16 December 2011

doa tukang tambal ban

apes. maksud hati ngontel ke suramadu, tiba-tiba ban sepedaku gembos. kena logam semacam paku. keapesan macam ini memang bisa dialami siapa saja, kapan saja.

untung, ada penambal ban sekitar 200 meter. "sampean pasien pertamaku," kata si tukang tambal ban bernama cak ali. "doaku terkabul," katanya cengengesan.

doa-doa harian cak ali dkk sederhana saja: "TUHAN, semoga hari ini banyak orang yang bannya gembos." banyak ban gembos berarti banyak pasien. berarti banyak uang masuk.

saya pun menikmati jalan pikiran cak ali. akal sehatnya bagus. kalau ban saya tidak gembos, dia tak akan dapat uang. saya pun tertawa kecil. apes pun hilang meski gagal ke jembatan 5,4 km itu.

sambil baca berita di koran tentang kemenangan barcelona di piala toyota, saya mulai mengikuti cara berpikir cak ali. tak jauh dari situ ada tukang kunci. belum ada konsumen.

doa tukang kunci: semoga hari ini ada orang kehilangan kunci. tukang kunci itu senyam-senyum. dan... benar, lima menit kemudian ada pengendara motor datang. mengajak tukang kunci ke rumahnya karena beberapa kuncinya hilang.

rupanya, doa tukang kunci terkabul. hehehe... saya pun cabut setelah bayar 500 pada si penambal ban.

doa-doa ini saya kaitkan denhan dokter yang tempat praktiknya dekat kediaman saya. "semoga makin banyak orang surabaya yang sakit, Tuhan. biar pasien makin banyak, rezeki makin melimpah."

doa dokter mungkin akan disambung para penggali kubur di permakaman ngagel. "Tuhan, semoga hari ini ada orang ngagel yang mati agar kami bisa dapat kerjaan menggali kubur."

syukurlah, doa-doa dokter, pengusaha apotek, dan penggali makam dilawan oleh pengusaha asuransi. "Tuhan, semoga semua orang diberi sehat, tidak celaka, tidak ada bencana alam... sehingga tidak ada nasabah yang klaim."

1 comment:

  1. hehehe.. menarik sekali analisa mu teman.. bnyak do'a yg 'bertentangan'.. tentu sulit menjawabnya,..

    film 'Bruce Almighty' Jim Carrey cukup lucu untuk menggambarkan do'a² dlm tulisan mu teman..

    salam kenal..

    ReplyDelete