10 June 2012

Mengapa Oprah begitu hebat




Saya sudah lama kecanduan Oprah Winfrey Show yang disiarkan di metrotv. Rugi rasanya kalau melewati acara bicang2 ini. Sebab, selalu ada hikmah, pelajaran hidup, yang bisa kita petik dari acara Mbak Oprah.

Potongan Oprah benar-benar tidak masuk kriteria selebriti atau pesohor televisi Indonesia. Kita tahulah artis-artis Indonesia kayak apa. Kulit yang terang, langsing, muda, jago bahasa gaul campur english... jadi tuntutan televisi kita.

Mbak Oprah ini lain sama sekali. Dengan gaya sederhana, biasa-biasa saja, mirip mama-mama di rumah tapi pesonanya luar biasa. Oprah jelas tidak tertarik dengan pemutih, sedot lemah, diet macam-macam dan sebagainya.

Opah menjadi bagian dari kita. Kulitnya yang gelap, rambut ikal, badan subur... wow, mirip wanita-wanita sederhana di kampung saya pelosok Flores, NTT.

Panggungnya sendiri simpel. Meja dan kursi lalu omong-omong akrab layaknya sahabat atau keluarga. Oprah bukan tipe presenter SCTV (lawas) macam Ira Koesno atau Rosianna Silalahi yang lebih mirip polwan sedang menginterogasi tersangka di ruang interogasi. Nyaman banget. Mengalir lancar. Kita jadi masuk dalam persoalan si tamu itu.

Tadi saya baru menyaksikan rekaman Oprah Show. Tamunya Fantasia juara American Idol 2004 yang terjerat masalah keuangan. Dia mama tunggal, harus menanggung biaya hidup enam orang. Pernah sangat ngetop, Fantasia kemudian bangkrut.

"Saya bahkan tidak bisa bayar pizza di restoran. Padahal harganya berapa sih? Cuma 20 dolar," kata Fantasia lantas tertawa.

Oprah sering bikin humor kering. Humor cerdas tanpa jadi badut ala Srimulat atau pesohor-pesohor kita di acara Dahsyat atau Inbox. Kita makin cerdas kalau sering menonton Oprah Winfrey Show.

Di Indonesia Andy Flores Noya juga punya acara bagus sejenis Oprah Show di metrotv. Tapi cara berbincang, mengorek informasi, mengungkap empati, humor sangat berbeda. Ini juga karena perbedaan bahasa. English dan bahasa-bahasa Barat rupanya lebih efektif untuk humor-humor cerdas ala Oprah.

Andy sering pakai jurus ngeledek untuk mengundang tawa penonton. Oprah tak pakai jurus macam-macam selain menjadi diri sendiri.

Oprah Winfrey seorang wanita yang sangat inspiratif, khususnya bagi orang berkulit gelap dan tidak cakep (kayak saya).

3 comments:

  1. Dengan adanya acara oprah di metrotv ini. sangat bermanfaat sekali untuk di saksikan oleh semua orang.

    ReplyDelete
  2. Yang paling berkesan dari nonton Oprah, nangis bombay saking tersentuhnya. Masalah yang diangkat juga yang bener-bener "jagoan" bukan cuma yang berprestasi dan "beda". Isu-isu sosial yang diangkat juga saya suka.

    Yang jelas di Oprah nara sumber berani blak-blakan. Mulai dari pengutil di toko sampai Bill Clinton dan skandalnyasemua berani buka-bukaan dan ga merasa "ditelanjangi".
    Jadi ingat David Foster, dia pernah bilang di konsernya, "Suatu hari Oprah menelponku dan dia minta tolong padaku,siapa yang bisa menolak Oprah?"
    Cinta Oprah :)

    ReplyDelete
  3. bener, oprah memang luar biasa n punya byk penggemar di byk negara. inspiratif banget lah

    ReplyDelete