14 December 2009

Wartawan Mati Muda

Makin banyak saja wartawan yang mati muda. Usia teman-teman yang menghadap Tuhan ini umumnya belum 50, bahkan belum 40. Bahkan, di bawah 30.

“Kalau sudah takdir, mau bagaimana lagi?” berkata orang bijak.

Lukmanul Hakim dari Republika meninggal ketika sedang meliput SEA Games di Laos. Vincentia Hanni (Kompas) meninggal karena kanker. Kemudian Yan Arsil (RRI) dan Agus Sofyan (Jurnal Nasional) juga berpulang. Mereka meninggal dalam pekan ini. Selamat jalan, Kawan!

Kita belum cek daftar wartawan yang berpulang dari berbagai daerah di tanah air. Lukmanul Hakim cs yang meninggal hampir bersamaan ini masuk kategori meninggal secara wajar. Karena penyakit, kelelahan, dan sebagainya.

Yang lebih tragis, ada juga teman wartawan yang meninggal secara tidak wajar. “Dihabisi” gara-gara berita yang ditulis di koran atau disiarkan di radio atau televisi. Contohnya: Prabawangsa dari Radar Bali.

Sidang kasus pembunuhan Bung Praba ini sudah berlangsung cukup lama, tapi kasusnya belum juga jelas. Bagaimanapun juga aparat penegak hukum harus benar-benar serius karena kasus ini mendapat perhatian kalangan media di Indonesia. Kita tak ingin kasus pembunuhan wartawan berulang dan berulang lagi.

Atmakusumah Astraatmadja, wartawan senior, guru wartawan, dan mantan ketua Dewan Pers, dalam setiap kesempatan selalu mengimbau wartawan-wartawan muda agar selalu menjaga kesehatan. Makan makanan bergizi. Banyak-banyak minum bir... eh air putih. Istirahat cukup. Relaks. Jangan lupa olahraga.

“Polusi dan tingkat stres wartawan sekarang jauh lebih parah ketimbang zaman saya dulu,” kata Pak Atmakusumah yang diulangi lagi di harian Kompas edisi 14 Desember 2009. “Ini membuat banyak wartawan sekarang meninggal di usia relatif muda.”

Pak Joko Hadiputranto, wartawan senior di Surabaya, sejak dulu prihatin dengan kesehatan wartawan. Setiap bertemu wartawan--entah reporter magang, wartawan muda, senior, hingga sangat senior--Joko selalu bertanya tentang kesehatan dan riwayat penyakit. Pertanyaan-pertanyaan Mas Joko antara lain:

“Selama satu tahun ini kamu sakit berapa kali? Sakit apa? Sudah ke dokter? Bagaimana hasil check-up terakhir? Tidurmu enak nggak? Istri dan anak-anakmu sehat nggak? Sekolahnya bagaimana?”

Hasil survei kecil-kecilan Pak Joko di Surabaya ini mengejutkan. Sebagian besar wartawan ternyata punya riwayat penyakit baik yang kecil, sedang, hingga gawat. Asam urat, ginjal, diabetes, lever, sulit tidur, hingga yang berat-berat macam stroke dan serangan jantung.

“Kalian wartawan yang masih muda-muda jaga kesehatan baik-baik. Ingat, senior-senior Anda, pensiunan wartawan, banyak yang bergelut dengan komplikasi penyakit,” kata Pak Joko.

4 comments:

  1. Pekerjaan wartawan adalah pekerjaan sulit yang tidak semua orang memiliki bakat untuk melaksanakannya dengan baik. Saya sendiri adalah alumni Ilmu Komunikasi dengan program studi Jurnalistik. Saya sangat kagum dengan profesi ini. Tapi tampaknya jalan hidup membawa saya ke jalan yang berbeda.

    Akhirnya, kesukaan menulis itu dituangkan lewat blog sajalah. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Pekerjaan wartawan adalah pekerjaan sulit yang tidak semua orang memiliki bakat untuk melaksanakannya dengan baik. Saya sendiri adalah alumni Ilmu Komunikasi dengan program studi Jurnalistik. Saya sangat kagum dengan profesi ini. Tapi tampaknya jalan hidup membawa saya ke jalan yang berbeda.

    Akhirnya, kesukaan menulis itu dituangkan lewat blog sajalah. Hahaha

    ReplyDelete
  3. Semoga Sukses Segala Kinerjanya


    Salam Sastra

    Kumpulan Puisi Acep Zamzam Noor, Artikel Budaya, Artikel Sastra, Artikel Sosial,

    Artikel Seni, Lukisan Acep Zamzam Noor dapat di update pada Blog

    http://acepzamzamnoor.blogspot.com

    Selamat Berapresiasi
    ----------------------------


    Salam Sastra

    Kumpulan puisi, Kumpulan Cerpen, Artikel Bebas, Gita Lirik, Otodidak Computer

    silakan kunjungi di http://kobongsastracipasung.blogspot.com

    Selamat Berapresiasi
    ------------------------

    Salam musik Indonesia

    band ternama, directory pop, lirik pop, lagu pop, pop lyric, free pop lyric, lirik

    pop gratis, kumpulan lirik pop, lirik pop melayu, tembang pop lengkap ada di

    http://popindonesia.co.cc

    Selamat Bersenandung Ria
    ------------------------------

    Salam Dangdut

    goyang dangdut, directory dangdut, lirik dangdut, jago dangdut, dangdut lyric, free

    dangdut lyric, lirik dangdut koplo, direktori lirik dangdut, hot dangdut lengkap

    bisa dikunjungi di http://goyangdangdut.co.cc

    Terima kasih

    Salam Dangdut

    ReplyDelete
  4. Ijin copas untuk kata-kata di 3 paragraf terbawah. sangat mengena, Pak Hurek :)

    ReplyDelete