25 August 2012

Gereja Mormon di Jawa Timur


Sekte Mormon sebenarnya sudah lama ada di Indonesia tapi kurang digubris masyarakat. Orang-orang kristiani dari semua denominasi, entah Katolik, Protestan, Evangelis, Baptis, Karismatik, Pentakosta, dsb juga cenderung mengabaikannya karena dianggap bukan gereja. Mormon hanya dianggap sebagai aliran nonkristen dari Amerika Serikat (USA) yang hanya memakai kedok atau label Kristen.

Karena itu, dulu pada 1970an hingga 1980an Sekte Mormon ini dianggap aliran sesat yang perlu dilarang seperti Saksi Yehuwa. Tekanan gereja-gereja arus utama itu pernah berhasil tapi belakangan tidak bisa menahan tekanan balik Amerika Serikat atas nama human rights. Maka, Sekte Mormon pun mulai bebas mendirikan gereja di beberapa kota.

Ketika masih bersekolah di SMAN 1 Malang, tiap hari saya jalan kaki di depan GEREJA YESUS KRISTUS DARI ORANG-ORANG SUCI ZAMAN AKHIR di Jalan Sultan Agung. Sebab, gereja itu memang bertetangga dengan SMAN 3 dan SMAN 1 Malang.

"Gereja yang aneh," pikir saya. Maklum, saya jarang sekali melihat jemaat ramai-ramai kebaktian, latihan paduan suara, bikin acara anak muda, layaknya gereja-gereja lainnya.

Ketika saya bertanya kepada teman-teman saya yang Protestan, dan Pentakosta, yang kebetulan aktivis gereja dan keluarga pendeta, mereka tidak tahu aliran apa gereja ini. Belakangan baru saya tahu apa gerangan Gereja Mormon, sejarah, doktrin, cara penginjilan dengan naik sepeda pancal  berdua-dua, pakai kemeja putih plus dasi... setelah membaca beberapa buku tentang sejarah gereja.Khususnya buku bagus yang ditulis Pendeta Aritonang!

Yang justru jadi fokus perhatian gereja-gereja mainstream di Indonesia adalah gebrakan gereja-gereja aliran Haleluya yang luar biasa sejak 1980an. Maklum, gereja-gereja baru ini sangat berhasil "mencuri" begitu banyak domba dari kandang lain. Rebutan jemaat, gonta-ganti gereja, menjadi fenomena biasa. Gereja-gereja Haleluya ini tumbuh luar biasa di ruko, hotel, gedung ekspo, restoran, bahkan garasi. Apa pun bisa dijadikan tempat kebaktian.

Sebaliknya, Gereja Mormon meskipun suka melakukan penginjilan keliling dengan sepeda pancal ternyata tidak laku (atau belum laku). Tidak membuat jemaat gereja-gereja lama terpukau seperti gereja Haleluya alias Karismatik. Apalagi propagandis Mormon ini kebanyakan orang bule Amerika yang dianggap kurang berbahaya.

Karena itu, sampai sekarang umat Nasrani di Indonesia umumnya tidak melihat mormonisme sebagai ancaman serius. Biarkan saja, toh tidak punya jemaat.


Kalau di Malang sudah berdiri Gereja Mormon alias OSZA sejak 1980an, Surabaya malah tak ada gereja terbuka. Orang-orang nasrani, bahkan beberapa pendeta, yang saya tanya ternyata tidak tahu keberadaan Mormon di ibukota provinsi Jawa Timur ini.

Gereja Mormon baru berdiri tahun lalu (2011) di Jalan Upajiwa, Ngagel, samping AJBS. Saya yang hampir setiap hari lewat di situ terkejut karena tiba-tiba muncul bangunan yang persis sama dengan Gereja Mormon di Malang. Tak banyak orang Surabaya yang sadar bahwa bangunan itu gereja aliran Mormon dari USA.

Beberapa minggu kemudian papan nama dipasang. Tulisan dan font-nya sama dengan di Malang: GEREJA YESUS KRISTUS DARI ORANG-ORANG SUCI ZAMAN AKHIR. Hebat! Ketika gereja-gereja lain kesulitan mendapat izin mendirikan gereja baru, Gereja Mormon yang jemaatnya sangat-sangat sedikit malah bisa bikin gereja mentereng di lokasi yang sangat strategis.

Orang kemudian mengaitkan dengan lobi Amerika yang Mormonnya sangat kuat. Bahkan, calon presiden Amerika Serikat  Mitt Romney itu ternyata pentolan Gereja Mormon di Amerika Serikat. Ada juga yang mengaitkan dengan kunjungan Presiden Abdurrahman Wahid (almarhum) ke kota markas Mormon, Salt Like City, untuk berobat beberapa tahun silam.

Tapi secara umum umat kristiani di Indonesia tenang-tenang saja karena menganggap aliran Mormon itu bukan Kristen meskipun nama resmi gerejanya pakai nama Gereja Yesus Kristus. Mormon dianggap agama yang berbeda dengan agama Kristen atau Katolik yang sudah mapan di Indonesia.

"Ngapain ngurusin Mormon? Gereja-gereja itu mendingan ngurus jemaatnya masing-masing," kata seorang aktivis gereja di Surabaya.

