31 August 2012

Saksi Yehuwa bikin resah muslimah


Beberapa kali saya melihat aksi umat Saksi Yehuwa mencari pengikut baru. Berduaan masuk kampung, nekat, mengajak tuan rumah bicara tentang agama. Bagaikan sales yang menawarkan ketjap nomer satoe ke rumah-rumah.

Kecap-kecap lain dianggap buruk dan palsu. Ketjap nomer satoe adalah tjap Saksi Yehuwa yang dibikin di pabrik Menara Pengawal di Amerika Serikat sana. Tekun sekali umat Saksi Yehuwa menawarkan kecapnya meski tuan rumah alias masyarakat sudah punya kecap sendiri-sendiri.

Pekan lalu, saya memergoki dua penjual kecap Saksi Yehuwa sedang melakukan proselitasi di Pucangsewu, Kota Surabaya. Kaget karena yang ditarget ini seorang ibu muslimah, berjilbab. Dia aktif di pengajian wanita terkenal di Surabaya.

Wah, bisa gawat nih! 

Karena ibu ini pasti merasa dua orang itu Nasrani atau Kristen yang berusaha memurtadkan dirinya. Dan, benar, sang ibu itu memang menganggap Saksi Yehuwa itu sama dengan gereja-gereja umum di Indonesia macam Katolik, Protestan, Pentakosta, Karismatik, Baptis, Advent,  dsb.

"Kalian itu mau apa? Kok ke sini menawarkan agama kalian? Saya kan Islam! Masa kalian tidak tahu!" ujar ibu berjilbab itu emosional.

Sangat bisa dimengerti, Bu! Jangankan ibu yang muslimah, selama ini pun orang-orang Kristen harus bersitegang dengan mereka yang sangat agresif melakukan proselitasi.

Melihat suasana yang jelek, saya pun terpaksa intervensi. Saya hadapi dua Saksi Yehuwa itu. Dengan halus saya mengusir keduanya pergi karena berbagai alasan. Kalau bisa, jangan datang lagi!

Bisa jadi panjang masalahnya kalau tokoh-tokoh Islam punya image bahwa orang Nasrani itu agresif memurtadkan umat Islam dari rumah ke rumah seperti dilakukan Saksi Yehuwa. Padahal, Saksi Yehuwa ini sudah lama dianggap bukan Kristen mainstream alias arus utama. Sebaliknya, Saksi Yehuwa juga menganggap gereja-gereja lain itu sesat dan ngawur.

Indonesia ini negara yang sangat sensitif soal SARA, khususnya agama. Proselitasi ala Saksi Yehuwa bisa membuat situasi semakin runyam. Dan, ujung-ujungnya, orang Kristen mainstream yang tidak tahu apa-apa, dimusuhi oleh mayoritas anak bangsa.

32 comments:

  1. Terlepas dari Ketjap yang ingin dijual oleh para
    saksi Jehova, saya selalu mengagumi sepak terjang para Verkoper tersebut, baik Verkoper dari saksi Jehova ataupun Mormon. Mereka tidak malu diusir dan dicaci oleh orang lain. Coba Bung Hurek bayangkan, apakah ada anak2 muda penganut Katholik yang mau menjadi Verkoper, demi kejayaan dan keagungan agama yang dianutnya ? Paling2 jawabannya : emoh pastor, isin aku !
    Odol, Pepsodent, Kodak, Yardley, Buick dan banyak merek2 dagang terkenal zaman doeloe, sekarang kalah saingan atau bangkrut, karena mereka merasa diri sudah terlalu unggul, dan tidak perlu memiliki Verkoper yang ulet.
    Jumlah penganut gereja2 Halleluya kian hari kian bertambah dengan pesatnya didunia. Dari manakah pengrekrutan penganut2 barunya ? Apakah bukan dari penganut2 Katholik ? Soal SARA di Indonesia, ini berkaitan dengan sifat dan budaya orang2 Indonesia, yang tidak mengenal budaya berdialog, budaya berdiskusi. Bisanya cuma manut atau ngamuk. Sifat sopan-santun kita hanya kamuflase untuk menghindari diskusi dan dialog yang bersifat fairness. Lacurnya sifat buruk ini juga melekat pada diri saya sendiri.
    Sering saya merasa malu pada diri sendiri, sebab ada sifat munafik dan dengki pada diri saya, dan orang2 Indonesia pada umumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan anda bahwa orang indonesia itu lebih bersifat menyelesaikan persoalan dengan fisik daripada berdiskusi untuk mencari penyelesaian... dan hal yg anda katakan bahwa ada sifat2 munafik dan dengki pada diri anda, saya juga akui ada dalam diri saya... Tapi Puji Tuhan, saya punya Yesus Kristus yg setia mengajarkan saya banyak hal untuk menjadi manusia baru yang diubahkan hari demu hari...

