethany. Jangan jadi jemaat GKJW atau GKi atau Katolik... entar sampek mati anda tetap miskin. Anak Tuhan harus sukses dan kaya raya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai umat Katolik, saya KEBERATAN dengan opini si GEREJA SUKSES yang meremehkan Katolik, GKI, GKJW. Jangan lupa Bethany YHS dkk itu gereja2 baru (kemarin sore) yang muncul tahun 1980-an. Sementara yang anda kecam itu gereja2 lama yg sudah eksis di Indonesia sejak zaman Belanda. Anda tidak membaca sejarah gereja sih... GKJW, GKI, GPIB, GMIT, Katolik dan mainstream church lannya itulah yang merupakan gereja perdana di Indonesia. Dan, ingat, jemaat YHS Bethany dsb pun banyak yg dulunya dari gereja2 lama, termasuk Katolik. Semoga Anda lebih cerdas dan bijaksana dalam menilai gereja2 lain yang tidak sealiran dengan Anda.

      Delete
    2. Keterlaluan manusia dipenuhi Hawaii nafsu & daging yang dike jar hanya DUIT

      Delete
  70. diberkati TUHAN bkan hanya dlihat dri kekayaan semata tetapi lbh penting dari smuanya itu ialah berkat Pengorbanan Kristus di kayu salib. untuk mnjdi anak Tuhan kita tdk dwjibkan kaya ttpi kta diwajibkan memikul salib kita,... tdk ad Firman Tuhan yg mngatakan bhwa kita wajib kaya

    ReplyDelete
  71. makin besar bawa jiwa kepada TUHAN, makin besar gonjang ganjing dari si iblis, tinggal orang2 pilihan TUHAN tersebut kuat atau tidak, yang jelas waktu yang akan menjawabNYA,
    bagi saya tidak ada kata penghakiman, karna yang berhak hanya TUHAN saja yang berhak.
    yang penting TUHAN YESUS DAHSYAT.
    SETUJU SEMUA?
    iblis kampret lo gara2 lu bisa kayak genelah, pemimpin di terpa masalah yang besar gene, jemaatyah juga bingung, sapa yang benar dan salah malah menghakimi lagi.
    mari kita lebih hati2 atas strategi iblis ini.

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  73. Hidup YHS!!!!
    Hidup Bethany!!!!
    Hidup gereja sukses!!!
    Kita perlu belajar dari Yusak, Alex, dkk yang sukses dan kaya raya sebagai pendeta. Anak Allah harus kaya dan sukses!!!!
    Haleluya!!! Haleluya!!! Dahsyaaaaat!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kkkkkkkkkkaaaaaaayyyyyyaaaaaa yg peeeeentinnggg .... Peduli amat anjing2 gong gong asal hidup kaya

      Delete
  74. mending daripada gereja di sby yang namanya Gereja Satu Jam saja... Pak Alex itu selain pendeta dia masih punya usaha lain.. Dia seorang pengusaha apotek terbesar di indonesia, lalu dia juga punya megaproyek dengan samsung dan juga beberapa perusahaan international... So hati-hati bicara kalau tidak tahu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apotek Mojokerto tsb sudah lama tutup dan sebaiknya dia Bekerja tapi jangan ambil/pakai Dana Gereja, tapi bekerjalah dengan dananya sendiri kemudian bila berhasil silahkan hidup foya-foya Dan jangan lupa tabur buat pertumbuhan Gereja, jangan sebaliknya Malah pakai Dana Gereja utk hidup mewah (bahkan rebut an), Gereja adalah rumah Tuhan jangan dijadikan Padang Bisnis

      Delete
    2. yg mana usahanya ??
      apa nama PT nya??
      samsung mana??
      mega proyek apa ? menara doa ? dari mana uangnya? untuk siapa nanti hasilnya ??

      FUCK ALEX, bikin malu kristen tau...
      pendeta palsu di akhir jaman

      Delete
    3. kakakakak Pendeta palsu di akhir jaman - Good quote

      Delete
  75. Ini lagi anak pendeta bermasalah mau cari duet pakai Nama Gereja apa nggak Ada cara lain, Kalau mau pelayanan / gembala jemaat beri teladan dong, lihat ah banyak jemaat termakan cuap-cuap kalian tapi tetap saja susah sementar kalian serap Dan nikmati duitnya.
    Jangan lagi Tanya seberapa dalam berkat / keyakinannya itu semua hanya Tuhan yang tahu, sadarlah wahai manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, lihatlah seberapa dalam keyakinannya bisa kita cek apa yang telah keluarga Alex, Aswin, Hana, yusak lakukan saat situasi keamanan di Indonesia th 1998 s/d th 1999, mereka sibuk mondar-mandir ke Aussie hingga beli rumah untuk menyelamatkan dirinya, inikah yang disebut pelayanan ( gembala lagi ), luar biasa, terlalu!!!!!!

