03 January 2012

Wisata Pantai Pedan di Lembata


Saya baru tahu kalau ada pantai wisata di Ileape, Pulau Lembata, NTT. Pantai Pedan namanya. Terletak di Desa Petuntawa, pantai ini masih alami. Pedan artinya pandan. Yah, kawasan ini memang ada banyak tanaman pandan, bakau, dan kelapa.

Pasir putih, halus, lumayan bersih. Bakau alias mangrove lumayan sibur. Air laut tenang. Kedalamannya cukup untuk berenang. Relatif aman untuk berenang santai.

Minggu 1 Januari 2012, kami bersama rombongan berwisata ke Pedan Beach. Ah, ramai juga ternyata. Beberapa rombongan dari Lewoleba dan Hadakewa juga ada di sana untuk mengisi hari pertama tahun 2012.

Pengelola pantai menyiapkan sound system berikut musiknya. Tari dolo-dolo dengan iringan lagu Felix Matarau, Nona Masih Kecil, diputar. Saya lihat 6 laki-laki dewasa menari. Asyik sekali. Suasana pantai pun makin meriah saja.

Setiap rombongan rupanya membawa bekal sendiri-sendiri. Termasuk air minum. Mereka gelar tikar dan makan ramai-ramai. Enak sekali menu daging binatang hutan ala Hadakewa yang kami nikmati.

Meski asli Ileape, baru kali ini saya tahu ada pantai wisata yang bagus macam Pedan Beach. Hanya, perlu polesan dan sentuhan yang lebih profesional agar pedan dan pantai-pantai lain di lembata bisa lebih maju.

Masalah utama masih tetap akses jalan. Sampai sekarang jalan utama dari Lewoleba ke Ileape masih buruk. Ruas jalan yang bagus tak sampai 20-an kilometer.

Sangat sulit mengajak orang berwisata dengan kondisi jalan raya sejelek itu. Sebab, orang yang pesiar hanya mau senang-senang, bukan cari susah atau penyakit.

Papan penunjuk wisata Pantai Pedan pun belum ada. Tidak ada promosi dari Pemkab Lembata atau Pemcam Ileape. Bagaimana mau mengajak orang datang kalau orang Ileape sendiri pun kurang informed?

Tapi bagaimanapun juga keberadaan Pedan Beach layak diapresiasi. Ia jadi aset berharga orang-orang desa untuk memajukan ekonominya. Masih banyak lagi pantai-pantai dan objek wisata di Pulau Lembata yang bisa dipoles dan dijual.



3 comments:

  1. wah seru juga nih tempatnya,.
    bisa buat seru-seruan akhir pekan ini

    ReplyDelete
  2. Pedan beach mungkin masih belum familiar di telinga para wisatawan karna pantai ini mungkin terletak jauh di NTT mungkin harus ada bantuan promosi dari pemda NTT atau Dinas Pariwisata.

    hanya sekedar berbagi info untuk pariwisata, akomodasi, kuliner kota Bandung klik www.bandungreview.com

    ReplyDelete
  3. i love Indonesia tourism............

    more info for Bandung tourism www.bandungreview.com

    ReplyDelete