11 May 2010

HUT Makco di Sidoarjo



Peringatan ulang tahun ke-1.051 YM Tian Siang Bo di Klenteng Tjong Hok Kiong Sidoarjo berlangsung meriah. Sejak Kamis (6/5/2010) petang, jemaat berdatangan di klenteng yang beralamat di Jalan Hang Tuah 32 Sidoarjo itu.

Sejumlah ruas jalan di kompleks pecinan Sidoarjo itu pun macet saking banyaknya warga setempat yang ikut menikmati 'pesta rakyat' setahun sekali itu. Sebab, di luar halaman klenteng disediakan panggung khusus untuk pergelaran wayang kulit semalam suntuk.

Beberapa seniman rakyat juga memeriahkan perayaan HUT Makco, sang dewi samudera ini, dengan tari-tarian di pinggir jalan. "Suasananya asyik, kayak pasar malam," ujar Haryanto, warga Surabaya yang baru pertama kali menyaksikan atraksi kesenian di halaman Klenteng Tjok Hok Kiong.

Diawali atraksi wayang potehi dengan dalang Ki Subur, barongsai dan Liang-Liong dari Lima Naga Surabaya tampil atraktif menghibur jemaat dan warga sekitar klenteng. Makin malam, Gema Band dari Jombang mengiringi sejumlah penyanyi lokal serta Mei Ling, penyanyi terkenal asal Madiun.

Tari-tarian Flamboyan Dance Grup Surabaya pun terlihat rancak. Mereka menampilkan modifikasi tarian bernuansa Tionghoa, Indonesia, dan Eropa (balet). Di sela-sela acara dilakukan penarikan undian berhadiah. Inilah yang membuat penonton rela bertahan di tempat duduknya hingga larut malam.

Ketika sebagian besar warga Tionghoa kembali ke rumahnya masing-masing, sekitar 100 orang masih bertahan di depan panggung wayang kulit. Mereka tampak asyik menikmati wayang yang dimainkan Ki Sugilar meski dalang asal Mojokerto itu tak banyak melontarkan guyonan. (rek)

No comments:

Post a Comment