23 May 2012

Pop Mandarin HUT 719 Surabaya



Sibuk sebagai wakil rakyat di Senayan, Jakarta, Indah Kurnia tak bisa lepas dari dunia hiburan. Dalam sebulan terakhir anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI inh wira-wiri ke Surabaya untuk mengurus lomba menyanyi pop Mandarin Piala Wali Kota Surabaya.

Perhelatan tahunan ini masih terkait dengan perayaan hari jadi Kota Surabaya. "Tahun ini sudah masuk penyelenggaraan kelima. Kami ingin ikut berpartisipasi untuk memeriahkan hari jadi kota kita tercinta Surabaya," kata Ning Indah kepada saya.

Sekadar mengingatkan, beberapa tahun lalu Indah Kurnia menggelar konser tunggal membawakan ratusan 714 lagu tanpa teks untuk memeriahkan HUT ke-714 Surabaya. Setelah itu, Indah kian semangat mengajak warga untuk mengikuti lomba pop Mandarin. Sekaligus merayakan keberagaman warga Surabaya yang multietnis tapi tetap guyub dan rukun.

"Yang pasti, setiap tahun selalu ada peningkatan dari sisi kualitas dan keberagaman latar belakang peserta," kata penyanyi serbabisa ini.

Kalau awalnya lomba pop Mandarin yang selalu diadakan di ITC Surabaya ini didominasi orang Tionghoa, menurut Indah, makin lama warga non-Tionghoa makin banyak berpartisipasi. Kualitas mereka pun sangat bagus.

"Jangan salah, orang pribumi pun banyak yang bisa nyanyi Mandarin lebih bagus daripada yang asli Tionghoa. Hehehe," kata Ning Indah.

Dari sisi kuantitas pun terus meningkat. Namun, karena alokasi waktu yang terbatas, panitia terpaksa membatasi jumlah peserta. Penyanyi-penyanyi rekaman misalnya tidak boleh ikut. Juara dua kali berturut-turut pun dilarang ikut. Sebab, panitia ingin memunculkan bakat-bakat baru penyanyi berkualitas dari kalangan generasi muda.

"Harus ada regenerasi di dunia hiburan Surabaya," tegasnya.

Yang menarik, lomba menyanyi tiga hari yang dimulai pada 25 Mei 2012 itu diikuti peserta dari Malaysia dan sejumlah daerah di tanah air. Selama ini Malaysia dikenal sebagai salah ratu gudang penyanyi pop Mandarin di Asia Tenggara selain Singapura. Cukup banyak penyanyi Malaysia yang mengisi tempat-tempat hiburan di Surabaya.

No comments:

Post a Comment