03 June 2010

Gereja Satu Jam Saja





Sejak Februari 2010, Pendeta Samuel Gunawan membuka gereja baru yang unik. Gereja Satu Jam Saja, nama gereja ini, menyelenggarakan kebaktian rutin setiap Ahad di Gramedia Expo, Jalan Basuki Rahmat Surabaya.

Meski baru lima bulan berdiri, menurut Samuel, gereja ini sudah banyak menarik perhatian jemaat dari Kota Surabaya dan sekitarnya. Buktinya, kebaktian mingguan itu digelar sampai 1o sesi. Sekadar perbandingan, misa di gereja-gereja Katolik di Surabaya atau kebaktian di gereja Protestan, Pentakosta, Karismatik, etc... di Surabaya paling banyak empat atau lima sesi.

"Puji Tuhan, banyak jemaat yang tertarik dengan tawaran kami. Rupanya, orang kota yang sibuk sangat cocok dengan konsep kebaktian satu jam saja," ujar Samuel Gunawan yang saya hubungi, Kamis (3/6/2010).

Mengapa disebut 'Satu Jam Saja'?

Berdasarkan pengalamannya sebagai evangelis, Samuel menemukan fakta bahwa banyak orang Kristen di kota-kota besar yang mulai enggan ke gereja pada hari Minggu karena kebaktian terlalu lama. Khotbah, puji-pujian, kesaksian, doa-doa... makan banyak waktu.

Selain itu, sering kali lama kebaktian sangat sulit ditebak. Karena itu, Samuel memberanikan diri untuk membuka gereja dengan konsep satu jam.

"Kebaktiannya tidak berpanjang-panjang, tapi padat dan efektif. Puji-pujian, pembacaan Alkitab, khotbah, dan sebagainya kami padatkan. Yang penting, inti kebaktian tidak hilang," tegasnya.

Bahkan, jikapun ada bintang tamu yang diundang untuk memberikan kesaksian, pengelola gereja ini mengatur sedemikian rupa agar durasi kebaktian tetap satu jam. Belum lama ini, misalnya, pelawak Polo dari Srimulat Jakarta diminta memberikan kesaksian tentang pengalaman imannya. Meskipun kesaksian Polo ini menarik, ada bumbu lawaknya, durasinya diatur sedemikian rupa sehingga lama kebaktian tetap satu jam.

"Harus satu jam, karena jemaat di luar sudah menunggu untuk sesi berikutnya," ujar Samuel lagi.

Sejumlah jemaat mengaku pas dengan konsep kebaktian yang singkat dan padat ala Gereja Satu Jam Saja. Dan, sesuai dengan keinginan Samuel Gunawan, banyak jemaat yang tadinya aras-rasan ke gereja makin semangat ikut kebaktian.

"Saya sudah beberapa kali ikut kebaktian di gerejanya Pak Samuel dan cocok. Kalau kebaktian terlalu lama, kita yang susah. Apalagi, kalau lagu-lagunya diulang-ulang dan berpanjang-panjang," kata Tante Xin Lan, pengusaha berusia 60-an tahun.

Bagaimana komentar Anda?

60 comments:

  1. Tuhan tidak melihat berapa lama kita beribadah, Dia melihat apakah kita melakukan apa yg telah difirmankanNya. Semoga dengan ibadah sepekan satu jam saja kita bisa mengerti dan melakukan firmanNya.

    ReplyDelete
  2. seharusnya ibadah itu untuk dinikmati bukan serba tergesa - gesa,,,lebih baik satu hari di rumah Tuhan daripada seribu hari di tempat lain. Jadi alasan bahwa ibadah di gereja biasa terlalu lama itu seperti dibuat2 saja.

    ReplyDelete
  3. aneh.... itu pertama kali yg ada dalam benak pikiranku mengenai poster Gereja Satu Jam Saja....

    ReplyDelete
  4. Gereja yg unixx.. :p

    ReplyDelete
  5. anda datang, anda mencoba, smg firman yg disampaikan masuk ke dlm hati kita semua

    ReplyDelete
  6. very interesting church. one day I want to go there....