Gereja Mormon juga sudah mencetak KITAB MORMON dalam bahasa Indonesia. Saya kebetulan menemukan buku 685 halaman itu di pasar buku bekas Jalan Semarang. Saya terkejut melihat buku bersampul hitam, mirip Alkitab terbitan Lembaga Alkitab Indonesia, tapi ternyata bukan kitab sucinya orang Nasrani. Buku suci Sekte Mormon ini antara lain terdiri dari kitab Nefi, Yakub, Enos, Yarom, Omni, Mormon, Mosia, Alma, Helaman, Eter, dan Moroni.

Paling tidak, saya sudah membaca sedikit ajaran Joseph Smith, yang dianggap sebagai nabinya pengikut Sekte Mormon di seluruh dunia. Tuan Smith ini mendaku mendapat wahyu dari malaikat, kemudian menuliskan ajaran-ajarannya Kitab Mormon tersebut.

Bagi orang yang sejak kecil sudah membaca Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, terus terang saja, Kitab Mormon ini terasa ruwet dan kurang menarik.  Belum lagi terjemahannya dalam bahasa Indonesia ini tidak bagus. Kalimatnya berbelit-belit. Makin dibaca malah kita makin bingung.

65 comments:

  1. di surabaya Gereja Moromon juga ada di pinggir akses tol Bundaran Satelit Putat Indah.

    ReplyDelete
  2. aq kira mormon adalah satu2nya agama di dunia yg paling mendorong umatnya untuk SEPEDA SEHAT... perlu ditiru tuh sepedanya... bukan ajarannya. hehehe...

    ReplyDelete
  3. Melihat foto 2 orang berpakaian rapi berdasi naik sepeda, saya jadi ingat di Semarang beberapa kali berpapasan dengan ciri-ciri mirip begitu. di tempat yang sama dan waktu yang sama. mungkin disekitar lokasi ada gereja mormon, coba saya amati lebih lanjut

    ReplyDelete
  4. ya di semarang gereja mormon di jl ahmad yani 130. di solo ada dua yakni di jl dr soepomo 58 dan jl kepatihan kulon 51. demikian data yg saya baca di brosur mormon indonesia. matur nuwun sudah merespon catatan saya.

    ReplyDelete
  5. Saya sendiri adalah anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir sudah 14 tahun sejak saya di babtiskan, jumlah keanggotaan gereja kami di Indonesia kurang lebih sudah mencapai 3000an umat. saya juga sudah pernah melayani menjadi seorang misionaris penuh waktu selama 2 tahun seperti foto di atas. saya beryukur atas keanggotaan saya di dalam gereja ini karena banyak berkat yang saya terima selama saya menjadi anggota. saya bersyukur keluarga saya selalu di bimbing dengan Injil dan Ajaran2 yang yang slalu memberkati kami juga. saya memiliki kesaksian yang kuat akan Injil dan Yesus Kristus sebagai Juruselamat umat manusia.
    adalah suatu kehormatan bagi saya untuk bisa membantu menjawab pertanyaan bagi anda yang msh memiliki pertanyaan.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertobatlah, kerajaan Allah sudah dekat. Percaya Yesus dengan benar maka anugerahNya akan anda trima:)

      Delete
    2. Wah, akhirnya saya bisa menemukan seseorang dari gerja OSZA. Saya punya banyak pertanyaan untuk anda.

      Saya yakin pembaktian anda adalah hal yang luar biasa. Kira-kita bagaimana kita bisa berdiskusi?

      Delete
    3. apa anda sudah percaya Yesus dengan benar sehingga anda bisa menghakimi OSZA dengan doktrin yang seumur jagung itu?

      Delete
    4. saya juga anggota gereja Yesus Kristus dari orang suci zaman akhir dan saya dari Malaysia.Anda harus memahami dan seharusnya mencoba sebelum mengatakan bahawa kami sesat. :) Tuhan Yesus memberkati

      Delete
    5. Saya belum tahu banyak tentang Kitab Mormon, namun saya sudah terima buku itu untuk saya pelajari. Saran saya ada 2, yakni : 1. Bagi Pemimpin dan Umat Moronism, mohon dipahami isi Alkitab dan makna keTuhanan Yesus dan bila belum, kami juga di pihak penentang anda; 2. Bagi warga non-Moronism jangan terlalu bernafsu dulu membaca atau mendengar ajaran Mormon apalagi saudara sudah dibaptis di dalam Nama Bapa, Putera dan Roh Kudus dan lebih fatal lagi apabila anda membaca itu sebelum berdoa kepada Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus supaya anda tidak jatuh ke dalam pencobaan. Amin.

      Delete
    6. Sejauh pengalaman saya mempelajari perkenbangan geraja gereja mulai tahun 1983 telah terjadi banyak perubahan terutama pada perspektif spiritual, seperti pada aliran kharismatik. Pada hemat saya secara ringkas Gereja adalah sebuah hirarki dan integritas kerohanian. Memandang secara nalar terbatas dan ketergolongan akan membuat pandangan tidak seimbang dan tidak memberi analisis berarti. Mengatakan salah, sesat, dan komentar bersifat non telaah dan kajian merupakan salah satu kendala kemajuan kekristenan secara umum.

      Delete
    7. Adhwiant Putera apakah km benar2 pengikut mormon..????perasaan dlmkitab mormon tdk mengajarkan Yesus Kristus sebagai Juruselamat deh.....so kamu paling seorang pembohong besar yg ngaku2 pengikut mormon....

      Delete
    8. bertobatlah jangan ikuti aliran sesat

      Delete
  6. mormon berbeda dengan gereja mainstream lainnya mereka lebih condong kearah unitarian seperti saksi Yehova dan tidak mengakui Yesus Kristus sebagai Allah dan hanya menganggap Yesus sebagai Nabi saja.

