19 January 2012

Ian Antono dan istri


Tiap kali mendengar lagu-lagu lama dari Nicky Astria atau God Bless, saya selalu ingat Ian Antono. Arek Malang ini pernah menjadi gitaris paling top di Indonesia beberapa tahun lalu.

Petikan gitarnya khas dan enak. Main akustik atau elektrik sama-sama enak. Rock tapi manis. Ian juga piawai sebagai komposer dan arranger.

Sudah lama Ian, Albar, Fariz, Dian PP... tersingkir dari industri musik pop. Sebab, pemain2 industri kita harus muda, single, di bawah 30. Lewat usia itu habislah sang musisi. Paling hanya dapat tempat di Zona Memori atau Tembang Kenangan saja. Beda banget dengan industri di Barat yang tetap memberi tempat untuk Deep Purple atau Stones.

Saya beberapa kali bertemu Ian Antono di Surabaya dan Malang. Bicaranya santun, halus, irit. Rokok tetap ngepul. Badannya tetap sehat, stamina di panggung oke.

Ian selalu ditemani sang istri Titi Saelan. Ke mana2 berdua di atas maupun di bawah panggung. Kekompakan Ian-Titi ini jarang diperlihatkan pasangan musisi lain. Tak ada gosip atau berita miring tentang rumah tangga mereka.

Apa kegiatan Mas Ian sekarang? pancing saya.

Tetap main musik, katanya. Musik sudah menjadi bagian dari hidup Ian. Setiap saat dia main gitar. Ada atau tidak ada jadwal manggung.

Seorang musisi, katanya, harus berlatih dan terus berlatih sampai ajal menjemput. Tak ada kata berhenti berlatih meski Ian Antono ini sejatinya sudah kelas maestro atau guitar hero.

Meski Tionghoa, Ian bukanlah pedagang atau pengusaha. Dagangannya ya musik. Dia mengaku tetap bisa bekerja meski sudah sangat lama tidak muncul di televisi.

God Bless pernah bikin album bagus beberapa tahun lalu. Album bagus dengan aransemen yang kaya dan manis khas Ian. Tapi album ini tidak sempat promosi di televisi. Maka, publik pun hanya mengenal Ian dan God Bless lewat lagu2 lama macam Semut Hitam, Musisi, Rumah Kita, Kehidupan, Raksasa.

Saya paling suka menikmati Ian main gitar solo mengiringi Achmad Albar menyanyikan Syair Kehidupan atau Panggung Sandiwara. Ciamik soro!

5 comments:

  1. Permisis ...
    minta ijin ... !, posting ini saya pasang ke blog saya www.qoms.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. silakan mas, saya senang anda juga suka ian antono. salam buat teman2 penggemar musik lawas.

    ReplyDelete
  3. aku dulu pernah baca....tulisan di JP sekitar tahun 90an tentang orang ini...beliau melewati masa sulit saat masa2 suram dunia musik indonesia beliau pernah jadi tukang kayu benarkah.....

    ReplyDelete
  4. ijin save Pic nya ya mas... buat lengkapin tulisan di blog saya (kalau tidak keberatan beberapa akan saya kutip ; dengan menyebutkan sumbernya tentu saja) hihi saya masih simpan semua kaset lawas yang saya beri TAG Ian Antonoisme... terutama debut2 yang mungkin agak kurang populer sperti Dolf Wemay, Grace Simon, Happy Pretty

    ReplyDelete
  5. Silakan mas, semoga karya2 Bung Ian ANtono bisa lestari dan bisa dinikmati banyak orang. Di Indonesia jarang ada gitaris sehebat beliau.

    ReplyDelete