01 April 2012

Saatnya ganti daun palem



Saya ikut misa Minggu Palem (Palma) di Gereja Katolik Santo Yohanes Pemandi Wonokromo Surabaya. Minggu pagi (1/4/12) ramai sekali karena ada perarakan dari halaman gereja. Tentu saja tidak semeriah perarakan di Flores, NTT, yang bisa mencapai 1-2 km.

Di Jawa Timur perarakan cukup dari halaman sampai ke dalam gereja. Hanya 20-50 meter saja. Bahkan, banyak gereja yang hanya perarakan di dalam gereja. Cuma berdiri di tempat lalu pastor keliling memerciki daun palem yang diangkat umat.

Minggu Palem sangat penting karena mengawali perayaan pekan suci. Rangkaian liturgi Paskah yang sangat meriah di Flores, sehingga ada libur panjang. Di Jawa juga ramai tapi sebatas di lingkungan gereja. Jangankan orang Islam, orang Kristen Protestan atau Pentakosta di Jawa gak tahu tradisi Minggu Palem di lingkungan Katolik.

Okelah, yang penting pekan suci perlu diisi dan dimaknai secara istimewa. Iman toh pada dasarnya urusan individu masing2. Justru setelah berada jauh dari kampung halaman, jadi minoritas, orang Flores justru semakin tertarik menggali tradisi liturgi yang di Flores sudah jadi bagian dari budaya masyarakat.

Apa lagi makna penting Minggu Palem?

Inilah saatnya mengganti palem yang ditempelkan di salib yang dipasang di rumah2 orang Katolik. Daun palem sih ada di mana2, tapi yang sudah diberkati dalam prosesi dan misa pekan suci cuma ada di gereja setahun sekali. Kalau absen ke gereja ya kita tidak akan dapat daun palem baru.

Tadi saya lupa membawa daun palem dari rumah. Untung di Gereja Yopen Wonokromo disediakan daun palem meski terbatas. Apa boleh buat, saya hanya dapat sisa2 daun palem yang sudah jelek.

Ehm... gak apa2, yang penting kan sudah diberkati oleh romo. Buat mengganti daun palem lama yang sudah berusia setahun yang sudah kering kerontang. Sulit membayangkan orang flores memasang salib di rumah tanpa dilengkapi daun palem!

Selamat memasuki pekan suci!

Ubi caritas est vera, Deus ibi est!

1 comment:

  1. Selamat memasuki minggu suci...
    setiap minggu palem, sy selalu teringat kawan lama sy saat kami serumah(org Timur jg).. Entah di mana dia sekarang...

    ReplyDelete