    ReplyDelete
  7. Gereja Mormon ini tidak bisa menerima doktrin Triniti, seperti juga Saksi Yehovah. boleh berpoligami. Para pemimpin Mormon mengajarkan bahwa inkarnasi Yesus adalah hasil hubungan fisik antara Allah Bapa dan Maria.
    mormon sesat, jelas kepercayaan anti Christ!

    ReplyDelete
  8. Rozak says : agama mormon punya pengetahuan sejarah yg salah. Tidak mungkin bangsa israel adalah bagian dari bangsa indian bangsa asli amerika. Dari kulit saja sudah beda. Bagaimana mungkin bangsa israel bisa menyebrangi samudra harusnya itu dicatat sejarah. Dalam kitab mormon hanya orang amerika asli yg jadi bangsa pilihan bukan termasuk bangsa pendatang eropa & afrika. Agama mormon pun tidak mengakui trinitas, harusnya buat agama baru titisan dari langit. Alangkah baiknya jika nama gerejanya menghapus kata Yesus Kristus, karena sudah lari dari ajaran Tuhan Yesus. Tuhan Yesus pun tidak merasa punya nabi asal agama mormon. Negara amerika serikat ini terlalu bebas sampai muncul agama mormon & gereja setan/GS. Segala cara dibuat iblis untuk menyesatkan manusia. Agama mormon bertentangan dengan ajaran Tuhan Yesus. Tuhan Yesus pun bukan anak pertama dari Allah. Inti dari ajaran agama mormon adalah penyesatan. Ketika ada juga muncul aliran karismatik yg muncul di mall & hotel, apakah benar kesembuhan yg ditawarkan dengan roh kudus. Cara ibadah dengan drum band, lampu kilat & menari berteriak meminta roh kudus. Bagaimana manusia mengartikan alkitab. Ini yg disebut aliran kristen instan. Dapat roh kudus dengan cara instan. Sembuh dengan instan. Akhirnya manusia semakin jauh dari Yesus. Iblis pintar menyesatkan manusia, akhirnya iblis muncul sebagai Tuhan baru yg lebih modern & sesuai dengan keinginan manusia. Sedangkan manusia tidak pernah berusaha untuk mengerti tentang keinginan Tuhan Yesus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, bukankah di dalam Alkitab (Keluaran) diceritakan Bani Israil menyeberang Laut Merah, hehehe? Dan menurut geografi dan antropologi, bangsa-bangsa Amerika asli itu menyeberang Selat Bering pd waktu jaman es, dari benua Eurasia ke benua Amerika, jadi ya mungkin saja, bro, hehehehe.

      Delete
  9. Keinginan Tuhan Yesus itu apa, Rozak? Agar umat Kristen menghujat pemeluk agama lain yang tidak menginterpretasi ajaran Yesus sesuai doktrin anda?

    Kenapa anda nggak menghujat agama Islam sekalian, karena umat muslim juga tidak mengakui Trinitas, walaupun mereka mengakui Yesus sebagai nabi, Isa Almasih, yang terjemahan langsung dari Yesus Kristus. Coba bilang kepada mereka baiknya mereka menghapus Isa Almasih dari Al Quran. Coba bilang kalau agama Islam datangnya dari iblis, penyesatan. Agama Islam memanggil orang beribadah sudah tidak dengan drum lagi, tapi dengan bedug dan pengeras suara. Ada juga tradisi para muslim mistik (sufi) yang menari berpusing-pusing karena mereka ingin dekat dengan Tuhan. Apa itu krn disesatkan iblis juga?

    Beraninya elu sama agama Mormon yang pengikutnya sedikit. Coba hujat itu agama Islam, berani enggak?

    Di negara Amerika itu orang2nya mengamalkan ajaran Yesus dengan baik. Orang miskin diberi tunjangan. Sekolah sampai lulus SMA tidak bayar. Bebas menginterpretasikan agama karena manusia itu punya otak. Tidak perlu diatur-atur oleh pemuka agama yang banyak yang munafik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan begitu bro, masalahnya pakai nama Yesus nih seakan-akan Tuhan Yesus lah yang mengajarkan hal ini. Kalau tetangga jelas2 pakai nama Tuhan yang beda, ditambah lagi agama yang diterima di Indonesia cuma ada 6, dan sayangngnya tidak termasuk mormon, kalau agama ini sudah di acc pemerintah saya pun mau tidak mau menghormati.

      Delete
    2. Kenapa mau menghormati keyakinan orang lain harus tergantung pemerintah? Emangnya kita sendiri tidak punya otak? Emangnya otak pejabat lebih pandai daripada otak kita? Inilah akibat pendidikan yang tidak mengajarkan rakyat untuk berpikir kritis.

      Delete
  10. inilah hasil demokrasi dan reformasi di indonesia.

    ReplyDelete
  11. Anonymous, demokrasi memberikan ruang gerak kepada minoritas yang berani berpikir beda. Jangan karena anda mayoritas, lalu menindas yang minoritas, seperti Islam fundamentalis menindas Ahmadiyah dan Syiah, atau dahulu Kristen fundamentalis menindas Mormon dan Saksi Yehuwah. Menolak secara pribadi dan menjauhi yang tidak kau setujui, boleh. Menindas dan melarang dengan intimidasi dan kekerasan, itu bukan demokrasi, tapi penjajahan hak asazi.

