08 August 2009

Slamet A. Sjukur Mengenang Rendra

Oleh SLAMET ABDUL SJUKUR, komponis


Suatu hari dia membawa rekaman CD TROUBLED WATER dan menayangkannya untuk teman-teman di Akademi Jakarta. Pak Kusnadi, ketua AJ waktu itu, juga ikut nonton. Tidak ada tanda-tanda pak Kus akan meninggalkan kita semua minggu depan karena ikut terbakar dalam kecelakaan pesawat Garuda di Yogyakarta.

TROUBLED WATER tentang nasib para nelayan Indonesia di perluasan perairan Australia.

Betapa sengsaranya menjadi nelayan yang turun menurun mencari ikan di laut lepas, tiba-tiba ditangkap kapal patroli Australia karena disalahkan memasuki kawasan negaranya. Perahunya ditembaki dan dibakar, para nelayan digiring ke Australia di interogasi, dimasukkan penjara berbulan-bulan.

Rendra sangat prihatin pada masalah kelautan Indonesia. Suatu masalah yang sangat penting. Tapi sayang tenggelam karena hal-hal lain, termasuk hiruk-pikuk pertikaian kepentingan politik kelas kambing.

Rendra juga punya perhatian khusus pada generasi muda yang diyakininya punya potensi luar biasa. Umumnya angkatan tua memandang mereka hanya dengan sebelah mata, karena dipandang tidak punya pengalaman, baru ingusan.

Tapi Rendra dengan penuh semangat mengingatkan tentang Airlangga yang ketika masih usia 11 tahun sudah dipercayai kakeknya untuk mengatasi berbagai kemelut besar di nusantara. Dan terbukti dapat menyelesaikannya dengan arif dan bijaksana dalam waktu yang singkat.

Masyarakat punya anggapan awam sekali terhadap penyair. Mereka membayangkan penyair kerjanya cuma melamun di tempat sepi dan menuliskan ilhamnya menjadi sajak-sajak untuk dimuat di halaman tambahan berbagai surat kabar. Tidak serius. Beda dengan direktur bank atau para menteri.

Sekolah-sekolah juga tidak mengajarkan bahasa Indonesia sebagai kesadaran yang sangat penting peranannya. Orang cenderung memperhitungkan hidup hanya dari kesibukan yang nampak di luar, sebatas jadwal kerja kantor.

Jakarta, 7 Agustus 2009

(7.8.9 = 24 = 6 = yin, perempuan, bumi, penerima).

No comments:

Post a Comment