08 April 2012

Artis Flores lebih ngetop



Ary Diaz dan Felix Matarau: dua bintang musik pop Lamaholot.

Orang Flores, khususnya yang di pelosok, sejak dulu kurang mengenal artis2 terkenal yang sering muncul di televisi nasional. Itu antara lain karena televisi baru masuk desa sekitar 10 tahun lalu. Lebih tepatnya, jaringan listrik PLN baru tembus kampung saya tahun 2000an.

Masuknya PLN membuat televisi bukan lagi barang asing. Tapi selera musik orang2 Lembata belum berubah dari 1980an dan 1990an, yakni sangat gandrung artis2 lokal. Lagu2 band atau artis terkenal macam Padi, Peterpan, Dewa, Kris Dayanti, Agnes Monica, Mulan Kwok... kurang dikenal.

Ketika pulang kampung awal 2012, saya lebih sering mendengar lagu2 pop daerah Flores, NTT, Ambon, atau Manado yang diputar. Lagu manado PIGI JO DENG DIA malah jadi semacam call sign ketika ada pengumuman di desa. Begitu dengar intro PIGI JO DENG DIA sudah pasti akan ada pemberitahuan kerja bakti, acara gereja, atau berita dukacita.

Ini mengingatkan saya ketika masih anak2 di Lembata di mana artis nagi Ingrid Fernandes dan De Rosen Group sangat terkenal. Semua orang gandrung lagu2 pop NTT yang dibawakan Ingrid bersama De Rosen.

Seiring kemudahan teknologi rekaman digital, saat itu artis2 lokal Flores dan NTT begitu melimpah. Sulit dipastikan jumlahnya karena tiap daerah seakan berlomba bikin lagu2 pop daerahnya. Artis2 Larantuka, Adonara, Solor, Lembata tak ketinggalan.

Dan kita bisa dengan mudah menikmati lagu2 pop NTT via youtube. Lengkap dengan tarian dan busana adat yang khas. Kami yang berada di rantau pun terpuaskan karena punya ikatan yang makin kuat dengan lewotanah alias kampung halaman.

Sebagai putra asli Lamaholot, saya tentu saja paling suka lagu2 dan musik irama dolo2. Tarian masal khas suku Lamaholot di Flores Timur dan Lembata. Mendengar dolo2 saya sering menari sendiri, seakan berada di acara adat Lamaholot yang meriah.

Saya benar2 mengapresiasi kerja keras teman2 artis Lamaholot macam Matarau, Yance Boli, Ary Diaz yang telah membuat rekaman musik Lamaholot, khususnya dolo2. Maju terus seniman2 Lamaholot!


TEGAL NONA MASIH KECIL
TATA GANTO CINTA...
SAMPE SAMPE NONA BESAR

KALAU NONA SUDAH BESAR
TATA BAWA CINTA
SAMPE SAMPE SAMBONG DAGING DARAH

No comments:

Post a Comment