31 March 2012

Minggu palma dan pekan suci



Ribut2 soal BBM membuat kita, yang beragama Katolik, sering lupa bahwa besok sudah masuk Minggu Palma alias Minggu Palem. Kemudian masuk Pekan Suci: Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu (malam Paskah), dan Minggu Paskah.

Di Surabaya dan Sidoarjo, yang umat Katoliknya segelintir, suasana prapaskah atau puasa tak terasa. Baru sedikit terasa ketika kita ke gereja. Pulang misa, kembali lihat televisi yang ramai bahas BBM atau sepak bola Champion League, Liga Inggris dan Liga Spanyol. Lagu2 liturgi gregorian khas prapaskah hampir tak bergema sama sekali.

Tapi, buat saya sebagai orang Flores yang punya kultur katolik dan tradisi khas, pekan suci tak bisa hilang meski ada gonjang-ganjing BBM. Saya sudah dapat buku liturgi pekan suci dari Gereja Yohanes Pemandi Wonokromo Surabaya. Buku biru yg memuat lengkap tata liturgi selama pekan suci.

Saya tiba2 diingatkan tentang pekan suci setelah menerima email dari Maria Renny di Jerman. Setelah baca blog saya, dia meminta saya mengirim partitur lagu perarakan minggu palma untuk orang Indonesia yang Katolik di Jerman.

Maria, tiyang Katolik Jawi, justru meminta lagu2 yg biasa dipakai di Flores. "Kebetulan romo kami orang Adonara, Flores Timur," kata Maria.

Maka, saya pun membongkar tumpukan dokumen saya dan ketemu buku nyanyian liturgi terbitan Nusa Indah, Flores: Syukur Kepada Bapa. Buku kenangan semasa saya SD di Lembata, NTT, yang selalu saya pakai untuk mengenang lagu2 gerejawi saat masih anak-anak. Maria senang dapat kiriman lagu dari saya.

Oh, ternyata orang Indonesia di Eropa sangat religius. Rajin misa, latihan kor, belajar lagu2 liturgi untuk pekan suci. Saya jadi malu sama Maria dkk karena saya sudah lama tidak aktif di kor gereja karena kerja malam hari. Latihan kor kan selalu malam.

Email dari Maria membuat saya mulai mempersiapkan pekan suci meski tidak sehebat di Flores. Pekan suci memang luar biasa di Flores karena penduduknya yangg mayoritas Katolik larut dalam macam2 persiapan.

Sejak Minggu Palem, umat rame2 mengadakan persiapan pekan suci Paskah yangg dipusatkan di salah satu gereja secara bergilir. Umat hanya fokus pada liturgi, ibadah. Tidak tahu kalau ada demo BBM terjadi di mana2.

Flores memang beda!

2 comments:

  1. hehehee saya juga termasuk didalamnya ... ma kasih pater(?)kami kumpulan orang indo di jerman dengan nama Komunitas Katolik Indonesia Düsseldorf (ini nama kotanya)
    nanti kalau misa Minggu Palma selesai biar kami ceritakan hasilnya ... :)

    ReplyDelete
  2. Salam buat teman2 di Jerman. Saya wong awam, bukan pater hehehe... Gak ada potongan pater sama sekali. Berkah Dalem.

    ReplyDelete