18 August 2012

Dahlan Iskan hidupkan blog

Dahlan Iskan, menteri BUMN, sebenarnya tidak pernah bikin blog pribadi. Tapi beberapa penggemar Pak Dis, sapaan akrab mantan bos Jawa Pos Group, ini membuat blog untuk mendokumentasikan tulisan-tulisannya. Agar lebih mudah diakses di internet karena tidak semua orang sempat membaca koran atau buku yang memuat catatan-catatan Dis alias Pak Bos.

Salah satu blog populer DAHLANISKAN.WORDPRESS.COM. Luar biasa popularitas blog tidak resmi Dahlan Iskan ini. Pengunjungnya ribuan orang sehari. Komentarnya pun berjubel. Begitu sebuah artikel tayang muncul ratusan komentar hanya dalam tempo dua tiga jam. Benar-benar fenomenal dalam dunia blogging di tanah air.

Beberapa menit lalu saya intip jumlah komentar di blog Pak Dis. Sakit Hati 407 komen, Lima Tahun Ganti Hati 333, Bumper Besar 405, Mobil Listrik 500, Mobil Listrik II 294, Sorgum 322. Jumlah komentar akan berubah dengan sangat cepat.

Blog Dahlan Iskan memang benar-benar fenomenal. Jauh melampaui blog artis paling populer sekalipun. Apalagi kalau menilai bobot komentarnya yang tidak sekadar say hello atau bilang nice posting dan semacamnya. Apa yang dicapai blog Menteri BUMN ini rasanya belum pernah terjadi dalam sejarah blog di Indonesia karena sangat stabil dan konsisten.

Ketika muncul jejaring sosial facebook banyak orang menganggap blog sebagai masa lalu. Sebab banyak blogger yang pensiun dan pindah ke FB yang lebih interaktif. Kemudian datang twitter dengan kicauan pendek. Kemudian BBM. Blogging dianggap ketinggalan zaman di era BBM. Hari gini masih ngeblog?

Lalu datanglah Dahlan Iskan dengan unofficial blog yang ternyata menyadarkan kita semua bahwa blog masih punya kekuatan yang luar biasa. Jangan sepelekan blog! Anda tidak mungkin membabar ide atau opini hanya dengan 140 karakter di twitter.

Mengapa blog Dahlan Iskan bisa sehebat itu? Jawabnya simpel: KONTEN, KONTEN, KONTEN! Sejak dulu saya bilang sangat sulit menemukan orang Indonesia seunik dan sehebat Dahlan Iskan.

Pak Dahlan berhasil memaksa orang berpaling ke blog! Proficiat!

5 comments:

  1. Sangat bagus sekali dengan adanya Blog yang di buat oleh pak dahlan ini. dan bisa memberikan tentang komentar-komentar yang di sesuaikan dengan apa yang artikel pak dahlan tulis, selama ini.

    ReplyDelete
  2. pemimpin yg patut diteladani :D

    ReplyDelete
  3. Dengan adanya Blog, ini semua orang akan lebih mudah untuk mengenal tentang seoang Bapak yang menjadi seorang menteri BUMN. yang suka turun ke jalan-jalan atau kemasyarakat-masyarakat dan ingin mengetahui tentang apa yang di keluhkan oleh masyarakat yang ada di indonesia.

    ReplyDelete
  4. Selanat Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Mohon Maaf Lahir Dan Bathin.

    ReplyDelete
  5. aku lebih suka Pak Jokowi ya...ngga aneh2...kadang DI suka aneh2 dan jadi over...walau kinerja kerja 2-2nya sama top..tapi Pak Jokowi sudah lebih teruji di pemerintahan karena DI baru 1 tahun merevitalisasi PLN dan sekarang baru berkiprah di BUMN...

    ReplyDelete