18 December 2009

Barbra Streisand - Natal yang Sejuk




Di Indonesia akhir-akhir ini terlalu banyak lagu pop yang nge-beat. Meledak-ledak mengajak orang meloncat. Suasana tegang terus dari awal sampai akhir. Lagu-lagu tenang, santai, ringan macam Ermy Kullit pada era 1980-an dan 1990-an tak ada lagi.

Band-band baru banyak, sehingga kita tak mampu menghafal atau sekadar mengenal satu dua lagunya, tapi musik begitu seragam. Bikin capek!

Kasus yang sama terjadi di lingkungan gereja. Lagu-lagu rohani dalam beberapa tahun terakhir 100 persen sama dengan lagu-lagu pop biasa. Hanya beda di syair. Suasana kebaktian kebangunan rohani kayak konser musik pop. Capek deh!

Ini yang bikin saya malas ikut apa yang disebut KKR, kebaktian kebangunan rohani. Bikin capek! Kita diajak jingkrak-jingkrak melulu. Apa bedanya KKR dengan konser musik pop atau rock di stadion?

Maka, menjelang Natal ini saya suka memutar album Natal yang tenang, santai, tidak meledak-ledak. Khawatir tambah stres. Albumnya BARBRA STREISAND bertajuk Christmas Memories kali ini paling sering saya putar. Pas dengan selera saya yang semakin menjauhi "musik ngak-ngik-ngok" -- meminjam istilah Bung Karno.

Ada 10 lagu di album Natal BARBRA STREISAND yang digarap tahun 2001.

I'll Be Home for Christmas.
A Christmas Love Song.
What are You Doing New Year's Eve.
I Remember. Snowbound.
It Must been The Mistletoe.

Christmas Lullaby.
Christmas Mem'ries.
Grown Up Christmas List.
Ave Maria. Closer.
One God.


Dibalut orkestra dan paduan suara di beberapa nomor, album BARBRA STREISAND ini lebih mengajak kita untuk merenung, refleksi, memaknai kehadiran Sang Immanuel di Hari Natal. Bukan jingkrak-jingkrak atau pesta hura-hura di klub malam.

Simak petikan syair lagu ONE GOD ciptaan Ervin Drake dan Jimmy Shirl:

"Many the ways all of us pray to One God
Many the paths winding their way to One God
Brothers and sisters... there were no strangers
After the work was done"


BARBRA STREISAND menulis catatan pendek untuk lagu ONE GOD ini. Menurut dia, tak peduli bagaimana caramu berdoa, apa pun agama, apa pun keyakinanmu. CINTA adalah fondasi semua agama.

"Itu yang selalu saya yakini," tegas BARBRA STREISAND.

3 comments:

  1. Yang lebih hebat lagi, Barbra Streisand bukanlah orang Kristen, melainkan seorang Yahudi.

    ReplyDelete
  2. album natalnya natalie cole juga bagus dan enak.

    ReplyDelete
  3. Aku juga lebih suka lagu Natal dengan melodi yang tenang dan syahdu, bang Hurek. Tapi jangan syahdu semua. Untuk lagu-lagu yang riang seperti Jinggle Bells, enaknya dinyanyikan dengan irama yang lebih cepat. Yang penting jangan terlalu hingar bingar, nanti malah nggak jadi menyanyi. Jadi berjoget. Hehehe.. Aku suka lagu-lagu Natal Celine Dion dan Boney M.

    Selamat Natal ya untuk bang Hurek dan keluarga

    ReplyDelete