04 March 2012

Barcelona masih sangat bagus


Pertandingan sepak bola barcelona vs sporting gijon baru saja selesai. Hasilnya 3-1 untuk barca yang jadi tuan rumah. Padahal sejak awal babak kedua barca main 10 orang karena gerard pique kena kartu merah.

Penguasaan bola: barca 75% gijon 25%. Kok bisa begitu jomplang? Bukankah pemain gijon lebih banyak? Di sinilah kehebatan barca yang dilatih guardiola.

Meskipun pemainnya lebih sedikit, pola main, passing, taktik, gerakan tanpa bola... sangat bagus. Barca tetap menyerang. Keluarnya pique sama sekali tidak merusak permainan barca. Bahkan justru makin bagus dan makin hidup.

Sebaliknya, permainan gijon makin buruk setelah unggul jumlah pemain. Aneh memang pertandingan yang saya nikmati sejak menit ke-7 itu. Bukannya menyerang, ambil inisiatif, gijon justru main di areanya sendiri.

Maka, gol barca hanya tingga menunggu waktu saja. Dan tak lama kemudian keita cetak gol, 2-1. Disusul gol xavi 3-1. Sporting gijon benar2 habis.

Sebagai penggemar bola saya benar2 kecewa dengan gijon yang sama sekali tidak kasih perlawanan meski lawan main 10 orang! Saya pastikan gijon tetap memble meski barca main 9 atau 8 orang.

Gijon baru menang jika barca main 7 orang. Fakta ini juga menunjukkan betapa jomplangnya kekuatan tim2 la liga. Ada tim yang terlalu hebat macam barca, tapi ada juga tim brengsek seperti gijon.

Persaingan di la liga tetap hanya berkutat pada barcelona dan real madrid. Sebetulnya real madrid pun sangat sulit menang melawan barca kalau cara mainnya masih seperti sekarang. Lihat saja di el clasico nanti.

Anehnya, meskipun kita sudah tahu barca akan selalu menang mudah, dengan atau tanpa messi, saya masih terus melekan untuk nonton permainan barca. Mungkin ini yang namanya ketagihan virus barcelona.

No comments:

Post a Comment