    ReplyDelete
  12. Sy mau tanya, tata cara ibadah gereja ini itu seperti apa ? Kok yg sy lihat dari luar gereja tempat persekutuannya menyerupai kamar-kamar ?

    ReplyDelete
  13. Sy mau tanya gimana tata cara ibadatnya ? Kok tempat persekutuannya itu menyerupai kamar2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak bernadine, memang benar kalo dilihat dari luar gereja mormon terlihat seperti banyak kamar, tetapi sebenernya itu kelas buat ngajar, kalo ruang buat kebaktian dan ibadah ada sendiri :)

      Delete
    2. Lalu tata cara ibadatnya bgaimana? Pertama Kali datang ke indo kapan??
      Saya ingin tau dengan detail. Terimakasihh

      Delete
    3. Bernadine Ika;
      Mudah sekali untuk mengetahui cara peribadatan umat Gereja Yesus Kristus Dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir ...
      Caranya; datanglah ke Gereja itu, pada jam ibadah, dan ikutilah ibadahnya .. Pasti anda akan mengetahui cara peribadatannya, pasti anda akan mengetahui kesesatan ajaran Yesus yang mereka anjarkan.
      Salam kasih.

      Delete
    4. Ka biasa orang mormon ibadah jam berapa yah kalau di Surabaya

      Delete
  14. yang percaya Tritunggal silahkan percaya dan tidak ya tidak... menurut saya, kita tidak punya hak untuk menghakimi sebuah doktrin dengan pemikiran pribadi.. lagipula kita semua tahu kalau TUHAN terus bekerja sepanjang hari... percaya saja apa yang kita yakini itu BAIK dan mengarahkan kita ke dekat sang ilahi..

    ReplyDelete
  15. yg penting adalah buahnya. banyak orang farisi, orang saduki, imam kepala, ahli taurat, justru terjegal untuk masuk kedalam kerajaan Allah, sedangkan pemungut cukai, orang samaria, perempuan sundal, pezinah, orang tidak bersunat, kafir, orang roma orang yunani justru adalah orang-orang yang pertama masuk dalam kerajaan itu.

    ReplyDelete
  16. Di jkt lumayan sering liat pendoktrin mormon berkeliaran. Biasanya mrk anak muda, dipasangkan 1 bule dan 1 lokal. Pake kemeja putih dan celana panjang hitam. Bulenya fasih bhs Indo. Sy pernah ketemu mrk dan diajak ngobrol, saya ladeni, saya tdk menghakimi mrk. Jadi sy yg tanya2 byk pertanyaan non teknis krn sy sdh tau ajaran mrk. Saya nanya ke org indo nya, "knp mau jd begini? Kamu gak kuliah?" Sptnya aliran mormon ini merekrut anak muda yg kurang mampu. Maklum sumber dana mormon ini sangat kuat dr negara asalnya.

    Kita sbg org Kristen yg beriman bhw Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruslamat, jgnlah menghakimi org2 mormon apalagi sampe melakukan kekerasan spt konflik antar sekte sesama umat islam di indo antara Sunni syiah ahmadiyah. Kita bukan penganut ajaran kekerasan, Tuhan Yesus sendiri memerintahkan kita utk mengasihi musuh2 kita dan mendoakan mrk.
    Saran sy klo ada org mormon yg menghampiri anda, pertama tama, liat kadar iman anda. Klo merasa kurang dan gampang terhanyut lbh baik kabur and say no thanks. Klo anda merasa teguh dan merasa bisa menjadi jawaban utk mrk, knp tdk kita menjangkau mrk agar bertobat dari ajaran sesat ini. Tapi siap2 aja anda yg ditinggalkan mrk, hahaha, krn itulah yg mrk lakukan kpd saya, merasa sy tdk bisa mrk pengaruhi lalu mrk tdk menfollow up saya stlh pertemuan pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka bukannya tidak mampu, tapi emang itu wajib bagi remaja usia 18 thn untuk melayani misi dijalan tuhan..selepas misi mereka juga kuliah kok..

      Delete
    2. contohmya....anak2 saya. selesai misi.kedua anak2ku.diberi kesempatan untuk melanjutkan kuliah di BYU Hawaii USA DAN DI PROVO UTAH
      .atas biaya yayasan gereja.( CHES).BAHKAN SAMPAI JENJANG DOCTOR DIBIDANG MATEMATIKA MURNI.

      Delete
  17. saya denger dari cerita temen saya, ajaran mormon adalah ajaran sesat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan hanya denger dari cerita temen aja..coba baca dulu kitabnya dan buktikan sendiri :)

      Delete
  18. Di dalam Injil Yohanes, dituliskan bahwa Yesus minta air kepada seorang wanita Samaria. Bukan sembarang wanita, tetapi seorang Samaria, yang oleh Orang Yahudi jaman itu (Yesus terlahir dan mati sebagai seorang Yahudi) dan sampai sekarang dianggap sesat. Tidak itu saja, wanita ini sudah kawin 5 kali, dan malahan kumpul kebo dengan seorang lelaki lain, alias dia ini wanita simpanan.

    Tetapi Yesus mengutamakan kemanusiaan. Dia tetap berdialog. Seorang guru agama yang kemudian dianggap penjelmaan Tuhan oleh pengikutnya, menggunakan dialog dan kepentingan dasar manusia (air) sebagai kesempatan untuk mengajar tentang sumber air yang kekal. Sumber air itu ialah kasih yang terus mengalir dari lubuk hati yang paling dalam.

