27 February 2012

Zhong Ruiming pamerkan 104 foto



Zhong Ruiming bukan diplomat biasa. Sejak bertugas di Indonesia 10 tahun lalu Zhong memanfaatkan waktu luang untuk menekuni hobi lamanya: fotografi.

Berbekal kamera cukup canggih, Tuan Zhong yang sekarang menjabat wakil duta besar Tiongkok itu mengabadikan pemandangan, seni budaya, dan berbagai hal tentang Indonesia. Dia selalu memuji alam Indonesia yang katanya sangat indah dan eksotik.

Sejak 2006 Zhong Ruiming makin serius melakukan hunting foto-foto di berbagai daerah di tanah air. Setelah bertugas sebagai diplomat, dia ganti profesi sebagai tukang foto. Tak heran dia punya ratusan, mungkin ribuan, foto tentang Indonesia.

Daya jelalah Zhong mungkin jauh lebih luas ketimbang fotografer kita yang biasanya hanya berkutat di seputar Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota2 besar lainnya. Angle seorang diplomat, pilihan objek, selera... pun tentu beda dengan tukang foto jurnalistik.

Pada 4-11 Maret 2012 Zhong Ruiming menggelar pameran foto di Ciputra World Surabaya. Ada 104 foto jepretan mantan wakil konjen Tiongkok di Surabaya ini yang dipamerkan.

Lulusan Universitas Bahasa Asing Beijing jurusan bahasa Indonesia ini juga pernah menggelar pameran serupa di Jakarta pada 17 Oktober 2011.

"Sebelum pameran sudah banyak kolektor yang pesan foto beliau. Bagus-bagus sih," kata Liem Ouyen, ketua panitia, kepada saya.

Hmm.. the man behind the gun! Kamera boleh sama, boleh lebih mahal dan canggih...

Tapi siapa gerangan di balik kamera itu ikut menentukan foto bagus tidak bagus, laku tidak laku. Kalau semua diplomat rajin hunting, bisa2 fotografer bakal kehilangan pekerjaan.

No comments:

Post a Comment