13 February 2012

Whitney Houston ratu nada tinggi

Kualitas seorang penyanyi bisa dilihat saat tampil live. Penyanyi yang suaranya pas2an, asal bunyi, fals akan ketahuan di panggung. Jangan heran akhir2 ini banyak penyanyi Indonesia yang takut tampil live. Acara2 musik di televisi kita umumnya tidak live, tapi pakai taping.

Si penyanyi pura2 buka mulut, seakan2 nyanyi, padahal sudah direkam dulu. Suara asli sih hancur2an karena memang seniman karbitan. Beda dengan WHITNEY HOUSTON. Diva pop yang baru meninggal kemarin ini punya kualitas vokal yang sangat luar biasa. Kualitasnya makin kelihatan justru ketika menyanyi langsung atau live. Siapa kagum banget dengan olah vokal dan cara Whitney menyanyi.

Perhatikan cara Whitney tampil live di youtube. Paling dahsyat ketika dia membawakan lagu kebangsaan USA pada 31 Maret 1991. Juga lagu Greatest Love of All. Nada2 tinggi dimakan dengan enteng oleh Whitney. Bahkan dia senyam-senyum karena tidak ada kesulitan sama sekali.

Mengapa begitu? Kalau saya perhatikan, Whitney dianugerahi alat2 produksi vokal yang istimewa. Pita suara. Bentuk rahang. Cara bernapas. Titik2 resonansi. Dan sebagainya.

Semua penyanyi pasti keder dengan nada tinggi karena ambitus suara manusia jelas terbatas. Tapi Whitney tidak. Ketika membawakan nada2 tinggi, mulutnya otomatis dibuka begitu lebar dan suara langsung diresonansikan dengan enak.

Maka, Whitney bisa membawakan nada2 tinggi tanpa perlu falsetto. Di lagu Greatest Love misalnya Whitney langsung meloncat dari C tinggi ke F saat refren. Kemudian makin tinggi dan tinggi hingga coda atau ending.

Cara menyanyi macam Whitney memang khas diva yang talented. Ada beberapa hal yang bisa dipelajari seperti pernapasan, frasering, ekspresi, dinamika.. tapi jauh lebih banyak yang tidak bisa dipelajari karena sudah dari sononya. Whitney itu orang yang born to sing. Dilahirkan untuk menyanyi.

Karena itu, begitu banyak orang di dunia merasa sangat kehilangan Whitney. Diva yang benar2 diva memang idak bisa muncul setiap saat. Kalau diva2an yang sering dilabelkan di Indonesia sih banyak. Misalnya diva dangdut atau diva koplo. Preeet!!!!

3 comments:

  1. whitney is the best

    ReplyDelete
  2. Mariah Carey & Whitney Houston all time great female singers

    ReplyDelete
  3. Whitney Houston at the top
    Celine Dion

    ReplyDelete