14 August 2012

EYANG BETE MENINGGAL DUNIA




Cukup lama saya tidak berjumpa Eyang Betawi. Budayawan Sidoarjo bernama asli Bambang Trimuljono ini memang sudah lama menarik diri dari wacana publik di Sidoarjo. Eh, tadi pagi saya dapat SMS dari Pak Benk, pelukis senior, mengabarkan Eyang Bete sudah tak ada.

"Beliau sudah selesai tugasnya. Sekarang dia sudah senang. Kita yang belum senang (karena masih hidup)," tulis Pak Benk dengan gaya senimannya.

Saya hanya bisa kirim doa dari jauh karena berada di luar kota. Semoga Eyang Bete beristirahat dengan damai di sisi Tuhan! Selamat jalan Pak!

Kepergian eyang yang juga insinyur teknik ini merupakan kehilangan bagi para seniman dan budayawan di Sidoarjo. Sebab selama ini dia banyak menggerakkan berbagai forum diskusi budaya di Sidoarjo. Ada forum malam Jumat atau Format. Malam anggoro kasih. Forum budayawan Sidoarjo.

Eyang Bete juga menerbitkan beberapa majalah kebudayaan meski tak ada yang awet. Praktis, semua kegiatannya tak lepas dari seni budaya. Dia tak hanya prihatin melihat bangsa yang makin kehilangan keramahan dan jati diri tapi juga melakukan kerja budaya yang konkret.

Selama 10 tahun almarhum menjadi mitra diskusi yang hangat dengan Bupati Sidoarjo Win Hendrarso, 2000-2010. Kebetulan Pak Win sangat tanggap terhadap masukan atau kritik eyang dkk. Para seniman dan budayawan ini bahkan sangat sering diajak ke pendapa untuk diskusi atau pentas.

Kritik-kritik Eyang Bete yang tajam tak membuatnya bermusuhan dengan bupati atau pejabat di Sidoarjo. Sayang, setelah tahun 2005 BT tak begitu aktif lagi karena kesehatan dan kesibukan mengurus anaknya. Sementara Pak Bupati sibuk mengurus dampak semburan lumpur lapindo.

Saya terakhir kali bertemu BT saat melayat pelukis Harryadjie BS yang juga motor seni budaya di Sidoarjo. Sebelumnya lagi saya bertemu BT saat melayat jenazah Eyang Thalib Prasojo. BT saya lihat tetap semangat dan antusias.

Kini giliran Eyang BT yang dipanggil Tuhan. Betapa fananya hidup ini. Tiga eyang budayawan kita pergi bersusulan: Eyang Thalib, Eyang Thelo dan Eyang BT.

1 comment:

  1. innalillahi wa inna illaihi rojiun
    smoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah swt...

    ReplyDelete