04 May 2010

CICAK vs CECAK, LIVER vs LEVER

Sejak masih di sekolah dasar di Flores Timur, saya mengenal kata CECAK dalam bahasa Indonesia. Orang-orang di Flores, atau Nusa Tenggara Timur umumnya, terbiasa menggunakan kata CECAK dan bukan CICAK. Meskipun ada lagu kanak-kanak CICAK-CICAK di dinding, kata CECAK dianggap paling benar dan baku.

Di kamus-kamus bahasa Indonesia, termasuk kamus baku, halaman 198, kata CECAK yang dianggap baku. Tapi mengapa akhir-akhir ini kata CICAK -- dalam konteks CICAK lawan buaya -- lebih populer dan dipakai di media-media utama? Mengapa ucapan Irjen Susno Duadji yang informal itu, CICAK, akhirnya mengalahkan CECAK yang baku?

Saya tidak tahu. Bisa jadi CICAK bakal menggeser CECAK sebagai kata baku. Yang jelas, mayoritas orang Indonesia di Pulau Jawa memang lebih lazim menggunakan CICAK ketimbang CECAK. Beda dengan orang NTT yang lebih suka menggunakan CECAK.

Rupanya, orang Flores lebih dekat dengan bahasa baku meskipun jarang mengenal kamus baku. Hehehe....

Kata lain yang populer di Jawa Timur di koran-koran adalah LIVER alias hati alias hepar. Organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Begitu banyak orang yang sakit, kemudian meninggal, gara-gara gangguan LIVER alias LEVER itu.

Seperti juga CECAK dan CICAK, para pelajar dan tentunya guru-guru di Flores sejak dulu bilang LEVER, bukan LIVER. Tulisannya LEVER, juga dibaca LEVER, kedua-duanya pakai E benar. Khas orang Indonesia Timur yang sering kali susah membedakan E pepet dan E benar.

Saya cek di kamus baku, halaman 667, kata LEVER yang dianggap benar. Hanya saja, ucapannya berbeda dengan orang Flores. Yang betul: Huruf E pertama dengan E benar, sedangkan E kedua dengan E pepet. Kata LIVER di halaman 679 dianggap tak baku. Dus, harus dirujuk ke LEVER yang baku itu.

Lantas, mengapa kata yang tak baku mengalahkan yang baku? Apakah para redaktur, khususnya editor bahasa, tidak sempat mengecek kamus? Atau, apakah ada kesepakatan untuk menggunakan LIVER yang memang lebih populer di Jawa?

Entahlah.

Tapi mengapa di koran-koran besar di Indonesia saat ini yang dipakai kata LIVER, bukan LEVER?

2 comments:

  1. Curious George7:11 AM, May 05, 2010

    Nek nganggo boso Suroboyo: cecek (dua duanya pepet). Hayo!

    ReplyDelete
  2. Yang paling bagus ya harus pake ejaan yang benar, masalah logat atau dialek bisa beda. Singkatnya ejaan harus baku, ucapannya serahkan ke lidah masing2. Bagaimana sedulur?

    ReplyDelete