09 April 2012

Misa Paskah Vatikan di Indosiar


Saya beruntung bisa melihat siaran langsung Misa Minggu Paskah di Indosiar, 9 April 2012. Misa dipimpin Paus Benediktus 16 yang pekan depan berusia 85 tahun. Kasihan juga beliau, di usia yang sangat sepuh masih harus mengemban tugas2 yang sangat berat.

Kalau diperhatikan sejak awal sampai akhir, misa di Vatikan ini tak banyak beda dengan misa di Indonesia. Umatnya saja yang begitu banyak dari seluruh dunia. Sedangkan tata liturgi sami mawon.

Ordinarium pakai Gregorian 1 yang juga kita kenal di Indonesia. Credo, Pater Noster, Mazmur tanggapan.. sudah jamak. Juga pakai bahasa Latin yang sekali2 dipakai dalam liturgi kita.

Yang sangat berkesan bagi saya dari misa di Vatikan itu adalah kesederhanaan. Paduan suara atau kor tidak neko2. Tidak pamer kebolehan olah vokal atau partitur yang rumit. Lagu2 yang dipakai justru gregorian 1 yang merupakan lagu umat.

Maka umat, termasuk yang melihat dari INDOSIAR, bisa melebur dalam perayaan ekaristi. Kor yang dipimpin seorang pria sepuh juga tidak overacting. Nyaman dan terkesan seperti kegiatan rutin belaka.

Ini yang saya lihat agak berbeda dengan petugas liturgi kita, khususnya kor2 hari raya, yang bermental show. Seakan-akan paduan suara itu sedang konser atau show atau pamer bahwa kornya bisa membawakan nomor2 sulit yang tidak dikenal umat.

Melihat suasana misa Paskah yang sederhana dari Vatikan, rasanya kita di Indonesia khususnya petugas2 liturgi, mau introspeksi. Melayani Tuhan dengan sederhana, tidak neko2, tapi tetap dengan persiapan matang.

Akhirnya, selamat hari paskah! Selamat ulang tahun ke-85 untuk Bapa Suci Benediktus 16!

No comments:

Post a Comment