29 April 2011

Reuni PSM Unair



Anggota paduan suara mahasiswa, khususnya di kampus-kampus yang punya komunitas paduan suara bagus dan berprestasi, biasanya punya hubungan emosional yang sangat mendalam. Mereka tetap berusaha menjalin hubungan meskipun sudah terpisah dan sibuk kerja selama puluhan tahun.

Ini pulalah yang terlihat ketika alumni paduan suara Universitas Airlangga Surabaya mengadakan temu kangen di Surabaya, Sabtu (2/4/2011). Sebelumnya, para alumni angkatan 1973-1986 ini berlatih di Graha Family, perumahan elite di kawasan Surabaya barat.

Dokter ABRAHAM ARI MUKO menuturkan, temu kangen PSM Unair ini sekaligus untuk menghormati Dr. SUPARDI KARTOHARDJO, pelatih paduan suara kawakan Unair. Aktivis PSM yang lama biasanya tak asing lagi dengan sosok Supardi ini. Berkat tangan dinginnya, PSM Unair sukses sebagai paduan suara berprestasi di Jawa Timur, bahkan Indonesia.

Tradisi paduan suara mahasiswa itu kemudian ditularkan kepada kampus-kampus lain di Jawa Timur. Mahasiswa-mahasiswa Unair saat ini pun berusaha melanjutkan tradisi paduan suara berkualitas yang dirintis Pak Pardi.

Seperti PSM-PSM di kampus lain, PSM Unair menghimpun semua mahasiswa dari berbagai fakultas: Kedokteran, Hukum, Ekonomi, FISIP, Psikologi, dan sebagainya. Saking dalamnya kecintaan pada paduan suara, ada alumni yang khusus datang dari Berlin, Jerman, namanya Taufan, datang bergabung dengan teman-temannya. Mereka berlatih mendadak sambil bernostalgia.

Tampil di ballroom Hotel Mercure Surabaya, 2 April 2011, para pemuda-pemudi Unair tempo doeloe itu membawakan lagu-lagu tradisional serta lagu-lagu nasional. Tak ketinggalan, lagu anak-anak NAIK DELMAN yang diaransemen khusus untuk paduan suara campuran (sopran, alto, tenor, bas).

Kini, setelah konser nostalgia berlalu, para alumni kor Unair ini tetap menjalin komunikasi lewat jejaring sosial seperti Facebook dan Blackberry Messengger. Mengenang masa lalu yang indah ketika aktif di grup paduan suara terkemuka di tanah air.



COPYRIGHT © 2011 LAMBERTUS HUREK

2 comments:

  1. Mas Hurek, terimakasih sekali dan salut atas dedikasinya terhadap paduan suara. Salam kenal, bravo paduan suara.
    Abraham Arimuko

    ReplyDelete
  2. Matur nuwun Pak dr Abraham sudah membaca catatan enteng2an ini. Semoga selalu sukses dan tetap membina paduan suara. Good luck!

    ReplyDelete