      Delete
    2. Haloowwww.. Kalao sudah soal agama tolong saling menghargai saja. Saya juga barusan tadi siang ada laki laki 2orang datang kekantor. Awalnya saya kira nasabah lalu tiba tiba menjelaskan ba bi bu saya tidak mengerti kemudian meninggalkan 2buah majalah. Ketika saya baca isinya saya kaget. Dan maaf saya muslim lalu saya bakar karena menurut agama saya dan diri saya sendiri berpegang pada Al Quran agama paling sempurna adalah Islam. Semua yang terjadi didunia ini sudah di atur di dalam Al Quran. Alhamdulillah.. Proud to be a moslem..

      Delete
  2. pemerintah sudah tahu cara kerja saksi yehuwa yg agresif tapi membiarkan saja. masakan dari gereja2 tidak didengar. kalau kebetulan tuan rumahnya orang islam atau hindu yg fanatik bisa fatal akibatnya.

    ReplyDelete
  3. jamannya menag almsjah ada peraturan pemerintah tentang larangan menyebarka agama kpd orang yg sudh beragama. aturan ini bisa dipake utk menjerat saksi jehovah dan mormon.

    ReplyDelete
  4. Itu SK Menteri Agama Nomor 70 tahun 1978, yang mengatur tentang Pedoman Penyiaran Agama.

    Menetapkan bahwa penyiaran agama tidak dibenarkan untuk:

    (1) ditujukan terhadap orang-orang yang telah memeluk agama lain,

    (2) dilakukan dengan menggunakan bujukan/pemberian materiil, uang, pakaian, makanan/minuman, obat-obatan dan lain-lain agar supaya orang tertarik memeluk sesuatu agama,

    (3) dilakukan dengan cara-cara penyebaran pamflet, buletin, majalah, buku-buku dsb di daerah-daerah atau di rumah-rumah kediaman umat/orang yang beragama lain,

    (4) dilakukan dengan cara-cara masuk keluar dari rumah ke rumah orang yang telah memeluk agama lain dengan dalih apa pun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SK nya dah gak berlaku bro kurang update ente SK nya dah di cabut di era president gusdur

      Delete
  5. Jelas sekali peraturan itu digunakan untuk melawan aktivitas rekrutmen oleh misionaris agresif dari agama2 aliran sempalan Kristen terhadap umat Islam. Kalau dilihat dari kacamata orang yang tinggal di negara yang sudah maju dan bukan mayoritas Islam, gerakan merekrut orang dari agama lain itu biasa2 saja. Orang Mormon di USA pun suka keliling dan mengetok pintu orang2 yang sudah beragama Kristen yang lain.