    ReplyDelete
  7. Ketemu Tuhan kok gak mau lama-lama? Memuji Tuhan dan mendengarkan firman kok maunya cuma 1 jam saja?
    Orang-orang yang tidak betah lama-lama di Gereja, nantinya juga tidak akan betah lama-lama di surga.

    Orang yang hatinya murni mengasihi Tuhan, justru akan rindu merindukan persekutuan yang lama dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  8. Beribadah pada Tuhan kok maunya yang cepat? Memuji Tuhan dan mendengarkan firman kok maunya hanya 1 jam saja?

    Orang yang tidak betah lama-lama beribadah, nantinya juga tidak akan betah lama-lama di surga.

    Orang yang memang murni mengasihi Tuhan, justru akan merindukan persekutuan yang lama dengan Tuhan. Tidak akan puas dengan 1 jam saja.

    ReplyDelete
  9. Pendeta Samuel Gunawan berkompromi dengan keinginan daging dari manusia dunia yang lebih mencintai pekerjaan, kenikmatan semu dan hedonisme lainnya dibandingkan duduk dibawah kaki Yesus,berdoa dan mendengarkan firmanNya. Sungguh mengecewakan.

    ReplyDelete
  10. konsep satu jam saja ada dalam firman Tuhan : tidak sanggupkah berjaga-jaga satu jam saja.
    firman Tuhan yang disampaikan tidak perlu berlama-lama, Firman yang berkuasa ditabur tidak pernah kembali dengan sia-sia, Firman Tuhan adalah Allah sendiri, jika Allah bekerja walaupun hanya satu jam saja, semuanya memperoleh berkat yang luar biasa. kehidupan kita seluruhnya milik Tuhan, jadi bukan saja waktu kita digereja, tetapi diluar gerejapun adalah ibadah kita.

    ReplyDelete
  11. aq salut sama pak samuel yg membuka gereja kayak gini. gak usah diperdebatkan merek 'satu jam saja'. yg penting ada usaha utk membawa jemaat kpd Tuhan Yesus. GBU.

    ReplyDelete
  12. Timotius Jimmy Tan1:21 AM, May 10, 2011

    Anonymous said...

    Pendeta Samuel Gunawan berkompromi dengan keinginan daging dari manusia dunia yang lebih mencintai pekerjaan, kenikmatan semu dan hedonisme lainnya dibandingkan duduk dibawah kaki Yesus,berdoa dan mendengarkan firmanNya. Sungguh mengecewakan.
    4:36 PM, December 14, 2010
    Anonymous said...

    konsep satu jam saja ada dalam firman Tuhan : tidak sanggupkah berjaga-jaga satu jam saja.
    firman Tuhan yang disampaikan tidak perlu berlama-lama, Firman yang berkuasa ditabur tidak pernah kembali dengan sia-sia, Firman Tuhan adalah Allah sendiri, jika Allah bekerja walaupun hanya satu jam saja, semuanya memperoleh berkat yang luar biasa. kehidupan kita seluruhnya milik Tuhan, jadi bukan saja waktu kita digereja, tetapi diluar gerejapun adalah ibadah kita.
    10:32 PM, February 20, 2011
    Anonymous said...

    aq salut sama pak samuel yg membuka gereja kayak gini. gak usah diperdebatkan merek 'satu jam saja'. yg penting ada usaha utk membawa jemaat kpd Tuhan Yesus. GBU.
    11:04 AM, February 21, 2011

    Saya hargai pendapat Anda, tapi coba Anda berpikir jernih kembali. Kita kerja dalam satu minggu bisa sampai 30/40/50 jam dalam seminggu. Sedangkan masak ke rumah Tuhan hanya 1 jam dalam seminggu? Penyembahan terlalu cepat,pujian terlalu cepat,kotbah terlalu cepat.

    Anak-anak Ujian / Ulangan saja tidak cukup waktu mengerjakan satu jam. Apalagi ke rumah Tuhan?

    Beberapa mengatakan bahwa di akhir-akhir zaman banyak nabi-nabi palsu yang tidak kentara, saya jadi berpikir, apakah salah satu nabi palsu adalah penyelenggara gereja ini?

    Anda bisa e-mail saya di timotiusjimmytan@gmail.com

    ReplyDelete
  13. wow, sangat unik dan mungkin cocok dengan kondisi sekarang yang perlu waktu yang cepat, karena waktu berjalan cepat, tapi ok lah, kapan2 aku ke sana, hari ini liat brosurnya pengin kesana.