    Jika kita minum dari sumber air yang bernama Yesus, kita tidak akan perlu kuatir akan sesat ini sesat itu, dan akan memperlakukan siapa pun, walaupun seorang lonte atau sundal sekalipun, dengan penuh kemanusiaan.

    ReplyDelete
  19. intinya mormon adalah ajaran sesat yang tidak bisa di terima oleh Tuhan Yesus...agama tidak bisa menjamin masuk surga,tapi iman yang menjamin kita untuk masuk surga,percaya kepada Tuhan Yesus,bukan menyangkal,.dan bukan malah mnambah agama baru,sebaru apapun agama,tidak bisa menjamin masuk surga,,..Alkitab adalah kitab yang benar untuk mengajarkan kita tentang berkehidupan yang benar di mata Tuhan..membawa kerajaan Allah di bumi,bukan membawa kerajaan bumi di akhirat,..
    saya hanya percaya tentang pengajaran Tuhan Yesus di Alkitab,BUKAN TEMPAT BARU dan AGAMA BARU !!! jangan pernah bangga akan 2 hal itu!! hanya karena mereka telah melihat dan percaya,namun berbahagialah orang yang tidak melihat dan PERCAYA....banyak perdebatan,namun kita akan lihat hasilnya.,,saya percaya,banyak umat manusia akan menyesal karena tidak pecaya kepada Yesus Kristus

    ReplyDelete
  20. Yesus datang di dunia ini tidak membawa nama agama mana pun...
    12:29 Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. 12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.
    12:31 Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”

    benar tidaknya suatu agama tergantung pada masing2 umat.... yang sering disalah gunakan adalah...ajaran suatu agama yang yang ayat2nya dipergunakan demi kepentingan pribadi/golongan. Ayat2 dipergunakan untuk menakut2i sejumlah orang atau massa oleh orang yang berpengaruh.

    Baik buruk tindakan kita bukan manusia yang menghakimi nantinya. Bahkan diri kita sendiri pun tidak berhak menghakimi diri sendiri, meskipun tindakan yang pernah kita lakukan sangat membuat diri kita sendiri menyesal. Semua yang menilai benar atau salah itu yang menciptakan kita. Garis hidup dan cerita kita sudah dibuat skenarionya. Apa pun yang terjadi dalam hidup kita itu atas ijin Allah yang Esa.

    Paling sebel saya, lihat orang berpendapat A B C D salah benar. Hidup dibawa santai aja broooo :) Keep smile and love each other. Tidak ada mahkluk yang sempurna. Senyaman2nya aja lah... tidak mungkin kita suruh ikan panjat pohon seperti monyet, atau suruh burung berenang di dalam lautan dalam seperti ikan... semua itu sudah diatur...
    buat kita pribadi... kebahagiaan itu hanya bisa tercapai kalau kita damai, sehat & waras (berakal budi normal)

    ReplyDelete
  21. I Believe in GOD Our Father, I Believe in Christ the Son, and I Believe in the Holy Spirit...

    Our GOD is tre

    Aku percaya Tuhan Yesus di kandung oleh Maria bukan karena hubungan badan dengan sesama manusia tetapi oleh karena Roh Kudus, dan Bapa yang berfirman.

    Allah Bapa, Roh Kudus, dan Tuhan Yesus sendiri adalah 1, yaitu Tuhan sendiri (TRINITAS).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengapa anda percaya ini semua? Karena diberitahu oleh pastur anda? Karena anda sudah memikirkannya? Karena anda sudah merenungkannya? Karena ketimbang tidak percaya lebih baik percaya saja yang tidak anda mengerti?

      Delete
    2. Mengapa anda tidak percaya? karena dipengaruhi pendeta Mormon anda?

      Delete
  22. mormon boleh poligami ya?
    apakah mormom percaya ada pernikahan di surga?
    apakah mormon bisa membaptis org mati?
    menurut mormon,mesias itu siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua itu mudah anda dapatkan lewat internet dari situs resmi Gereja Mormon. Gak usah sok nanya. Semua ritual agama apapun itu ada dasar kepercayaan di belakangnya. Apa yang kelihatannya lucu itu ada logikanya. Kalau mau menurut logika modern yang ilmiah, tidak ada ritual agama manapun yang masuk di akal.

      Delete
  23. Matius 7:15

    Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamarseperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi Orang Yahudi, Isa itu orang baik tetapi bukan seorang nabi. Pengikutnya yang menganggap dia Tuhan itu sesat. Bagi Orang Kristen abad ke-7, Muhammad itu bukan dianggap nabi, tetapi pemimpin gerombolan pengacau keamanan. Bagi Orang Islam, Kristen itu sesat karena mempertuhankan Isa. Bagi Orang Islam Sunni, Syiah itu sesat karena terlalu meninggikan Imam Ali. Sebaliknya Syiah menganggap Sunni sesat karena tidak menghormati silsilah kepemimpinan yang digariskan oleh para sahabat Nabi Muhammad s.a.w.. Gereja Orthodox menganggap Katolik sesat karena Paus terlalu berkuasa. Katolik menganggap Protestan sesat karena melawan Gereja dan menafsirkan Alkitab seenak udelnya sendiri dengan dalih Sola Scriptura. Pentekosta / Bethel / Evangelical menganggap semua agama lainnya sesat karena dirinya sendiri yang betul, melulu menurut Alkitab yang ditulis 2000 tahun lalu. Dan lain seterusnya, tidak ada habisnya perdebatan antara agama-agama Ibrahimi / Samawi ini berikut cabang-cabangnya.

