24 November 2011

Pauline Poegoeh Resital Vokal Ke-3



Sekitar 300 penggemar musik klasik, Rabu (16/11/2011) malam, menikmati suara emas Fu Huaxia alias Pauline Poegoeh di ballroom Hotel Shangri-La Surabaya. Tampil selama hampir dua jam, stamina dan kualitas vokal Fu tetap terjaga.

Tepat pukul 19.00 resital vokal bertajuk Amazing Songs ini dumulai. Meski kursi penonton belum terisi semua, Solomon Tong, dirigen Surabaya Symphony Orchestra (SSO), bersama Fu Huaxia naik ke atas panggung. Mengenakan busana atasa berwarna pink dan rok hitam, Fu Huaxia terlihat anggun.

"Saya ingin resital malam ini kita mulai tepat waktu. Sekaligus belajar disiplin untuk masyarakat Surabaya, yang biasanya suka molor kalau bikin acara," ujar Solomon Tong dalam kata pengantarnya. Dan, resital vokal yang diiringi SSO ini pun dimulai.

Dibuka dengan I Will Extol Thee O Lord (karya M Costa), Fu Huaxia langsung memperlihatkan kualitas suaranya yang lantang, powerful, dan bisa leluasa membawakan nada-nada tinggi. Lagu dengan aneka macam gaya dan irama dibawakan gadis 27 tahun yang juga dikenal dengan nama Pauline Poegoeh itu. Total, Nona Fu membawakan 15 lagu, termasuk satu encore.

Ada lagu seriosa Indonesia, Cintaku Jauh di Pulau (FX Sutopo), tiga lagu Tiongkok (Ran Hong, Chun Thian Lai Le, Nia Ciu Se Wo), empat petikan opera WA Mozart, hingga petikan opera Giuseppe Verdi. Solomon Tong berkali-kali memuji anak asuhnya ini sebagai seorang soprano yang komplet.

"Fu Huaxia ini sudah 35 kali tampil dalam konser-konser SSO. Jadi, dia memang sudah berpengalaman di dunia seni suara klasik," ujar Tong.

Yang menarik, Fu Huaxia membawakan ke-15 lagu itu tanpa teks atau alat bantu apa pun. Semua dihafal di luar kepala. Padahal, lirik lagu-lagu klasik ini umumnya panjang-panjang. Selain satu lagu berbahasa Indonesia, Cintaku Jauh di Pulau, lagu-lagu lain bersyair bahasa Inggris, Italia, Jerman, dan Mandarin.

Bagaimana cara mempersiapkan konser vokal klasik yang sangat langka di Surabaya ini?

Fu Huaxia mengaku biasa-biasa saja. "Persiapan saya sih sekitar tiga bulan. Saya lakukan di sela-sela kesibukan saya yang lain separti mengajar," kata Fu Huaxia yang juga guru vokal itu. (rek)

1 comment:

  1. Bapak Lambertus Hurek Yth.,

    Selamat Natal 2011 dan Tahun Baru 2012. Mengapa belum ada ulasan pertunjukan SSO untuk Desember 2011?

    Hormat saya,

    Efendi
    Tasikmalaya

    ReplyDelete