    ReplyDelete
  14. masing-masing punya pendapat dan cara, its ok ..
    percayalah Tuhan melihat ketulusan hati termasuk untuk pekerjaanNYA, biar Tuhan saja yang menilai. kita tidak perlu menghakimi. saya sering kesana, ternyata Tuhan kirim banyak jiwa loh, bahkan pada jam-jam tertentu ruangannya tidak cukup harus nambah kursi lagi. Nama Tuhan dipermuliakan...

    ReplyDelete
  15. yah, benar biar Tuhan yang menilai.
    amin.

    ReplyDelete
  16. Cukuplah satu jam...kalau kurang, ikut aja sessi berikutnya, jadi dua jam....masih kurang ? ikut lagi sessi berikutnya....gitu aja kok repot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiipp.. Setuju.. Kalo pengen lama tinggal tambah aja stay di sana..
      Lagian meskipun kelihatannya singkat, yg dinilai kan hatinya. Apakah hatimu benar2 melekat kepadaNya ?

      Delete
  17. menurut saya, lama atau cepat yang penting kan hatinya...

    ReplyDelete
  18. konsep gereja yang benar-benar idiot...
    kompromi sekali dengan keinginan daging manusia,alasan konsep 1 jam saja dalam Alkitab buat saya itu hanya sebagai tameng...Tuhan memberkati kita tanpa mengenal waktu,.bahkan di saat mendesak dan saat yang paling tidak di duga sekalipun...dan buat saya,Gereja 1 jam saja adalah penghinaan dan pelecehan besar buat Tuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju bahwa kita harus beribadah di Gereja pada hari minggu (Kewajiban kita). Tetapi memuji, memuliakan nama Tuhan dan membaca firmanNya kan harus dilakukan setiap saat dalam hidup kita. Itu yg penting bro.. bukan 1 jam atau 2 jam nya.. Apa hidupmu sudah berkenan bagiNya ? Siapa yg merasa tidak berdosa silakan melempar batu terlebih dahulu..

      Delete
    2. mirip lagu "satu jam saja" , ayo2 gereja lain khawatir jemaat pindah nih ye.. rebutan jemaat hal biasa terjadi kok, tergantung promosi dan konsepnya.,. dan bintang tamunya hehee

      Delete
  19. gereja satu jam ala mr samuel terbukti laris manis. buktinya sekarang dia menambah beberapa sesi kebaktian di grand city surabaya. benar2 jitu membidik pasar jemaat baru, org2 kristen yg punya paham sama dengan mr samuel.

    pendapat org kan beda2, mari kita saling hormat... GBU all!

    ReplyDelete
  20. Saya kok sgt curiga dgn gereja ini, gereja 1 jam seakan akan mendukukung keinginan daging manusia, dan saya lihat dasar firman tuk mendirikan gereja tersebut sgt tidak masuk akal. Maka saya sangat yakin bahwa gereja itu tidak memiliki doktrin yg kuat, kualitas jemaat sgt randah....
    Apakah pendiri gereja ini tidak sekolah Teologi ??
    Thanks... Perbaiki doktrin anda...

    ReplyDelete
  21. hari minggu adalah hari sabat....

    trus slogan gereja saya baca di koran "kami menghargai waktu anda"

    Hargailah Tuhan....
    Sesat..

    ReplyDelete
  22. jangan menghakimi, biarlah hanya Tuhan.
    kita tidak layak menghakimi.

    ReplyDelete
  23. Matius 5:20.....Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup
    keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup
    keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang
    Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke
    dalam Kerajaan Sorga.

    ReplyDelete
  24. daripada mendebat, lakukan yang nyata .... akan lebih baik dampaknya .... Ibrani 6:1-5
    6:1
    Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas
    pertama dari ajaran tentang Kristus dan
    beralih kepada perkembangannya yang penuh.
    Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan
    dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan
    dasar kepercayaan kepada Allah,
    6:2
    yaitu ajaran tentang pelbagai pembaptisan,
    penumpangan tangan, kebangkitan orang-orang
    mati dan hukuman kekal.
    6:3
    Dan itulah yang akan kita perbuat, jika Allah
    mengizinkannya.