    Tetapi di Indonesia, Malaysia dan negara2 mayoritas Muslim lain ada sensitivitas tersendiri di umat Islam yang menekankan kuantitas daripada kualitas. Bila ada yang pindah ke agama lain, terutama ke salah satu denominasi Kristen, geger lah semua. Lantas pada teriak2 ke pemerintah dan dengan kekerasan menyegel gereja2 mainstream seperti HKBP, Katolik, dll. Padahal, sudah berapa puluh tahun isu Kristenisasi berjalan? Umat Islam tetap mayoritas. Mesjid di-mana2. Perempuan2 muslim sekarang bertutup kepala, dibandingkan 30 tahun lalu di-mana bahkan perempuan Madura yang Islam fanatik pun lebih banyak yang berkebaya dengan sewek semok dan kelihatan belahan dada.

    Semua itu terpulang kepada ketakutan yang berlebihan dari umat Islam di Indonesia. Kalau memang ibadah kita bagus, baik secara pemahaman, ritual, maupun sedekah dan perbuatan baik, tidak ada yang perlu ditakutkan.

    ReplyDelete
  6. santai aja hadapi saksi jehovah. ajak mrk bertobat kembali ke gereja semula or sekalian jadi mualaf. mrk biasanya sopan n halus kok.

    ReplyDelete
  7. Salam damai....

    Marilah kita berlomba-lomba untuk memberitakan Kebenaran tentang kehendak TUHAN Semesta Alam (yang menciptakan kita dan seluruh alam semesta)dengan cara meminta kekuatan dan hikmat kebijaksanaan dari-Nya, supaya kiranya "Jadilah kehendak TUHAN Semesta Alam di bumi seperti di sorga".

    ReplyDelete
  8. sebaiknya saksi yehuwa mengunjungi rumah2 anggota FPI, dijamin seru. hehehe

    ReplyDelete
  9. Saksi yehuwa buat onat di tempat saya mengajar, baru saja terjadi kasus pencemaran nama baik rekan mengajar saya oleh kelompok ini di Depok. Bahkan saya juga difitnah. Bahaya sekali mereka, suka menmgadu domba. Teman saya seorang muslimah yg gagal di rekrut mereka berusaha dihancurkan. Untung pim pinan saya bersikap bijak.

    ReplyDelete
  10. tidak usah khawatir menghadapi umat jehovah asal sabar aja. tolak aja secara halus.

    ReplyDelete
  11. Jualan kecap Jehovah...
    coba ke rumah orang2 FPI dijamin seru dan perang!!!!

    ReplyDelete
  12. hehhe
    bner bgt tuh..
    mrka suka maksa pdhl udh jelas2 d tolak..

    ReplyDelete
  13. Saya saksi Yehuwa..nama sy jafeth..

    Dr percakapan ∂ï atas,kita smua bs menilai,bahwa kekerasan sudah menjadi icon ∂ï luar sana,.dan artikel ini pun sllu blg bhwa Saksi tu gak prnh menyerah skalipun ∂ï tolak (baik/kasar).,†̥ά̲ρȋ̝̊̅̄ mereka tdk akan prnh melawan.,seperti Ω̶̣̣̥̇̊ρ̥̥ saksi yehuwa itu?? Seperti Ÿª♌g kita baca ∂ï artikel ∂ï atas..

    Untuk hal baik,tdk Ãϑά alasan wat mereka untuk menyerah,skalipun hdp mrk taruhan Ώyå..

    ReplyDelete
  14. Say kuranng setuju karena saksi yehuwa tidak pernah bilang agama anda salah atu keliru.karena waktu saya didatangi saya ridak dibilang bahwa gereja anda.keliru.mLahan saya diajak berunding tentang masalah yang serin terjadi akhi akhir ini

    ReplyDelete
  15. Saya seorang saksi yehuwa sejak kecil,lebih baik anda semua buka aja situs resmi saksi-saksi yehuwa di www.jw.org/id anda akan lebih tahu dan jelas siapa saksi yehuwa dan badan hukumnya.

    ReplyDelete
  16. Silahkan buka Situs resmi www.jw.org Anda akan mengerti siapa sebenarnya dan bagaimana Saksi Yehuwa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay saksi yehovah sangg penganut pikiran sesat di zaman yang bengkok ini, sebaiknya u bertobat sebelum u sengsara di neraka.