      Delete
  76. saya dulunya juga maen di YHS pontianak waktu masih gabung di pontianak, mudah2an dengan berdirinya sinodenya sendiri menjadi gereja yang sungguh2 melayani untuk membawa jiwa2 yang terhilang kepada kristus dan perilaku ASAL BAPAK SENANG gak ada lagi

    ReplyDelete
  77. Yach.... tergantung kita meresponinya. jika kaca mata positif yang memandang maka hasilnya akan positif dan sebaliknya. persepuluhan memang ada didalam alkitab... diluar itu bukan urusan kita, itu sisanya urusan mereka dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  78. yaaa lagi santer santernya kasus pentolan GBI,tapi ada baiknya,kalaupun diberkati melimpah saya percaya bahwa Tuhan ga nyuruh anak/hambaNya ngumpulin mobil mewah seharga 25M sebuah,ada 2 buah lagi,belum mobil mewah lainnya,motor mega mewah juga,puluhan buah,(menurut laporan )org hukum yg melaporkan .dari pada nimbun mobil,motor mewah lebih bagus nimbun buah ROH,KESEDERHANAAN,KEBIJAKAN,dan tanya2 Tuhan,supaya lebih berkenan pada Tuhan,karena biarpun jemaatnya sejuta jiwa,13 karunia rohani dan karunia pelayanan bejubel,tanpa berkenan pada Tuhan ya tong kosong aja,ga sampai sorga,yang penting bagaimana kita berkenan pada Tuhan setiap waktu.itu yg membawa pribadi kita pada kesuksesan sebenarnya,ya nggak siiiccchhh....salam dari palangkaraya,HALELUYA

    ReplyDelete
  79. Istilah yang penting bayar perpuluhan di luar itu bukan urusan kita. Itu adalah kalimat sakti yg diajarkan para pendeta supaya jemaat tdk mengkritisi atau meminta pertanggungjawaban atas penggunaan uang gereja. Hasilnya pendeta-pendeta terkena kasus penyalahgunaan uang gereja, krn tdk ada kewajiban mempertanggungjawabkan kepada jemaat. Selain Pdt. Alex ini, Ps. Kong Hee juga terkena kasus yg sama pertengahan tahun yl. Ini mungkin cuman puncak "gunung es" nya, krn mereka pdt populer jd terekspos media, dalam skala kecil yg tdk terungkap dan tdk terdeteksi bisa jadi jauh lbh banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak penyesat akan muncul diakhir jaman dan munculnyapun dari orang kristen... bahkan pendeta......

      Delete
    2. sorry..., salah nulis... maksudnya ...."
      tetaplah cinta Tuhan dan ujilah setiap nubuatan dan kenlailah peristiwa akhir jaman yg udah Tuhan sampaikan leat para nabi dan para rasul.... halleluyah... God Bless You All....
      look to God..., doakan biar masalah ini cepat terselesaikan.....
      God Bless We All.....

      Delete
  80. Dari buahnya kamu akan tahu siapa yang sesat dan menyesatkan. saatnya Tuhan

    Selidiki dan lakukan Firman Tuhan

    ReplyDelete
  81. KehendakNYA yang hanya akan terjadi!

    ReplyDelete
  82. Sekali lagi; KehendakNYA yang hanya akan terjadi, amin!!!

    ReplyDelete
  83. Banyak yang comment pusing bacanya aye.

    ReplyDelete
  84. YHS : Yusak, Hana & Son (anak laki2xnya: Billy).
    Mantap sekaleee....

