05 March 2012

Dangdut tanpa koplo?



Rhoma Irama terpilih kembali sebagai ketua PAMMI, organisasi dangdut indonesia. Rhoma memang belum ada lawan untuk urusan ndankduuuut.

Tapi di sisi lain bercokolnya rhoma selama puluhan tahun juga menunjukkan mandeknya regenerasi figur dangdut. Bisa jadi Rhoma akan menjadi ketua PAMMI seumur hidup.

Dalam kongres di surabaya ini (4/3/2012), rhoma bertekad membersihkan musik dangdut dari koplo. Alasannya: koplo bukan pakemnya dangdut, tidak match. Pemusik2 koplo diminta bikin organisasi sendiri di luar dangdut.

Bisakah koplo dipisahkan dari dangdut seperti diinginkan rhoma? Perlu telaahan khusus. Tapi secara de facto, praktik di lapangan, jelas sulit. Sangat sulit. Koplo yang sangat marak di jawa timur sejak dulu merupakan salah satu bentuk inovasi dangdut. Koplo memberi nuansa tersendiri dengan tabuhan kendang yang rancak dan sangat khas.

Dangdut menjadi sangat dinamis, energetik, merakyat justru berkat bumbu koplo itu. Hanya memang irama koplo itu membuat penyanyi2 cewek membuat gerakan2 yang sensual, erotik, dan sering tidak patut. Inul Daratista dan sejenisnya jelas orang2 koplo yang berhasil memperkaya warna dangdut.

Sama halnya dengan rhoma irama yang memasukkan elemen rock dalam dangdut. Apakah dangdut kemudian harus dibersihkan dari rock karena tidak pakem? Tentu tidak mungkin bung! Yang bisa dibersihkan adalah elemen2 yang jorok dari dangdut seperti goyangan, busana, syair, dan sebagainya.

Kalau mau jujur, dangdut itu produk musik hibrida. Campur2 unsur melayu, india, arab, rock, pop, etnik nusantara, tionghoa, dan entah apa lagi. Jadi, dangdut bukan lagi musik yang benar2 murni. Ia sudah menjadi sebuah produk hibrida yang akan terus berproses mengikuti perkembangan zaman.

Lantas, pakem dangdut itu seperti apa? Sang raja dangdut sekalipun akan sulit menjawab.

2 comments:

  1. Ya betul. Dangdut itu musik khas Indonesia, seperti rock and roll di Amrik, yang turunnya dari blues dan country. Kemudian ada yang dicampur hip hop, dll. Gak ada yang marah-marah. Kalau mau atur goyangan dan kostum yang seronok, boleh lah berikan sangsi pada anggota yang nakal.

    ReplyDelete
  2. koplo itu asyik banget....

    ReplyDelete