      Tuhan itu kasih. Praktekkan sajalah itu. Tidak perlu teori dan menyalahkan orang lain.

      Delete
  24. Hari ini baru saja saya bertemu dengan dua orang Gadis Misionar Mormon, yang satu dari USA, Utah dan yang satu lagi dari Taiwan..
    mereka menyapa saya, dengan antusias ya saya jawab seperlunya dan berusaha menjawab seperti yang dia inginkan. saya jujur ketika ditanya Agama saya dan kenapa saya menerima Yesus Kristus dalam Hidup saya (karena Orang Tua saya memperkenalkan Kristen (Yesus Kristus) dalam kehidupan Saya).
    tetapi saat saya tanya seperti apa Misi nya, mereka tidak jujur (mereka memberikan kepada saya selembar kertas, tapi karna suasana yang agak gelap Tidak bisa saya baca dan langsng saya kantongi. "you can find our mission in this sheet, and could we meet and discuse for the mission? katanya.
    dengan halus saya menolak dengan alasan sibuk.
    karena saya berfikir dari perjumpaan singkat kami sudah ada yang tidak beres. dan lanjut seorang dari mereka (USA Girl) mengatakan "can we pray together for our meeting toninght"?
    karena selayaknya manusia yang sadartetapi tidak ingin membuat mereka kecewa dan setidaknya mereka tidak mengganggu Hak-hak Kemanusiaanku, ya saya mengiyakan saja. tetapi Keimananku cukup teguh untuk Hal-hal seperti ini (apa hubunganya yah??
    heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jonathan Paruship;
      Dari mana anda menilai mereka tidak jujur?
      Bukankah apa yang anda tulis di atas kelihatannya tidak ada masalah dengan ketidak jujuran ini..

      Delete
    2. Ini manusia yg reply diatas ini heboh bgt ngebalasnya... udah di jumpai sama Joseph Smith di mimpi mu ya? Dikasi apa sama dia sampe berapi-api gitu bela ajaran sesat ini?
      Saya bbrp kali ketemu "misionaris" mormon di jakarta, sampe mrk kasi kitab suci kalian yg katanya si Joseph Smith dapat dari mimpi ketemu malaikat makaroni eh moroni Hahaha...


      Istri anda sudah berapa? Mau kalahin joseph smith dan tetua-tetua mormon yg punya puluhan istri? Atau jgn2 anda wanita stress yg dipoligami sama suami anda?


      Anda boleh bersyukur pada tuhan anda si joseph smith kalau Kristen di Indonesia tdk spt islam. Klo iya bisa dibakar temple kalian yg di Tebet itu.

      Dan saya bersyukur bekas kandidat calon president amerika dari partai republik Mitt Romney yg melawan obama di periode lalu kalah dan tdk terpilih jd presiden amerika.
      Bayangkan kalau dia menang? Bisa2 misi mormon makin gila di Indonesia dan negara2 lain.

      Delete
    3. Lha kamu sendiri kok berapi-api sekali mengata-katai orang yang membela kebebasan orang lain untuk memilih kepercayaannya? Apakah kamu didatangi Yesus atau Paulus di dalam mimpimu untuk menganiaya orang yang kepercayaannya menyimpang dari yang diajarkan oleh pendetamu?

      Delete
  25. ketika ajaran Kristen itu tidak sesuai atau menyimpang dari Alkitab (tidak ada kitab yg lain) dan tidak sesuai dengan ajaran Gereja Mula Mula (12 Rasul),,,,,Saya 100 persen yakin bahwa itu Ajaran SESAT....saran untuk pengikut mormon...berdoa dengan sungguh2 dan rendah hari (akui semua dosa-dosa) kepada Tuhan Yesus Kristus dan berserah sepenuhnya kepada Nya....100 persen jg saya yakin anda akan menemukan Kebenaran yang Sejati alias Kristen Sejati....Tuhan Yesus memberkati

    ReplyDelete
  26. salam kawan2 semua,
    Saya senang bisa ketemu artikel ini di internet, memang saya akui artikel ini mungkin sudah lama, tapi tidak mengapa saya menambah sedikit.
    Saya salah satu anggota Gerja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir, saya adalah Generasi kedua dari keluarga saya yang jadi anggota Gereja ini. Saya tahu betapa susah menjadi anggota gereja Mormon, sedangkan dari keluarga kami yang lain kami kadang kala disudutkan dengan anggapan kami salah memilih gereja mormon sebagai agama kami sekeluarga. Waktu itu Ayah yang kuliah di IPB bogor (Ayah ikatan dinas dengan Dinas Pertanian disekolahkan di IPB), belajar mengenai gereja ini dari Misionaris Mormon di daerah kota bogor saat itu (ayah saya sekarang berumur 70an, seorang pensiunan PNS). Sejak saat itu ayah dibaptiskan dan menjadi anggota gereja Mormon (Mormon adalah sebutan yang dikenal masyarakat Umum, dari Kitab Mormon yang ada di gereja ini) setelah menikah dengan Ibu yang seorang Kristen, ibu juga belajar mengenai gereja melalui Misionaris Gereja dan dibaptiskan kemudian menjadi anggota gereja ini. Mulai saat itu saya dan saudara2 kami terlahir ke dalam gereja Mormon. Saya sekarang berusia 35 Tahun dan berkerja sebagai PNS di sebuah lembaga negara, saya akui memang susah menerima hal baru saat sudah dewasa, apalagi hal tersebut menyangkut keyakinan agama. Tapi saya mengetahui dengan pasti, dengan mata kepala saya sendiri dari kecil, dari teladan Orang tua saya, adik2 dan kakak saya dan dan dari kegiatan2 di gereja Mormon: tidak ada hal-hal buruk atau hal2 yang menyimpang dari ajaran2 Tuhan Yesus Kristus di dalam ALKITAB (kami juga memakai ALKITAB sebagai kitab suci).

