07 March 2012

Gus Ali sentil korupsi





Pesona Gus Ali tak pernah pudar. Ini terlihat dari pengajian-pengajian yang digelar pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Tulangan itu yang selalu dipadati jamaah.

Tak hanya dari Sidoarjo, jamaah berdatangan dari berbagai daerah di Jatim, bahkan luar Jawa. Mereka memadati kompleks pesantren di Desa Kenongo, Tulangan, itu untuk mendapat siraman rohani dari sang kiai bernama lengkap KH Agoes Ali Mashuri ini. Sebagian besar jamaah bahkan menjadi peserta tetap pengajian Bumi Sholawat.

"Beliau itu kiai yang karismatik. Cara memberikan cermahnya sangat khas, santai, penuh humor, tapi sangat menyentuh hati," kata seorang jamaah yang mengaku datang dari Mojokerto.

Gus Ali, yang juga kolumnis dan pemerhati sepak bola, ini tampil rileks. Gaya bahasanya komunikatif, kadang berbahasa Indonesia kadang Jawa. Sentilan-sentilannya yang humoris kerap membuat jamaah tertawa renyah.

Belum lama ini Gus Ali menyentil kasus korupsi di tanah air yang seakan tak pernah ada habisnya. Menurut dia, korupsi dan pengelolaan negara yang kurang baik inilah yang menyebabkan masih banyak warga miskin di negeri ini. Gelandangan dan pengemis ada di mana-mana, padahal Indonesia sebenarnya dilimpahi kekayaan alam yang luar biasa oleh Gusti Allah.

"Kita punya kekayaan yang hampir semuanya nomor satu. Kita punya tambang emas, perak, batu bara, kayu jati, palawija... yang nomor satu. Tapi mengapa masih banyak rakyat kita yang miskin?" cetus Gus Ali retoris.

Ini semua, menurut tokoh NU itu, karena salah kelola. Juga karena banyak korupsi. Gus Ali kemudan menceritakan pengalamannya jalan-jalan ke Yordania. Negara di Timur Tengah ini, menurut Gus Ali, sebetulnya tidak punya sumber daya alam sehebat Indonesia kecuali fosfat. Tak punya sumber minyak yang hebat seperti negara-negara Arab lainnya.

"Tapi mengapa masyarakat Yordania yang saya lihat itu sangat makmur? Karena negaranya dikelola dengan benar. Tidak ada korupsi," ujar kiai terkenal itu seraya tersenyum.

Di bagian lain, Gus Ali meminta peserta pengajian untuk tidak pesimistis dan kehilangan semangat dalam mencari rezeki.

3 comments:

  1. mas hurek, dari mana anda dapat inspirasi buat membuat posting?? mohon penjelasannya mas karena saya suka bingung mau buat posting apa.. @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka2 saya aja mas adi. lihat org ngomong di tv, tiba2 ingin nimbrung dg cara curhat di blog. habis libur di kampung bikin 20-an tulisan pendek tentang flores. dengar lagu2 lawas di warung kemudian nulis pance, obbie messakh, dian piesesha.. dst.
      pokoke bebas cak... terima kasih sudah mampir dan baca blog ini. salam.

      Delete
    2. oohh gitu toh mas. saya suka blog anda. simple tapi padat isi. ajarin saya dong mas bikin artikel2 yang bermanfaat & berkualitas..

      salam blogger.

      Delete