14 December 2011

natal prematur di jawa

orang kristen di jatim tidak banyak. tapi suasana natal cukup terasa sejak awal desember. pusat belanja penuh hiasan natal. hotel berbintang. beberapa kantor swasta.

jawa pos juga bikin festival jingle bells setiap hari. hampir semua gereja di surabaya dan sekitar ikut lomba paduan suara, nyanyi, hingga band rohani itu.

dimuat tiap hari di koran, acara ini terkesan begitu hebatnya. orang-orang kristen di surabaya ingin menunjukkan bahwa mereka punya potensi besar di bidang musik.

menurut kalender liturgi, saat ini masih masa adven. bersiap diri menyambut natal. tapi suasana adven ini sejak dulu kurang terasa. ini juga karena orang-orang kristen di jawa sering mengadakan perayaan natal sebelum 25 desember. masa adven pun kabur.

sebetulnya masalah ini, natal yang prematur, sudah dibahas panjang lebar sejak puluhan tahun lalu. jadi debat teologis yang tak ada habisnya.

tapi mau bagaimana lagi? semua orang punya hak dan kebebasan untuk mengekspresikan imannya. mau natalan tanggal 24 desember atau 25 desember atau 10 desember, silakan.

saya sendiri menerima undangan perayaan natal sebelum 20 desember. sebagai orang flores dengan tradisi katolik yang konservatif inkulturatif, ini jadi dilema tersendiri. masih adven kok sudah natalan.

tapi kalau tidak pun kurang nyaman karena mereka teman-teman kita juga. yang paling penting moga-moga damai dan sukacita natal selalu bersama kita semua. amin.

1 comment:

  1. Perayaan natal di tempat saya aja tanggal 13 Des kemarin dan saya ngerasain bagaimana makna natal itu. GBU All.

    ReplyDelete