13 October 2009

Heidy Diana dan Avent Christie




Sulit tidur itu ada gunanya juga. Selasa dini hari (13/10/2009), pukul 03.00 lebih, karena sulit tidur saya iseng-iseng menyetel televisi. Aha, SCTV memutar program SOLUSI, semacam mimbar agama Kristen Protestan yang berisi pengalaman-pengalaman rohani atau kesaksian-kesaksian jemaat.

Banyak hal yang kita temukan di SOLUSI. Kita bisa belajar dari pengalaman orang lain tentang cinta kasih, pengampunan, hidup doa, peduli sesama, mukjizat, kuasa Tuhan, dan sebagainya. Bahwa manusia, siapa pun dia, selalu punya sisi-sisi gelap. Bahasa kitab sucinya: "Roh memang penurut, tapi daging lemah."

Kita memproduksi dosa setiap hari meskipun rajin ke gereja, tak lupa berdoa, ikut kegiatan ini itu di gereja, lingkungan, kategorial, dan sebagainya. Nah, SOLUSI banyak mengungkapkan kisah-kisah keseharian macam ini. Siapa saja terkena, entah artis, bekas artis, pejabat, pengusaha kaya, orang biasa....

Saya terkejut melihat SOLUSI menampilkan Heidy Diana bersama suaminya, Avent Christy. Heidy penyanyi 1980-an, artis JK Records, pernah ngetop dengan lagu SYALALALALA MANA BINTANGKU dan ROMANTIKA BERCINTA karya Obbie Messakh. Avent bintang film laga terkenal pada 1980-an. Setelah menikah, keduanya tenggelam. Heidy Diana tak pernah menyanyi lagi. Riwayat Heidy-Avent pun hilang seiring bertambahnya usia.

Ternyata, seperti disampaikan Heidy Diana di SOLUSI, kehidupan keluarga baru ini tak seriang lagu-lagunya. Tak sampai satu tahun Heidy minta cerai karena "kelakuan Avent itu kayak binatang. Dia bukan manusia di mata saya". Lho! Menurut Heidy, meskipun sudah menikah di gereja, Avent suka gonta-ganti cewek.

"Saya memang lemah kalau ada cewek yang manja sama saya," aku Avent di acara yang sama, SOLUSI. Perempuan yang dikencani Avent setelah menikah sulit dihitung saking banyaknya. Belum lagi kegemaran Avent mengonsumsi narkoba. Keluarga tidak diurus. Heidy mengaku menjadi korban kekerasan, bahkan nyaris dibunuh. "Saya bilang silakan bunuh saya. Lebih baik mati daripada hidup bersama kamu," ujar artis lawas yang dikenal murah senyum ini.

Gilanya lagi, Avent terang-terangan membawa wanita selingkuhannya ke rumah dan tidur bersama selama beberapa hari. Sakit hati? Sudah pasti. "Saya itu sudah kayak orang gila. Jalan sendiri ke mal, nggak tahu ngapain di sana. Banyak orang yang tegur saya, saya ketus saja. Saya bukan Heidy Diana! Anda salah," kenang Heidy Diana.

Suatu ketika, di tengah rencana perceraian yang membuncah, Heidy Diana bertemu dengan seorang rohaniwan. Konsultasi. Bicara panjang lebar tentang konflik rumah tangga yang tak karuan. Si pendeta kemudian bicara tentang kuasa pengampunan. Tuhan punya kuasa memulihkan rumah tangga Heidy Diana asalkan ada pengampunan. Dan itu tentu saja tidak mudah.

"Saya disuruh mengampuni suami saya yang kayak gitu?" protes Heidy.

Wanita cantik ini juga diminta lebih banyak berdoa, mendekatkan diri pada Tuhan. Percayalah, bagi Tuhan, tak ada yang mustahil. Dari situ pelan-pelan, makan waktu berbulan-bulan, Heidy mendoakan sang suami agar mau kembali ke jalan yang benar. Heidy minta diberi kekuatan agar bisa mengampuni sang suami.

Nah, suatu ketika Avent mengajak Heidy ikut sebuah kebaktian. Heidy pun seakan tak percaya. "Hah, kok dia mau kebaktian?" tukasnya. Saat kebaktian pasangan suami-istri maju untuk didoakan secara khusus. "Saya mendapat kekuatan dari Tuhan untuk memulihkan rumah tangga saya yang nyaris hancur. Saya janji pada Heidy Diana bahwa saya mau berubah. Saya ingin menata kembali rumah tangga yang selama ini tidak terurus."

Singkat cerita, menurut Heidy Diana, suasana perang di dalam rumah tak ada lagi. Avent tak lagi menekuni "hobinya" mengoleksi perempuan atau narkoba. Dia mulai memperhatikan anak-anaknya. "Saya bersyukur karena keluarga saya dipulihkan oleh Tuhan. Ini berkat yang luar biasa yang selalu saya syukuri," demikian kesaksian Heidy Diana.

Saya melihat wajah Heidy Diana tidak secantik semasa jaya pada 1980-an. Namun, semangat hidup, cintanya akan Tuhan, semangat berdoanya tampak meluap-luap. Haleluya!!!!

6 comments:

  1. kesaksian yg menarik. aq juga kangen sama artis2 lawas kayak heidy diana. kok gak muncul lagi ya??

    ReplyDelete
  2. semalam Heidy Diana tampil di TVRI sama Dian Piesesha dan Chintami Atmanegara, lagu2 lawas yg masih berkesan dan menyentuh.

    ReplyDelete
  3. suaranya HD renyah dan riang... syalalala.. mana bintangku... mana bintangmu....

    ReplyDelete
  4. hidup memang seperti roda pedati: ada masa jaya, kemudian turun, kemudian jad tua dan wassalam. makin tua ya harusnya taubat kembali kepadaNya.

    ReplyDelete
  5. vokalnya HD ceria dan enak... agak beda dgn penyanyi2 JK yg lain

    ReplyDelete