24 March 2011

Ikut FORMI Sidoarjo




Seminggu terakhir ini saya beberapa kali diajak ikut rapat membahas Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Sidoarjo. Pengurus federasi bakal dikukuhkan di Alun-Alun Sidoarjo, Minggu (27/3/2011) pagi. Saya diminta Suwignyo, salah satu pejabat Dinas Pariwisata Sidoarjo masuk sebagai salah satu pengurus.

Acara pengukuhan di alun-alun itu bakal dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, dan Wabup Sidoarjo MG Hadi Sutjipto ini dimeriahkan gebyar senam, gerak jalan, serta atraksi budaya lintas etnis.

“Kita ingin memperkenalkan FORMI Sidoarjo sebagai payung berbagai olahraga rekreasi yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Kita juga sekaligus mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin,” ujar Wakil Bupati Sidoarjo MG Hadi Sutjipto, yang juga ketua umum FORMI Sidoarjo.

Berbeda dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang menaungi olahraga prestasi, FORMI menjadi wadah bagi olahraga-olahraga rekreasi dan tradisional yang berkembang di masyarakat. Berbagai komunitas olahraga rekreasi seperti senam jantung sehat, senam tera, senam pernapasan, senam aerobik, barongsai, liang-liong, patrol, sepeda kuno, fun bike, serta olahraga tradisional hidup dan berkembang di tengah masyarakat. Namun, selama ini belum ada wadah atau federasi yang menaunginya.

FORMI Sidoarjo dibentuk sebagai wadah bagi berbagai komunitas olahraga-olahraga tersebut. Sesuai Undang-Undang Olahraga Nomor 3 Tahun 2005, olahraga rekreasi yang hidup dan dikembangkan oleh masyarakat wajib didukung oleh pemerintah. Karena itu, FORMI Sidoarjo ini juga mengembangkan sayap di 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

Diawali gebyar senam pagi bersama pada pukul 06.00, yang diikuti ribuan orang dari berbagai komunitas, Wagub Jatim Syaifullah Yusuf akan melepas gerak jalan massal keliling kota. Rutenya: alun-alun, Jl Sultan Agung, Ramayana, Jl Thamrin, kembali finis di alun-alun.

Perkumpulan Barongsai dan Liang-Liong Dharma Bhakti berada di barisan terdepan, disusul praktisi senam jantung sehat dari 18 kecamatan. Atraksi selanjutnya, Ogoh-Ogoh Sidoarjo memandu ratusan praktisi senam lansia dari Yayasan Gerontologi Abiyoso, senam pernapasan, senam tera, senam pernapasan, senam asma, Asosiasi Pelatih Senam Indonesia (APSI) Sidoarjo, serta cheerleader. Selanjutnya, Reog Singoyudho Dharma Bhakti, Gedangan, ikut menghibur masyarakat Sidoarjo.

Gerak jalan dan pawai budaya kian meriah dengan hadirnya ratusan anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) dengan kostum yang khas dan rancak. Sajian musik patrol juga akan memeriahkan launching FORMI Sidoarjo ini.

Lima tahun terakhir, saya melihat banyak organisasi, perkumpulan, asosiasi, paguyuban, forum, dewan kesenian, dewan kerajinan... dan sejenisnya yang dideklarasikan di Sidoarjo. Tapi, biasanya, setelah deklarasi atau seremoni pengukuhan yang meriah, organisasi itu mandek. Tak ada kegiatan sama sekali. Bahkan, papan nama dan sekretariatnya pun tak ada.

Saya khawatir FORMI Sidoarjo pun bakal mengalami nasib seperti itu. Apalagi, federasi ini sangat didominasi birokrat dari Pemkab Sidoarjo. Ada elemen civil society seperti Njoo Tiong Hoo (pembina barongsai dan liongsai), I Nyoman Anom (kesenian Bali), atau Imam Supii (reog ponorogo), tapi jumlahnya tidak banyak. Kesan bahwa FORMI ini sebuah organisasi yang top down sangat terasa.

Mudah-mudahan FORMI Sidoarjo ini ada gunanya bagi masyarakat!



FORMI KABUPATEN SIDOARJO
Jl. Sultan Agung 34 Sidoarjo, Telepon 031-894 1104
Email: formi.sidoarjo@gmail.com,
Website: http://formisidoarjo.blogspot.com
Ketua Umum : MG Hadi Sutjipto
Ketua Panitia : Siswanto
Sekretaris/Seksi Acara : Suwignyo


COPYRIGHT © 2011 LAMBERTUS HUREK

2 comments:

  1. ya kita dukung aj dl apa adanya. setidaknya acara pembukaan kemarin dapat apresiasi masyarakat. terbukti dengan ramenya warga yg menonton. drpd sibuk ngurusi politiknya, mending nikmati hiburannya

    ReplyDelete
  2. Sidoarjo Selalu Kokoh dan Mandiri, walau apapun terjadi.

    http://angkasabumiatlantik.blogspot.com/

    ReplyDelete