    Oleh karena itu kawan-kawan ku semua, saya mohon dengan rendah hati, jauhkan kata "Sesat" dari gereja saya yang saya cintai ini. Biarlah Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir hidup tumbuh rukun bersama dengan gereja2 Kristen Lainnya dan agama lainnya di Indonesia, cuma ini sidikit yang bagikan saat ini, jika ada pertanyaan tentang yang lain, mohon bertanyalah pada sumber jawabannya bukan bertanya pada sumber yang salah.
    ( www.lds.or.id )
    ( www.mormon.org )
    ( www.lds.org )

    Salam kasih dan persahabatan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Sampai kapanpun penyesatan dan penyesat selalu ada dan datang ke Umat yang lemah imannya. Kita tidak baik seperti tua-tua Jahudi atau kepercayaan Saudara kita dari agama seberang, sebab sangat dipantangkan pengikut Yesus Kristus mengatakan kafir, mengatakan sesat melainkan cukupkanlah dirimu dengan ajaran Tuhan yang kamu percaya dan berdoalah selalu kepada Tuhan supaya penyesat disingkirkan dari jalanmu. Anjing menggoggong, kafilah berlalu. Amin

      Delete
    2. akan datang saatnya nabi-nabi palsu berbulu domba, tau kah anda sejarah mormon? tahu kah dasar2 iman mormon? sudah baca kitab mormon? jelas menegaskan bahwa allah bukan yang tertinggi, Yesus hasil dari hubungan fisik Allah dengan bunda maria, kalau anda tidak tahu berarti anda siap2 disesatkan, karna awal dari penyesatan adalah merangkul orang2 percaya dgn doktrin2 semirip mungkin yang ujung2nya akan diplintir

      Delete
  27. Sdh beberapa thn silam sy sering jmp pemuda2 bule berpakaian putih hitam naik sepeda di jalanan di Surabaya.
    Baru beberapa thn kemudian, sy smpt bercakap singkat dg salah seorng dr mereka, dan sy baru tahu bhw pemuda2 bule itu adlh penginjil dr Gereja Yesus Kristus, yg kemudian sy tahu gerejanya ada di Jl Ratna, dkt AJBS.
    Dan baru hr ini sy tahu dr blognya Om Hurek - kebetulan sy prnh kenal dekat dg beliau - bhw pemuda2 bule itu adalah penganut Mormonisme.
    Sy jg baru tahu kalau umat Nasrani menganggap Mormonisme adalah ajaran sesat, sekalipun sama2 mengamalkan Alkitab (Injil) dan merupakan pengikut Yesus.
    Padahal, salah seorang kawan sy, penganut Katolik, pernah berujar bhw Nasrani tdk mengenal aliran sesat, sepanjang yg diamalkan adalah Alkitab dan ajaran Yesus. Jd, perlukah kaum Nasrami melontarkan hujatan2 kpd penganut Mormonisme, toh mereka jg sama2 mengamalkan Alkitab dan ajaran Yesus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka yang suka menyesat-sesatkan orang beragama atau beraliran beda itu tidak p.d. atas imannya sendiri. Urusi saja pengamalan imanmu, ya kan?

      Delete
  28. Dan
    Saya sudah baca kitab mormon, kemudian saya baca doktrin agama mormon. Saya sudah ambil kesimpulan, ajaran agama mormon tidak sepaham dengan ajaran Kristen, jika mormon sebuah agama, maka saya hormati. Tapi jika mormon merasa bagian Kristen, saya tegaskan ajaran Mormon sesat. Mormon tidak mengakui Yesus adalah Tuhan, mormon juga salah dalam berpikir tentang Yesus adalah anak pertama. Ajaran mormon sangat bertentangan dengan ajaran Kristen, juga tentang nabi baru, Kristen tidak menerima nabi baru. Manusia diciptakan di dalam dunia, Kristen tidak mengenal pra kehidupan. Keselamatan manusia di dapat dari iman yg dia miliki, bukan dari peraturan yg dia taatin, leluhur tidak perlu di babtis dalam ajaran Kristen, tentang leluhur itu urusan Tuhan Yesus, manusia tidak berhak mewakilkan keselamatannya di akhirat. Alkitab adalah pedoman dan jalan menemukan kerajaan Allah, dalam Kristen tidak mengenal ada kitab tambahan, apalagi membuat nabi baru. Saya tegaskan Allah tidak punya hubungan fisik dengan maria, Tuhan Yesus lahir karena Roh Allah menjadi manusia melalui perantara Maria, prinsipnya tritunggal, Allah, Yesus, dan Roh Kudus adalah 1. Untuk hal-hal lainnya terlalu banyak yg harus saya bahas, saya juga tidak berminat membahasnya karena ajaran mormon sudah sangat jauh dari ajaran Yesus, sebaiknya Ajaran mormon dan pengikutnya mengganti nama tempat ibadahnya ibarat beli jus alpukat dengan merk jus alpukat, ternyata setelah dibuka kemasannya isinya jus jeruk. Saran saya kalau mau buat nama tempat ibadah langsung saja rumah ibadah Mormon. Saran saya tolong hentikan usaha menyebut kalian mormon itu Kristen, Tuhan Yesus tidak pernah mengajarkan ajaran seperti itu. Doktrinnya juga jauh dari kata iman seorang Kristen, kalau mau buat agama baru silahkan, tapi jangan bawa nama-nama Kristen, apalagi Yesus. Satu lagi, tolong ya jangan pinjam ayat Alkitab/bible dalam kegiatan agama mormon kalian, Tuhan Yesus tidak suka ajarannya dicampur adukkan dengan ajaran yg tidak sesuai dengan keinginanNya. Kalau mau pakai kitab ya pakai kitab Mormon aja, saya juga bakalan delete kitab mormon ini, saya risih menyimpannya. Terima kasih penganut agama mormon, saya harap anda mulai sekarang sudah bisa mendaftarkan agama mormon menjadi agama baru. Terima kasih. Bye