      Delete
  17. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

    1. Katakanlah (Muhammad), "Wahai orang-orang kafir!

    2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,

    3. dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah,

    4. dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,

    5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.

    6. Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku."

    Al-Kafirun, Makkiyah, Surah ke 109; 6 ayat

    ReplyDelete
  18. bahaya sekali kecap saksi yehuwa ini. gak usah jualan ke orang lain yg udah punya agama.

    ReplyDelete
  19. Saya rasa saksi jehova tdk usah d kasari krn mereka jg tdk memaksa kita utk menjadi bag dr mereka.walaupun mereka ttp berusaha

    ReplyDelete
  20. setujuu!!!! sebaiknya saksi jehovah berhadapan dgn FPI, pasti seru!!!!

    ReplyDelete
  21. Jehovah's Witnesses believe they have God's messages to themselves, that all other religions are wrong, that the end of the world will come and only those in 'The Truth' will survive. They have predicted the end of the world five times. They also believe Satan has ruled the earth since 1914.

    ReplyDelete
  22. Ajaran yg benar itu di ibratkn sbuah pohon klo pohon itu baik tentu menghasilkn buah yg baik pula tpi sblikny klo pohon ny busuk buahny jg busuk dn yg busuk tentu akan di tebng untuk selamany krn gk berguna menurut pandangan ALLAH. Nah klo suatu umat yg suka akan kekerasan sling menyakiti satu sama lain bahkan sesamany itu ber arti golongan dri buah yg busuk aliase dri kegelapan bukan dri ALLAH yg terang yg memiliki sifat MAHA PENGASIH itulah sifat UTAMA ALLAH

    ReplyDelete
  23. Biarkan waktu yg membuktikan semuanya..
    Kalau kepalsuan pasti akan berakhir tapi kebenaran itu mutlak..
    Tidak ada gunanya mengatakan ini dan itu tentang Saksi Yehuwa..
    Sekali lagi biarkan waktu yg membuktikan..
    Harusnya masing2 introspeksi diri seberapa hebat yg sdh kita berikan utk pencipta kita.. Sanggupkah spt Saksi Yehuwa? Trims.

    ReplyDelete
  24. mas Lambertus Hurek, mohon maaf kl saya panggil dengan sebutan "mas" sepertinya sy jauh lebih tua kok. Kira2 satu jam yang lalu, bel rumah sy berbunyi dan si mbak asisten rumah tangga sy seperti biasa keluar, dan biasanya kalau sy ada di rumah spt hari ini, dia segera lapor ke sy ttg siapa yang datang? dan kepentingannya apa?. Namun tunggu punya tunggu, kok si mbak ga masuk2...akhirnya sy yang ikut keluar dan berhenti di belakang pintu. Di luar pagar nampak 2 orang laki2 berpakaian rapi membawa tas, mengeluarkan seperti brosur dan sdg berbicara serius pada si mbak. Karena penasaran saya iku keluar, dan bertanya ada apa? salah seorang menunjukkan kpd sy mungkin semacam buletin (?) tipis di tepi atas bertuliskan menara pengawal. dan ketika saya tanya mereka adalah Saksi Yehova, dan di beralamat di Kalijudan Madya. Sorang yang lebih muda (mungkin usia 23 an) tanpa menanyakan saya beragama apa, mengatakan bahwa ini bukan hendak melakukan kristenisasi hanya ingin mengabarkan kabar baik,begitu. Saya masih mengingat video yg tersebar di dunia maya ttg acara car free day di jkt yang katanya digunakan oleh suatu pihak untuk melakukan kristenisasi. Sungguh saya tidak ingin ada perpecahan pada bangsa Indonesia karena agama penduduknya yang berbeda. Lalu sypun td mengatakan kepada 2 orang laki2 itu:..."sebaiknya jangan melakukan ini ya pak....nanti bila ada orang yang tahu lalu tidak suka dengan kegiatan bapak...wah jadi besar urusannya..." itu yang sy katakan, lalu laki2 yang lebih tua (mungkin 45 tahunan) mengatakan ..."kami tidak memaksa bu...kalau ibu tak berkenan tak apa..." saya jawab:..."iya pak sebaiknya jangan..." lalu mereka berpamitan dan kami berdua (sy dan asisten Rt sy) masuk.

