03 January 2012

Doa di Makam Mama Tercinta



Saya duduk di atas makam mama tercinta, Maria Yuliana, di Bungamuda, Pulau Lembata, 1 Januari 2012. Makam yang berjejer dengan Nenek Ebong dan Kakek Samun Hurek Making.

Mama Yuli meninggal dunia di Ohe, Ile Ape, 15 Februari 1998. Itulah kali pertama saya melihat tahapan-tahapan seorang manusia yang akan pergi untuk selamanya.

Mama sempat dirawat di Rumah Sakit WZ Johannes di Kupang, tapi rupanya dokter angkat tangan. Lalu saya bersama ayah dan tiga adik membawa ibunda ke kampung halaman dengan feri. Turun di Larantuka, selanjutnya ke Desa Ohe, Kecamatan Ileape, untuk dirawat Mama Bidan Bernadette, istri Bapak Thomas Hurek (sekarang almarhum).

Tapi rupanya Tuhan berkehendak lain. Mama akhirnya pergi untuk selamanya. Meninggalkan saya, Yus, Ernie, Is dan bapak. Mama pergi begitu cepat ketika saya belum bisa membalas jasa-jasanya.

Makam mama ini ibarat magnet tersendiri bagi saya. Setiap pulang kampung, saya selalu mampir. Bakar lilin, berdoa... atau hanya sekadar duduk-duduk melamun membayangkan masa kecil bersama mama.

Termasuk menulis catatan ini dengan ponsel. Maklum, sinyal di sini sangat lemah sehingga fungsi utama HP untuk menelepon atau SMS tidak jalan sama sekali.

Begitu banyak sisa lilin di makam mama pertanda ada banyak doa untuk beliau di alam sana. Saya juga pamit kembali ke Surabaya karena jatah cuti sudah habis. Harus masuk kerja lagi tanggal 2 Januari 2012.

Tapi makam mama akan selalu jadi magnit untuk membawa saya kembali ke kampung halaman, lewotanah.

Ina... Mama Oa... go onek peten kon mo!

5 comments:

  1. kenangan masa kecil bersama orang tua memang manis, jadi ingat pada ibu nih...

    ReplyDelete
  2. mama oa semoga mama oa jadi pendoa buat kami semua mama .

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih aya2 ama John, mo basa tulisan goen. Koda kiring tang peten ina ama kaka ari rae lewotanah. salam untuk semua di lewotanah.

      Delete
    2. kaka berni go YANI almarum guru polus lopi anaken kaka go tugas belajar ia lawang kaka

      Delete
    3. Sama" kaka berni hureken ..

      Delete