19 February 2012

Bubi Chen sudah selesai


Siang tadi saya menatap dalam2 wajah pria 74 tahun di dalam peti jenazah di Adi Jasa Surabaya. Meski sudah kehitaman, maklum sudah 3 hari, sosoknya sangat mudah dikenali. Wajah yang ramah dan murah senyum.

Tangannya terkatup memegang rosario. Dialah Gregorius Suprawoto yang lebih dikenal dengan nama BUBI CHEN. Yah, sang maestro jazz, legenda musik asal Surabaya, itu telah meninggalkan kita untuk selamanya.

"Tugas bapak sudah selesai. Dan rupanya Tuhan memanggil bapak kembali ke pangkuan-Nya," kata Howie Chen, putra almarhum Bubi Chen. Saya lihat Howie yang juga pemusik jazz ini begitu sibuk melayani para relasi dan kenalan yang datang melayat.

Tugas Om Bubi memang sudah selesai. Baik sebagai suami, ayah, opa.. maupun sebagai pemusik. Orang yang mewakafkan sebagian besar hidupnya untuk musik, khususnya jazz. Pianis yang rendah hati, ramai, luwes.. meski tercatat sebagai salah satu pianis jazz terbaik di dunia.

Saya ingat wawancara terakhir saya dengan Om Bubi di Garden Palace, Mei 2001. Ketika itu Radio SSFM memberikan apresiasi atas dedikasi beliau mengasuh Jazz Show di radio itu selama 25 tahun.

Om Bubi tampak semangat, penuh senyum, meski kedua kakinya sudah diamputasi. Seperti diketahui, beliau sudah lama mengidap diabetes. "Saya merasa tidak sakit lagi (setelah kaki diamputasi)," katanya.

Om Bubi senang karena kedua tangannya, jarinya, masih utuh. Bisa main piano dengan skill kelas atas layaknya maestro jazz. Dan beliau tetap bermusik hingga kondisi fisiknya drop, kemudian dirawat di rumah sakit di Semarang.

Sudah terlalu banyak kata yang pernah saya tulis tentang Bubi Chen. Begitu pula apresiasi luar biasa dari komunitas musisi dan penggemar jazz di Indonesia. "Om Bubi itu maestro yang tak tergantikan," kata Indah Kurnia, penyanyi yang kini anggota DPR RI.

Tak hanya Indah, begitu banyak orang lain yang menyampaikan hal senada. Kini, Om Bubi sudah menyelesaikan tugasnya secara tuntas. Kembali ke pengakuan sang Maestro Agung yang telah menitipkan talenta spesial kepada Om Bubi.

BACA JUGA

No comments:

Post a Comment