16 December 2010

SSO Konser Natal 2010




Menyambut Natal 2010, Surabaya Symphony Orchestra (SSO) menggelar Christmas Concert 2010 di ballroom Hotel Shangri-La, Jalan Mayjen Sungkono 120 Surabaya, Selasa (14/12/2010) malam. Ini merupakan konser ke-66 orkes simfoni yang didirikan Solomon Tong, Suwadji Widjaja, dan Rudi Setiawan pada 1996 itu.

Seperti beberapa konser sebelumnya, besok malam Solomon Tong kembali melibatkan musisi Tiongkok. Di antaranya, Yang Hongzi (pemain erhu) dan Yang Yijuan (pemain guzheng) dari Chongqing, Tiongkok.

"Yang Hongzi ini termasuk pemain erhu senior di negaranya. Dia juga dikenal sebagai guru musik yang sudah berhasil mencetak banyak musisi muda," ujar Solomon Tong, dirigen SSO.

Adapun Yang Yijuan, yang juga guru guzheng di Little Sun School Surabaya, sudah tak asing lagi bagi penggemar SSO. Nona Tiongkok ini pernah diajak Solomon Tong untuk mengisi konser Natal bersama SSO tahun lalu.

Selain memamerkan kebolehannya bermain guzheng, sejenis sitar, Yijuan pernah melantunkan lagu tradisional negaranya.

Menurut Tong, sejak didirikan 14 tahun silam, SSO memang punya banyak penggemar yang suka lagu-lagu dan musik khas Tiongkok. Karena itu, Tong selalu memasukkan komposisi khas Tiongkok di konser-konser SSO.

Selain itu, seperti biasa, SSO menampilkan petikan opera, concerto, serta paduan suara. Nah, kali ini Tong mengundang Geoffrey Saba, pianis senior yang tinggal di London, Inggris. Geoffrey membawakan Piano Concerto No 1 in E Minor Op 11 karya F. Chopin. Tong berharap para penggemar musik klasik di Surabaya bisa mengapresiasi concerto piano Geoffrey Saba.

Nuansa kegembiraan khas Natal ditampilkan Surabaya Oratorio Society (SOS), paduan suara gabungan gereja-gereja di Surabaya, dalam lagu O Kota Kecil Bethlehem, Malak Surga Benyanyilah, O Datang Imanuel, While Shepherd Watch Their Flocks, Hark! The Herald Angels Sing. Juga ada kantata Natal karya John W Peterson berjudul The Wonder of Christmas.

Tak ketinggalan, Tong menampilkan beberapa solis andalannya seperti Pauline Poegoeh (sopano), Dewi Endrawati (mesosoprano), Robert Soewanto (tenor), Jusuf Suradi (tenor), dan Samuel Tong (bas).

Solomon Tong optimistis konser akhir tahun 2010 ini diminati penggemar musik klasik, khususnya umat kristiani di Surabaya dan sekitarnya. (*)

No comments:

Post a Comment