    ReplyDelete
  29. Di Malaysia juga anak2 muda / bule datang naik speda. Pertama2, saat berbagi firman Tuhan emang sama lho kaya di AlKitab. Tapi setelah kunjungan ke dua , ke tiga kali dan seterusnya mereka ngasih kitab Mormon yang sama sekali berbeda dari Bible / Alkitab yang kita percaya.

    keselamatan bagi orang-orang yang sudah meninggal dunia melalui baptisan kepada orang mati adalah pengajaran yang sesat. Dalam Matius 28:19 tentang baptisan tidak ditujukan kepada mereka yang sudah meninggal, tetapi kepada orang-orang yang masih hidup. Baptisan juga tidak dapat menyelamatkan karena sesungguhnya makna baptisan adalah tanda dan materai bahwa orang percaya adalah milik atau kepunyaan Allah.

    Tuhan Yesus mati di kayu salib untuk menebus dosa kita. Dan ingatlah jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkatan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini... (Wahyu 22:18)

    Sedarlah dan bertaubatlah.

    Salam kasih dlm nama Yesus Kristus kalian akan diselamatkan dan bertaubatlah.

    ReplyDelete
  30. Membaca thread ini, menyedihkan. Negara Indonesia rakyatnya memang menjunjung tinggi agama, yaitu agama mereka sendiri, terutama yang Kristen mainstream dan Islam Sunni. Agama2 yang sudah duluan di Nusantara seperti Hindu, Buddha, dan aliran2 kepercayaan, ga dipandang sebelah mata. Padahal itu yang membangun berbagai peninggalan2 bersejarah dari ribuan tahun lalu. Apalagi agama2 baru yang muncul di abad ke-19 atau ke-20, macam Ahmadiya, Mormon, dll. Berbagai tudingan: sesat! bidah! anti-kristus! Padahal kelakuan rakyat Indonesia sejak merdeka sampai sekarang ya sama saja. Korupsi, korupsi, dan korupsi. Bo cai. No use. Paling bagus kalau orang2 yang suka mengkafir2kan, mentakfiri2kan, menuduh sesat2an itu bunuh diri aja secara massal, agar dunia ini tenteram damai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fanatisme agama memang makin luar biasa di Indonesia. Bahkan sekedar mengucapkan selamat hari raya kepada penganut agama lain diharamkan... makin lama makin sempit pemahaman keagamaan.

      Delete
  31. Terlepas dari intoleransi beragama,sy cm mau menyampaikan bahwa greja mormon sesat. Tdk kurang tdk lebih. Maaf jgn tersinggung tp ini fakta. Jgn coba2 jika tdk ingin terpengaruh. Minta tuntunan Tuhan sendiri dan hamba2 Tuhan lain yg peka untuk minta konfirmasi dr Tuhan sendiri melalui doa dan puasa maka Tuhan akan menjawab kebingungan anda.bukankah Dia jalan kebenaran dan hidup?? Maka Dia akan menunjukkan kpd anda. JANGAN COBA2 MASUK JIKA TDK INGIN TERPENGARUH! TANYA TUHAN LANGSUNG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gereja Mormon itu ya Gereja. Sesat itu pendapatmu, yang diajarkan oleh pendetamu yang mengaku-aku sebagai hamba Tuhan. Saya bergaul dengan banyak orang Mormon. Biasa2 saja. Mereka baik2, bersih penampilannya, dan mau menolong sesama lebih daripada orang2 yang mengaku Kristen lurus.

      Tahu apa kata Gereja Katolik waktu Martin Luther memisahkan diri: Martin Luther itu sesat! Harus diekskomunikasi. Lalu sekarang, apa kata gereja-gereja non mainstream sempalan2 prosetan, eh protestan: Katolik itu sesat! Harus dihindari. Mereka itu menyembah patung, menyembah Maria. Padahal Gereja Katolik iku simbokne gereja-gereja protestan. Hehehehe.

      Mangkane tah rek, jalani saja keyakinanmu, gak usah sok ngurusi keyakinane wong liya. Yesus aja gak nuduh2 Samaria iku sesat. Malah mau bergaul dengan mereka. Memberikan perupamaan yang menunjukkan Orang Samaria lebih baik drpd pendeta2 senior Yahudi. Kalau Yesus hidup jaman sekarang, yang dijadikan contoh pasti Orang Mormon yang Baik Hati, dan pendeta2 yang lewat tidak menolong sang musafir yang dirampok itu dari gerejamu kuwi.

      Yesus itu tidak menekankan ritual atau sesat ini itu. Yesus ini menekankan ahlak. Cinta kpd sesama. Ojok kakehan nyocot tok ae.

      Delete