    lalu segera saya browsing dengan key words "saksi yehowa. menara pengawal, kalijudan, surabaya".....yah ketemulah bermacam macam artikel...hingga sampai pada blog ini. Dan benar, sy setuju dengan tulisan diatas. Sy adalah muslim, dan sy tadi berpikir ini upaya pihak gereja (entah gereja apapun..). Seandainya saya kemudian tidak browsing, tentulah akan ada kesalahpahaman antara saya yang muslim dengan gereja. Karena sy serta merta tidak tahu posisi saksi yehova ini di kalangan penganut agama kristen.

    demikian sedikit curhat sy, semoga berkenan untuk semua yg membaca. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur nuwun atas sharing pengalaman yg sangat menarik dan nyata. semoga menjadi pelajaran bagi semua pihak di Indonesia. senang membaca komentar sampean yg runut dan detail. salam damai.

      Delete
    2. Tindakan dan tanggapan ibu sangatlah bijak. Bisa merespon cepat dengan mencaritau siapa dan apa dan bagaimana metode mereka yg menamakan diri sebagai Saksi Jehovah. Semoga pihak2 lain dapat mengilhat dan mencontoh langkah2 yg sudah ibu lakukan. Saya salut buat bu...

      Delete
    3. Tindakan dan tanggapan ibu sangatlah bijak. Bisa merespon cepat dengan mencaritau siapa dan apa dan bagaimana metode mereka yg menamakan diri sebagai Saksi Jehovah. Semoga pihak2 lain dapat melihat dan mencontoh langkah2 yg sudah ibu lakukan. Saya salut buat bu...

      Delete
  25. suatu ajaran yang akan menyengsarakan pengikutnya diwaktu tua... saya ingat waktu saya kecil saya punya tante yg dulu waktu muda semangat menjadi pengabar saksi yehuwa.. kerja cuma jadi sales MLM dan disetiap kesempatan selalu menyuruh kami baca artikel SSY.. jujur sih muak klo sudah mengarah ke hal hal SSY tiap ketemuan sama itu tante.. sekarang itu tante sangat menyedihkan rumah ngontrak sudah ngga bisa jalan menginjil, buang air besar pun harus dibantu, suaminya pergi ninggalin dia dan anak2nya ngga ada yg jadi SSY, kalau ngga karena kita2 saudara sedarah mungkin dia sudah meninggal sendirian di rumah kontrakan di pelosok kampung.. rekan2 dia dari SSY awalnya suka ada yg datang dan seolah maksa untuk dia menginjil tapi kan dia udah ngga kuat lagi.. lama2 dia susah ke gereja SSY karena ngga ada duit ongkos naik bis dan sekarang dia di tinggalin begitu aja sama SSY yg lain... cuma kita saudara sedarah yg dulu dia hina2 sebagai pengikut agama susunan besar dan agama setan iblis dan ngga akan dibangkitkan yg suport dia uang dan moril untuk sekedar hidup.. kadang itu tante nangis sendirian ngga jelas.. entah ngerasa menyesal jadi SSY dan ketipu sudah buang hidupnya selama ini atau gimana.. ngga jelas... yang pasti pihak gereja SSY ngga ada tanggung jawab sama tante ku itu boro2 diajak kegiatan gereja di tengok aja ngga pernah apalagi nyebokin klo dia buang air.. kami2 juga yg bantu dia... kasian.. SSY itu omong kosong menurut yg saya liat sendiri..

    ReplyDelete