20 March 2010

Gereja Katolik Porong Sidoarjo




Dari Krembung, Sabtu (20/3/2010), saya mampir ke Gereja Santo Andreas di Porong, Kabupaten Sidoarjo. Lokasinya hanya terpaut sekitar satu kilometer dari lokasi bencana lumpur Lapindo. Lia, yang diemani anaknya yang gemuk, menerima saya dengan ramah.

Kami langsung akrab meski barusan kenal. Saya dikasih minum air putih gelasan. Saya lalu bertanya kegiatan umat Katolik di Porong, persiapan pekan suci, jadwal misa, hingga umat yang kena tragedi Lapindo. Lia bilang Stasi Porong menjadi korban langsung lumpur panas.

"Banyak umat di sini yang kena," kata Lia yang berasal dari Ngawi.

Gereja Stasi Porong masuk Paroki Santa Maria Annuntiata Sidoarjo. Usia paroki ini baru 15 tahun. Tapi usia gereja ini lebih tua ketimbang usia paroki induk. Gereja Andreas diresmikan Bupati Sidoarjo Edhi Sanyoto pada 11 Juli 1992, sementara gereja paroki di Jalan Monginsidi 13 Sidoarjo baru diresmikan tiga tahun kemudian.

Jumlah jemaat, sebelum bencana lumpur pada 29 Mei 2006, mencapai 213 kepala keluarga atau sekitar seribu orang. Untuk ukuran stasi atau gereja di pelosok Jawa Timur, Gereja Andreas terbilang cukup besar. Bahkan, bisa dikembangkan lagi menjadi paroki.

Ada dua lingkungan di Stasi Porong ini yang tenggelam gara-gara lumpur. Perumahan Tanggulangin Sejahtera di Kedungbendo itu banyak dihuni umat Katolik. Kini, tak jelas lagi keberadaan mereka. Sudah cari kontrakan baru, bahkan hengkang dari Sidoarjo. "Terasa sekali kalau jumlah umat berkurang," kata Lia.

Saya kemudian masuk ke dalam gereja. Aha, ternyata ada seorang gadis manis yang sedang berlatih main organ. Namanya Ratna, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa). "Saya ini belum lama latihan. Belum bisa main bagus," akunya tersipu malu.

Saya duduk sebentar di dalam gereja sambil membaca sepintas lembaran misa hari Minggu. Oh, ada lagu Mazmur Tanggapan: "Aku wartakan karya agung-Mu, Tuhan...." Lagu pendek ini sangat terkenal di Gereja Katolik. Sementara itu, si Ratna terus memainkan sebuah komposisi yang saya tak tahu apa judulnya. Nikmat juga!

2 comments:

  1. salam kenal ...

    boleh tau alamat lengkapnya gereja ini ?? saya tahun lalu pergi ke sana untuk motret, namun tidak bertemu dengan gereja ini ... saya kurang riset rupanya..

    terimakasih sebelumnya

    cheers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yustinus Agung S12:49 AM, March 26, 2014

      Alamatnya di Jl. Bhyangkari No. 61 Porong. Tepatnya di selatan puskesmas porong.

      Delete