27 March 2012

Menemani mbah Wono Kairun



Sekitar 20-30 tahun lalu Wono Kairun berusia 84 tahun. Sekarang usianya baru 86 tahun alias hanya bertambah 2 tahun. Logatnya sama, centil, sok tahu, tapi masih cerdas.

Juga masih awet membujang dan masih ingin kawin, tapi tidak ada wanita yang mau. Siapa yang mau jadi istri Wono Kairun yang tidak pernah mau cuci sarungnya itu.

Saya datang menemani Mbah Wonokairun di studio Suzana FM kemarin (26/3/2012). Si mbah jadi penasihat kerajaan mendampingi Bung Kaisar Victorio. Si bung yang mantan anggota DPR RI adalah pencipta figur fiktif Wonokairun. Saya salah satu penggemar berat Bung Kaisar dan Wonokairun.

Selama 2 jam mulai 16.00 Bung Kaisar dan Wonokairun mengisi acara PRAKTEK TERANG. Acara interaktif membahas berbagai persoalan aktual. Saat saya datang temanya melamun. Pendengar Radio Suzana tak henti2nya menelepon, bicara, menggoda Wonokairun. Asyik dan lucu! Kita jadi lupa ribut2 bbm di parlemen atau jalan raya.

Saya perhatikan bagaimana Bung Kaisar bermain2 tombol, merespons pendapat pendengar, dan secepat kilat berubah jadi Wonokairun. Bahkan dwitunggal Kaisar-Wonokairun bisa nyanyi dan mengucapkan salam bersama2.

"Wah, mbah Wonokairun itu tetap hebat dan cerdas," goda saya. "Wualah, koen iku ojo puji2 terus..," balasnya. Bung Kaisar ketawa2, nyaman, hidup penuh senyum.

Tema melamun rupanya sangat disukai pendengar. Mereka berlomba2 bicara di radio, nimbrung bersama Wonokairun. Ada yang melamun punya mobil mewah. Cewek 20 tahun melamun bisa menghajikan neneknya yang sudah 75 tahun.

Ada babysitter cerdas yang ngelamun suaminya yang stroke segera sembuh. "Nak, kamu jangan lirak-lirik majikan ya?" sela Wonokairun.

"Majikanku iku single parent," balasnya. Saya tertawa keras di studio radio di Walikota Mustajab 62 Surabaya itu.

Saya takjub melihat Bung Kaisar bersiaran di radio. Orang ini genius, maestro, di dunia radio. Bayangkan, sejak 1970an sudah siaran, cipta figur macam2, dan bertahan sampai sekarang. Orang2 kreatif macam Bung Kaisar inilah yang membuat radio tetap punya daya pikat.

1 comment:

  1. kaisar itu memang sangat asyik, benar2 cerdas n bisa membuat begitu banyak cerita menarik. gak ada habis2nya...kaisar itu memang sangat asyik, benar2 cerdas n bisa membuat begitu banyak cerita menarik. gak ada habis2nya...

    ReplyDelete