    ReplyDelete
  25. Saya tunggu perkembangan berikutnya Pak Pendeta..."Gereja 10 menit saja"....very2 excited

    ReplyDelete
  26. Pendeta Samuel Gunawan adalah seorang abdi Allah yang setia dan tidak mungkin dia menyimpang dari jalan Tuhan dan mengecewakan Nya.. Saya mengenal beliau secara pribadi sejak dia masa mudah nya, bahkan saat beliau mengadakan KKR Rally Doa di gedung Tambak Sari yg di hadiri lebih dari 10.000 orang... Saya tahu beliau dan seisi rumah nya menlayani dan mencintai Tuhan sangat luar biasa.. Kalau minggu ga pernah pulang, seharian di gereja.. Bahkan Pak Samuel Gunawan kotbah 14x setiap minggu.. Kita rekan sama" orang Kristen jangan saling berperang/berdebat, karena musuh kita bukan sesama manusia tetapi musuh kita adalah yang si jahat/iblis... Mari kawan" kita satukan hati untuk berdoa bagi semua pelayanan pengjangkauan jiwa" di Indonesia, karena waktunya segera tiba, Yesus akan datang kembali untuk mengangkat bukan orang" berseru padaKu Yesus, Yesus! tetapi mengangkat dia yang melakukan Kehendak Bapa (Matius 7:21). Salam Damai, Shallom, GBU JLU

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget....jangan saling menghakimi dan menuduh dulu....

      Delete
  27. Benar, tujuan kita bersama memuliakan nama TUHAN YESUS.
    satu tujuan jangan berdebat, cara boleh beda tapi satu tujuan.
    SALAM DAMAI SEJAHTERA.

    ReplyDelete
  28. dari pada ber asumsi yang malah memecah belah sesama orang percaya.. mending dateng aja ke gerejanya n ikutin ibadahnya.. di berkati bersyukur.. kalo gak ya udah.. kalian ributin hal yang gak penting deh menurutku.. mana2 Tuhan panggil.. mungkin aja di buat gitu konsepnya biar orang2 Kristen yang rata pemalas ke gereja dengan dalih gereja itu kelamaan, jadi gak punya alasan lagi buat gak ke gereja...

    ReplyDelete
  29. sebetulnya nggak masalah , selama itu masih dalam koridor prinsip iman kita
    jangan menghakimi ... semua Tuhan yg menilai ..
    apa kebaktian itu ditrima Tuhan gbu all

    ReplyDelete
  30. gereja mana pun pada intinya sama, membuat kita lbh intim .... jangan diperdebatkan, yg penting tujuan kita sama, memuliakan Dia ...

    ReplyDelete
  31. hebat n keratif yg bikin gereja satu jam.
    ide bagus untuk bikin GEREJA SETENGAH JAM SAJA.

    ReplyDelete
  32. banyak yang menghakimi nih kayanya comment di atas... saya sih netral aja... semua ada sisi positif dan negatif nya. yang penting hati setiap orang bagaimana. mau ke yang 1 jam, 2 jam atau mau seharian di gereja itu pribadi masing2 asalkan tetap bersukacita. ada amin saudara2?

    ReplyDelete
  33. Jika orang berkata 1 jam itu tidak cukup, kenapa kok ga ikut 10x kebaktian? Itu pasti bisa memuaskan rindu orang kepada Tuhan. Banyak sekali anak-2 muda Gereja Satu Jam Saja yang melayani 10x, dari pagi sampai malam bahkan ada yang jam 7 sudah datang ke Gereja cabang untuk melayani dan lanjut sampai menjelang malam dan mereka katakan bahwa habis seharian di Gereja, mereka ON FIRE. Jika orang yang sok2 rohani katakan bahwa 1 jam itu kurang, silahkan datang 10x kebaktian, tidak mengasi persembahan juga tidak masalah buat Gereja karena kebaktian dibuka bukan untuk mencari persembahan. Cobalah sekali2 datang ke Gereja kami, Tuhan hadir dan pasti diberkati. :) Jesus Loves You!