    ReplyDelete
  85. Sebetulnya sy binggung dg semuaa pendpt sdr/i, (maksud sy : mana yg benerr nie) apa pdt nya atau jemaat nya,
    Klo mnrt sy, ibadah bs dimana aja, yg penting adl firman Allah, bukan pdt nya.. Jadi sdr/i ku yg terkasih dlm Tuhan Yesus Kristus, biarlah semuaa manusia memuji namaNya dan memuliakan NamaNya saja, jgn pandang dunia..dunia memang mengiurkan dan sangat membuat kita semuaa lupa akann Yesus...mari kita semuaa melupakan masalah dunia/uang/harta...krn dunia/uang/harta adl jalan menuju keegoisan diri kita..semuaa yg bpendpt dsini sangat baik..tp alangkah baiknya jika kita tidak usah menghakimi org lain...
    Dunia/uang/harta, memang menjadi alat utk membuat kita iri, dengki, bahkan lupa ǟƘǟπ Tuhan...tp biarlah kita yg bpendpt disini untuk tidak melupakan Tuhan...Amen saudara/saudariku

    ReplyDelete
  86. Biarlah semua gereja itu berjalan untuk memuliakan Kristus. Terlepas apa motivasi yang ada dibalik pelayanan, itu urusan pendeta atau hamba Tuhan dengan Tuhan. Harapan saya bahwa dalam mengajarkan kekristenan itu secara utuh, yaitu mengenal Dia, kuasa kebangkitanNya, persekutuan dengan penderitaanNya, dan serupa dengan kematianNya. JBU All

    ReplyDelete
  87. Salam doa untuk sinode baru maupun lama semua untuk kemuliann Tuhan yang penting ingat pelayanan Rohani dan sosialnya juga puji Tuhan

    Salam

    Yohanes S

    ReplyDelete
  88. Kenapa bukan "Yakin Hidup Selamat"?

    ReplyDelete
  89. saya cuma prihatin aja apa iya kita bisa nyembah Tuhan kl lagi punya komplik !

    ReplyDelete
  90. Keep Positive thinking.. tidak usah menjelekkan orang lain, menggosipi orng lain, sampai mengata2i orang lain.. yang rugi adalah diri kalian sendiri karena berbuat dosa (sadar atau tidak sadar).. bijaklah dalam melakukan segala sesuatu... Tuhan Yesus mengasihi dan memberkati kalian semua saudaraku.. amin..^^

    ReplyDelete
  91. Maju TERUS DALAM MELAYANI TUHAN.
    SAYA UCAPKAN SELAMAT KEPADA PDT YUSAK HADI SISWANTORO.
    GOD IS GOOD ALL THE TIME. JBU AND TEAM

    ReplyDelete
  92. Yakin Hidup Sukses ??


    Coba tengok saudara-saudara kita yang diluar daerah, pelosok yang secara materi tidak mampu tapi masih ingin mencari Tuhan bukan kesuksesan.

    "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. "

    jangan Fulus mulu....

    ReplyDelete
  93. Berdoalah, minta Roh kudus untuk menuntun kita melihat kehendakNya, mana yang benar dan yang salah.. Tuhan Tidak akan pernah membiarkan kita tersesat sendirian ketika kita berharap dan mengandalkan Tuhan Yesus. pakai Hikmat yang dari pada Tuhan untuk lebih tahu tentang ajaran yang kita kenal selama ini. Uji semua Nya itu, apakah itu memuliakan Tuhan dan berdasarkan Firman Tuhan atau tidak?? dan minta Pertolongan dari Roh Kudus agar kita tidak salah mengerti dan menafsirkan Firman Tuhan sehingga bukan semaunya kita, tapi menurut kebenaranNya. Yesus memberkati...

    ReplyDelete
  94. Mendapat berita lagi soal konflik GBI Sby antara Pdt. Aswin dan Pdt. Alex. Bingung saja kenapa banyak jemaat yang terhipnotis dan tetap mempercayai dan beribadah di gereja yang jelas-jelas kehidupan para pendetanya saja tidak mencerminkan murid-murid Kristus.
    Yakin Hidup Sukses? Apa Pdt Yusak itu lupa bagaimana Yesus hidup? Bagaimana dengan para Rasul dan juga Rasul Paulus yang secara manusia tidak sukses hidupnya? Rasul-rasul dibunuh menjadi martir, hidup dalam kemiskinan. Apakah menjadi org Kristen itu identik dengan harta dan kesuksesan?

    Apakah jemaat ini lupa atau tidak pernah membaca Alkitab, kalau Yesus sendiri stlh mengadakan mujizat memberi makan orang banyak, kemudian mengasingkan diri karen Ia tidak mau orang mencari Dia hanya karena menginginkan berkat jasmani. Tetapi kenapa sekarang Pdt hanya memberitakan soal berkat-berkat saja tanpa mengajarkan kebenaran yang sesungguhnya.

    Hanya bisa berharap semoga jemaat-jemaat ini bisa terbuka matanya untuk melihat ajaran yang sejati dan yang hanya mencari keuntungan pribadi.

    ReplyDelete