05 June 2009

Yahoo! 360° Tutup




Dear Yahoo! 360° customer,
We will be officially closing Yahoo! 360° on July 13, 2009.....



Kabar dari manajemen Yahoo ini bikin blogger, yang menggunakan jasa Yahoo! 360°, terkejut bukan kepalang. Saya juga. Sebab, jauh sebelum menggunakan Blogspot, saya menyimpan banyak naskah di Yahoo! 360°. Foto-foto berkapasitas besar pun ada di situ.

Sebelum Blogspot, Wordpress, Multiply, dan sejenisnya populer, Yahoo! 360° menjadi pilihan banyak blogger karena efektif. Cukup membuka akun e-mail di Yahoo, selanjutnya serba mudah. Memosting tulisan plus foto-foto berukuran besar pun sangat mudah dan cepat. Jauh lebih cepat ketimbang Blogspot dan sejenisnya.

Di Yahoo! 360°, ada mekanisme untuk menyembunyikan blog agar tidak terlacak mesin pencari secanggih apa pun. Karena itu, naskah-naskah saya yang masuk kategori "untuk kalangan sendiri", dokumentasi pribadi, berita/artikel yang belum dipublikasikan, diamankan di Yahoo! 360°. Dan itu sudah saya lakukan sejak 2004.

Apa boleh buat, tiba-tiba datang kabar mengejutkan: Yahoo! 360° akan segera tutup! Kita diminta melakukan antisipasi. Waduh, pusing beta punya kepala. Harus repot meng-copy paste naskah-naskah lama, menyelamatkan foto-foto yang masih dianggap perlu diselamatkan. Kalau tidak, ya, bakal lenyap di jagat maya bersama Yahoo! 360°.

Sebelum ini saya--dan jutaan pengguna internet--juga mengalami kasus yang hampir sama. Yakni, ditutupnya akun sejumlah perusahaan penyedia jasa e-mail gratis. Kali pertama mendapat kursus internet pada 1997 oleh Muhammad Said Hafidz [piye kabare Mas Said? Kayake tambah hebat nang Jakarta?], saya diajar membuat e-mail gratis di MAILCITY.COM.

Alamatku: hurek@mailcity.com. Ini e-mail pertama dalam hidup saya.

Namanya juga mendapat "mainan baru" di jagat maya, saya juga mendaftar e-mail gratis di ASTAGA.COM, SATUNET.COM, MUDIKA.COM, dan KOMPASCYBER.COM. Semuanya pakai nama sederhana: hurek@....com.

Karena dulu kapasitas e-mail gratis sangat terbatas, saya memang memanfaatkan banyak e-mail untuk menyimpan arsip tulisan-tulisan dan foto-foto (yang sudah dikecilkan ukurannya). Blog belum ada. Jika membutuhkan naskah-naskah lama sebagai referensi, ya, tinggal membuka beberapa e-mail gratis itu.

Tapi, apa mau dikata, beberapa tahun kemudian, situs-situs e-mail gratis itu tutup. Ada yang pakai pemberitahuan, ada yang tiba-tiba lenyap begitu saja. Sekian banyak artis pun lenyap bagai ditelan bulan. (Biasanya "ditelan bumi", hehehe....).

Pengalaman ini semakin membenarkan adagium "tak ada yang abadi di dunia". YAHOO, ASTAGA, KOMPASCYBER... dan sebagainya tak bisa lepas dengan mekanisme pasar. Kalah bersaing, rugi, ya, tutup. Tidak peduli berapa juta orang yang menggunakan jasanya untuk e-mail gratis, blog, website, dan segala macam.

Kita, pengguna, Blogspot tidak tahu situs ini akan bertahan sampai kapan. Kita tidak tahu berapa banyak kapasitas Blogspot (juga situs-situs penyedia laman gratis lain) mengakomodasi kebutuhan sekian juta blogger di seluruh dunia.

Lantas, bagaimana nasib ratusan atau mungkin ribuan naskah dan foto yang kita posting jika suatu saat Blogspot harus tutup? Wuihh....

Jikapun kabar buruk itu datang dari manajemen Blogspot, saya sendiri tidak akan kaget. Toh, saya sudah berkali-kali mengalami dengan situs lain. Ingat:

"Tak ada yang abadi di dunia ini. Apalagi di jagat maya!"

2 comments:

  1. Kalau saya, selalu membuat back-up data, bang. Untuk jaga-jaga, saya menyimpannya di hard-disc terpisah. Pilih hard-disc yang kapasitasnya besar. Jadi, kalaupun misalnya suatu hari, blogspot ini juga 'runtuh' ^_^ saya masih punya 'reruntuhannya' kan? Hehehehe

    Salam

    ReplyDelete
  2. Wah wah wah...bisa dibayangkan bagaimana sibuknya bang Bernie sekarang ya...memback-up data2 dan foto dari Yahoo 360.

    Haiya...saya soal seperti ini agak kuper, tidak banyak ikut sana sini. Dulu pernah sekali ikut kaget karena ada situs foto album (lha kok ya lupa namanya...) dari yahoo juga, yg tutup. Tapi saya tidak ikutan repot memback up foto2 itu, karena memang sudah ada back-upnya di HD hehehe

    Tapi komentarnya Risma bikin saya berpikir nih, karena saya belum melakukan pengamanan posting2 saya di blogspot! :( hohoooo.... ada kerja lagi deeeh

    ReplyDelete