    ReplyDelete
  34. Konsen 10 menit saja sulit buat saya, 60 menit tambah lebih Sulit. 2 jam jauh lebih sulit..
    Saya super sibuk Dalam pekerjaan, mungkin konsep pendiri gereja ini untuk memfasilitasi orang yang sangat sibukk..
    Pingin bisa konsen denger suara Tuhan lebih lama dari 10 menit, tapi saya cuma bisa konsent ndak lebih 10 menit,
    Salut buat temen temen yang bisa tahan konsent lama.... Tuhan pasti sayang sama kalian.

    ReplyDelete
  35. Saat ini kami sekeluarga mengikuti kebaktian digereja satu jam saja di Grand city surabaya.
    Banyak sekali berkat Tuhan yang kami rasakan.
    Ada perubahan yang luar biasa dalam hidup kami: Rumah tangga kami diberkati,kesehatan, Keluarga, Bisnis.. semua diberkati TUHAN dengan luar biasa.
    Kami makin setia dengan TUHAN YESUS, semua karena pelayanan pdt.Samuel di GerejaNYA.. Gereja Satu Jam Saja.. lalu apa yang salah dengan konsep gereja ini???. Saya bisa melihat dan merasakan mujizatNYA disini.
    Salam Damai Sejahtera. GBU all.

    ReplyDelete
  36. saya pikir utk setiap pengkritik harusnya merasakan dulu bagaimana konsep ibadah di gereja ini... sejauh hal prinsip spt memuji Tuhan dan kebenaran Firman Tuhan disampaikan, maka hal ini tidak apa2 dilakukan... bukankah pak samuel gunawan sdh memberikan pengantar kalau hal prinsip tetap dilakukan tapi jg mengakomodasi para jemaat utk memberikan waktu juga pada Tuhan... finally, saya pikir konsep spt ini tetap akan maju karena pak samuel tahu kebutuhan jemaat era sekarang...

    ReplyDelete
  37. coba kalian semua pikirkan pertanyaan saya ini

    idealnya berapa jam kita beribadah kepada Tuhan? apakah hubungan kita dgn Tuhan dibatasi oleh waktu?

    jadi menurut saya sejauh ibadah terdapat Firman Tuhan dan Kristus hadir di sn, maka konsep ibadah 1 jam saja msh bisa dipertanggung jawabkan... daripada ibadah 2 jam tapi jemaat tidak serius mengikutinya

    ReplyDelete
  38. Kawan2 mari jgn saling menghakimi dong. Saya pribadi juga ke Gereja Satu Jam Saja dan bertumbuh secara rohani di sana. Pdt. Samuel bukan Pendeta yg tiba2 muncul dalam waktu satu malam. Beliau sudah puluhan tahun menggembalakan gereja dengan jam kebaktian pada umumnya yaitu 1,5 jam hingga 2 jam. Hingga skrg pun masih ada gereja nya, saya juga ke gereja beliau yang di jalan wijaya kusuma dengan kebaktian 1,5 jam hingga 2 jam tersebut. Kadang bila waktu tak memungkinkan saya ke GSJS (Gereja Satu Jam Saja) yg di Grand City.

    GSJS memang ditujukan pada umat kristiani yg memiliki keterbatasan waktu. Kan lebih baik beribadah walau hanya sejam daripada tidak sama sekali kan? Yang penting kan hatinya.

    Mungkin perlu diketahui bahwa 1 jam kebaktian terdiri dari 20 menit praise & worship, 30 menit firman, dan 10 menit sisanya untuk persembahan, doa, dan doa berkat.

    Intinya lebih baik firman 30 menit yg tepat pada intinya daripada firman 40 menit hingga satu jam tapi bertele2.

    Ide ini pun Tuhan yang kasih kok, kita sebagai umatnya lebih baik tidak menghakimi siapa pun. Jika memang kawan2 lebih suka kebaktian dengan durasi 2 jam ya silahkan saja. Yang penting ya kerinduan hati dan niatnya dalam mencari Tuhan.

    Salah seorang keluarga saya bertumbuh begitu pesat rohaninya di gereja ini, padahal sebelumnya beliau ke gereja dengan durasi 2 jam. Menurut saya pribadi yang penting bukan durasinya tapi marilah kita arahkan pandangan kita pada Tuhan Yesus.

    Tuhan Yesus memberkati!

