02 July 2012

EURO 2012 SPANYOL MASIH HOKI




Orang tionghoa sangat percaya hoki (mujur) dan ciong (apes). Setiap manusia atau tim punya hoki dan ciongnya sendiri. Sehebat apa pun sebuah tim sepakbola, kalau tidak hoki, tidak mungkin jadi juara.

Musim lalu misalnya Torres ciong di Chelsea. Maka biarpun gawang sudah kosong, tendangan si Torres tidak masuk. Apakah keciongan si Torres ini berlanjut, kita tunggu saja musim depan.

Spanyol baru saja mempertahankan gelar juara Piala Eropa setelah mempermalukan Italia 4-0. Terlepas dari gaya tika-taka Spanyol yang aduhai, Spanyol jelas sangat hoki, sementara Italia sangat ciong. Bagaimana tidak. Belum apa-apa pemain cedera dan diganti. Motta main sebentar lalu pingsan dan tidak bisa diganti karena sudah habis jatah. Italia main 10 orang melawan Spanyol yang sangat perkasa.

Jangan lupa di semifinal Spanyol sangat hoki lolos du penalti lawan Portugal. Permainan Xavi dkk kacau, tidak lancar mengalir. Keberuntungan menaungi Spanyol karena penendang Portugal lagi apes. Karena itu, timnas Spayol kali ini tidak bisa dibilang sangat luar biasa seperti diulas di internet dan surat kabar.

Jerman dengan pelatih Loew jelas bermain bagus dalam beberapa tahun terakhir tapi belum meraih satu pun gelar. Kok ciong melulu? Dukun fengshui Tiongkok kiranya bisa menganalisis geomansi, magnetik alam, shio dan sebagainya. Tapi bisa diperkirakan Joachim Loew bukan tipe pelatih yang punya hoki untuk memenangi trofi Piala Eropa atau Piala Dunia.

Jerman ketika ditangani Berti Vogst tidak sebagus tim sekarang tapi bisa juara dunia? Karena faktor hoki atawa dewi fortuna itu tadi.

Jose Mourinho sering membawa tim asuhannya jadi juara liga bahkan Champion League, selain karena pemain bagus, strategi, taktik, tapi juga HOKI. Maka, pelatih atau manajer yang dianggap selalu ciong, bawa sial, pasti akan langsung dipecat oleh big boss dari Tiongkok atau keturunan tionghoa. Redknapp di Spurs sukses memajukan klub tapi tidak hoki untuk jadi juara EPL. Sebaliknya Fergie tak akan akan dipecat karena selalu membawa hoki ke MU.

No comments:

Post a Comment