02 April 2012

Real Madrid masih bisa dikejar


Saya masih antusias mengikuti persaingan real madrid dengan barcelona. Dua tim yang kualitasnya jauh di atas tim2 lain di spanyol. Akankah madrid merebut takhta juara dari barca?

Rasanya sulit. Sempat memimpin 10 poin, sekarang tinggal 6. Ahad pagi keduanya sama2 menang mudah. Gap tetap terjaga. Tapi masih ada 8 laga yang bisa mengubah keadaan.

Dilihat dari skema main, dominasi, kerja tim, skill.. saya lihat barca masih menang atas madrid. Barca lebih tenang, manis, dan sangat mengancam gawang lawan. Juga stabil.

Madrid sering menang besar tapi mati kutu saat ditahan malaga dan villareal. Sementara barca makin sulit dicari kelemahannya. Dominasi 80% dan gol hanya tinggal menunggu waktu.

Yang pasti barca akan mengalahkan madrid dengan mudah pada laga el clasico. Gap jadi turun 3 poin atau satu laga. Berarti realmadrid hanya akan juara kalau tidak pernah kalah dalam laga2 terakhir. Bisa?

Di sisi lain barcelona pasti akan menang mudah dalam sisa laganya. Kalau madrid ditahan seri, apalagi kalah, selesailah la liga.

Sejak dulu saya melihat liga spanyol ini sangat aneh dibandingkan liga inggris dan liga2 lain. Jangan bandingkan dengan liga indonesia yang pecah tak karuan itu. Dari 20 tim la liga, barca dan realmadrid punya level yang jauh di atas yang lain. Beda dengan inggris yang peta kekuatannya hampir seimbang.

Klub2 lain di spanyol, selain realmadrid, hanya setara dengan barcelona c atau realmadrid b. Kualitas permainan madrid (bukan kualitas individu) sebetulnya setara dengan barcelona b.

Sementara barcelona a yang diperkuat xavi, iniesta, messi, puyol, alves, tello, fabregas.. punya level di atas yang lain2. Pantas saja barcelona saat ini disebut-sebut sebagai tim sepakbola terbaik di kolong jagat ini.

No comments:

Post a Comment