    ReplyDelete
  39. SAYA LEBIH SUKA YANG SINGKAT PADAT JELAS JANGAN SUKA MENGHAKIMI YA JANGAN JANGAN ANDA TIDAK MENDENGAR PANGGILNNYA KARENA KEASIKKAN MENGKRITIK GEREJA 1 JAM SAJA HA HA AHA INTROSPEKSI YA





    ReplyDelete
  40. COBA DULU BARU TAHU MANFATNYA DIADAKAN GEREJA DURASI 1 JAM SAJA ya

    ReplyDelete
  41. Membaca perdebatan2 tentang agama, diatas, saya hanya bisa mengutip lagunya Hetty Koes Endang :
    Berdiri bulu romaku
    Merinding kulit tubuhku

    ReplyDelete
  42. relaks saja yang penting kita sudah terdaftar di buku KERAJAAN SURGA TINGGAL KAPAN KITA DIUNDANGNYA AYO BERITAKAN KASIH TUHAN YESUS YA SUPAYA SEMUA ORANG BISA MASUK KERAJAANNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa luas kerajaan surga yang anda promosikan ?
      Jika semua manusia ( 7,2 Milliard ) ingin daftar kesana, apakah cukup tempatnya ? Mohon dijawab, sebelum saya dan istri, plus 4 anak, plus menantu, plus cucu, ingin mendaftar kesana. Jika berkenan harap ditulis dengan huruf yang besar, agar saya tidak salah lihat.
      Berapa ongkos transportasi kesana, naik Boeing, Air Bus atau Concorde ? Kamsia, YA !

      Delete
  43. tidak ada yang salah ketika itu semua sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan, yang salah adalah ketika kita keluar dari perintah Tuhan Yesus

    ReplyDelete
  44. Bukankah gereja Protestan dan Katolik juga ibadahnya satu jam? Kok jadi rame? Aneh ya.

    ReplyDelete
  45. Saya mendapatkan banyak berkat dari GSJS. Apalagi setelah bertukar pikiran langsung dengan Pak Samuel, betapa dalam hidupnya beliau sangat mengandalkan Tuhan dan hidupnya hanya untuk memuliakan nama Tuhan.

    ReplyDelete
  46. susahnya memberikan waktu bagi Tuhan... Tuhan sudah kasih berkat dan karunia-Nya seminggu penuh, kok kita menghadap Dia dgn dibatasi oleh waktu...

    ReplyDelete
  47. ada lagi gereja model ini, bgmana nasib gereja2 lawas?

    ReplyDelete
  48. Cocok... enak khotbahnya cuma 20 menit... untuk kristen "baru" lebih baik disarankan ke gereja 2 jam... kalo yang dah lama gereja ya enakan gsjs

    ReplyDelete
  49. Semua komen di konsep 1 jam saja. Ngga ada yg komen ttg Pdt. Samuel Gunawan yg pernah kena kasus di Surabaya thn 1998. Kasusnya masuk Jawa Pos krn ada satu jemaatnya yg gadis cantik meninggal dunia di kamar hotel waktu berduaan dgn Pdt. Samuel Gunawan. Jenazah gadis cantik ini kemudian dibawa dan ditinggalkan begitu saja di depan rumah sakit oleh Pdt. Samuel Gunawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... iku cerito lawas yg menggegerkan surabaya jaman biyen.
      Jarene kitab: roh itu penurut tapi daging lemah...
      Berat melawan godaan daging. Jarene bapa pendeta.

      Delete
    2. Kalau pendeta protestan non-denominasi kena kasus, berapa lama kmdn bisa buka gereja lagi. Dikasi merek yang lain aja, beres. Kalau yang mainstream macam GKJW, Katolik, gak iso, cak, dan itu menjadi aib Gerejanya, bukan individu pastornya. Ikulah enake dadi pendeta protestan non denominasi.

      Delete
    3. Jarene wong jowo: Gusti ora sare... pokoke dilakoni ae urip iki. Bapak pendeta wuakeeh berkate melimpah ruah... amin!! Haleluya!!!

      Delete
  50. Lah penulis blog nya ternyata tahu kasusnya Pdt. Samuel Gunawan. Kenapa ngga ditulis sekalian? Kan seru tuh hehehe

    ReplyDelete