01 February 2011

934 Pengunjung Sehari



Sejak terlempar dari 100 besar blog Indonesia tiga tahun lalu, saya tidak pernah lagi mengecek peringkat blog ini. Toh, peringkatnya tidak semakin membaik. Syukurlah, di laman www.hitstats.com, yang saya pasang di pojok kanan atas, jumlah pengunjung blog ini relatif stabil. Ada saja pengunjung baru yang diantar Mbah Google, dan sejenisnya.

Iseng-iseng saya mengklik hitstats.com untuk mengecek statistik kunjungan. Aha, situs ini ternyata memang menyediakan data yang komplet. Setiap kunjungan, meski hampir semuanya diarahkan mesin pencari Google, didata dengan sangat baik. Negara-negara asal pun jelas. Begitu juga dengan browser serta operating system yang dipakai.

Bukan main! Saya terkejut karena BLOG ORANG KAMPUNG, nama kampungan yang sebetulnya tidak keren sama sekali itu, punya pengunjung lumayan banyak. Setiap hari. Bahkan, ada teman menilai blog saya tergolong blog yang hitnya tinggi. Saya sih kurang yakin karena memang tidak pernah melakukan 'studi banding' dengan blog-blog lain.

Saya cek data pengunjung selama 120 hari terakhir, Last 120 Days, yang disediakan hitstats.com. Sejak 1 Oktober 2010 hingga 30 Januari 2011. Wow, selama empat bulan ini jumlah tamu saya ternyata ada 113.973 orang.

Kesimpulan:

Rata-rata pengunjung blog saya 934 orang per hari. Tentu saja, angka ini harus dikurangi hasil 'kunjungan sendiri', ketika mengecek data, membuat postingan baru, atau sekadar iseng membaca kumpulan tulisan-tulisan sendiri. Tapi bagaimanapun juga angka 900 itu cukup tinggi.

Pada 27 Oktober 2010 pengunjung saya bahkan menembus angka 1.628. Untuk ukuran blog pribadi, wong kampung pula, jelas angka yang tidak buruk.

Data statistik yang disediakan hitstats.com untuk blog saya ini sebagai berikut:

Oktober 2010 : 35.675 pengunjung -- rata-rata 1.150 pengunjung per hari. [Oktober merupakan bulan kunjungan selama tahun 2010.]

November 2010 : 30.760 pengunjung -- rata-rata 1.025 pengunjung per hari.

Desember 2010 : 23.493 pengunjung -- rata-rata 757 pengunjung per hari.

Januari 2011 : 24.045 pengunjung -- rata-rata 801 pengunjung. [Data pengunjung 31 Januari 2011 belum tersedia.]


Akankah angka pengunjung tetap stabil sepanjang Tahun Kelinci Emas ini? Tak ada yang tahu.

Internet adalah dunia yang sangat dinamis. Dulu, ketika Facebook belum ada, blogging menjadi aktivitas yang menyenangkan, hobi buat banyak pengguna internet, khususnya di kota-kota besar. Komunitas blogger muncul di mana-mana. Setiap tulisan di blog biasanya mengundang banyak komentar baik yang bernas, setengah berisi, asal bunyi, atau sekadar pesan sponsor. Tapi kini era blog booming pada tahun 2005-2006 itu sudah lama berlalu.

Orang lebih asyik mengurus Facebook dan cenderung menelantarkan blognya. Ada blog musik yang tadinya menulis hampir setiap hari, paling sedikit seminggu sekali, setelah saya cek, ternyata membiarkan blognya mangkrak selama delapan bulan. Delapan bulan, nol tulisan!

Ada blog wartawan senior, sangat terkenal di Indonesia, yang dulu rata-rata 10-16 tulisan per bulan, kini juga tak terurus. Dalam enam bulan, si gurunya wartawan-wartawan muda itu hanya membuat kurang dari 10 tulisan. Maka, saya bersyukur bahwa ternyata blog sederhana ini masih dikunjungi orang-orang yang tersasar gara-gara Mbah Google.

Terima kasih banyak.
Matur sembah nuwun!
Xiexie nin!

No comments:

Post a Comment