10 April 2010

Melihat Artis Dangdut Bersolek


Artis dangdut lagi bersolek sebelum manggung di Sidoarjo

Saya sering berada di belakang panggung untuk memperhatikan artis-artis mempersiapkan diri sebelum naik panggung. Para penyanyi dangdut di Jawa Timur, khususnya yang di bawah 20 tahun, kebanyakan ditemani mama, tante, atau kerabatnya.

Si mama ini fungsinya banyak. Bisa jadi juru rias, pembawa bedak dan alat-alat kosmetik, teman bicara, pengawal pribadi, pembawa pakaian panggung, aksesoris, hingga tukang pijat dan manajer. Mereka juga yang mengurus makanan atau minuman untuk si biduanita.

Berada di belakang layar, khususnya di panggung dangdut sederhana, kita bisa melihat "wajah asli" si artis. Wajah yang polos, lugu, belum dibalut bedak tebal dan aneka kosmetik.

Kita bisa lihat tahi lalat, jerawat, rambut asli, dan sebagainya. Wajah artis di atas panggung atau di layar televisi sangat berbeda dengan aslinya. Setelah dirias, wajah si artis sangat kinclong. Ketika ada permainan lampu (lighting), amboi, si artis bagaikan primadona. Ditambah goyang dangdut gila-gilaan ala Inul Daratista, laki-laki normal biasanya menghela napas panjang. Ingin rasanya menggapai si biduanita.

Jangan heran kalau para laki-laki rela menghabiskan uang untuk nyawer di artis dangdut di pub atau kafe-kafe malam. Sebab, si artis malam itu ibarat perempuan tercantik di dunia. Belum tahu aslinya si artis. Hehehe....

"Mas, aku jangan dipotret ya? Ntar fotonya saya kasih. Aku punya banyak koleksi fotoku yang bagus-bagus," kata seorang penyanyi dangdut terkenal kepada saya beberapa waktu lalu. Cewek ini memang paling khawatir wajah aslinya dimuat di surat kabar. Bisa merusak pasaran, katanya.

Dan itu bisa dimengerti. Jujur saja, wajah asli vokalis dangdut ini biasa-biasa saja. Macam orang biasa di kampung-kampung di Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, atau Lamongan. Melihat wajah aslinya, bisa dipastikan tak banyak laki-laki yang tertarik. Tapi, ketika sudah diintervensi kosmetik kelas atas, suit-suit... kincong banget.

"Pokoknya, aku perlu waktu minimal satu jam kalau rias," katanya.

Biasanya, artis yang sudah populer, sering masuk televisi, butuh waktu lama untuk merias diri, mempermak wajah, dan sebagainya. Kecuali artis jazz yang lebih suka tampil apa adanya, pakai kaus oblong, celana jins, dan tetek-bengek yang artifisial. Beberapa teman pemusik jazz bahkan tidak sempat mandi sebelum manggung. Hehehe....

Dicky, teman saya yang lama menjadi event organizer (EO), selalu menasihatkan agar para laki-laki tidak silau dengan wajah dan pesona artis di televisi atau di atas panggung. Apalagi pada malam hari. Bahaya! Anda akan kecewa berat!

"Lebih baik Anda melihat wajah aslinya di rumah saat artis itu belum bersolek," katanya.

2 comments:

  1. Lihat orang cantik itu pas bangun dari tidur.
    He he he ................

    Bisa di coba lho .......... ??????

    ReplyDelete