19 May 2009

Sigulempong Sigule-gule (SATB)

Ada banyak komponis Batak, Sumatera Utara, yang telah menciptakan lagu-lagu bagus. Dari sekian banyak komponis itu, ada dua orang yang paling menonjol. Yakni, Nahum Situmorang dan S. Dis Sitompul.

Anda ingat Sigulempong?

Aha, beta sendiri mulai kenal lagu ini ketika hari pertama masuk SMAN Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur, NTT. Dulu ada pentaran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) untuk siswa baru di seluruh Indonesia. Nah, di belakang buku wajib P4 berwarna cokelat itu dimuat beberapa lagu daerah buat peserta penataran P4 tingkat SMA.

Saya ingat betul guru pembimbing saya, yang ternyata sangat musikal, paling doyan lagu Sigulempong (Batak) dan Burung Tantina (Maluku). Padahal, pak guru ini asli Flores. "Lagu Batak itu bagus-bagus," katanya. Lalu, kami diajari membaca notasi, mengucapkan syair... dan menyanyi Sigulempong Sigule-gule. Seru banget!

Tak lama di Larantuka, saya hijrah ke SMAN 1 Malang, Jawa Timur. Saya bisa masuk SMA top di Malang ini berkat rekomendasi Kakanwil Pendidikan dan Kebudayaan NTT. Terima kasih, Pak! Di situ saya mulai melihat paduan suara, vocal group, hingga guru-guru vokal yang bagus baik di sekolah maupun gereja. Aha, Sigulempong ternyata sering dibawakan di paduan suara atau vocal group.

Kemudian kenal Bung Diaz, mahasiswa Universitas Kristen Jatim, yang punya koleksi kaset Victor Hutabarat. Salah satu lagu terkenal ya Sigulempong. Syair Sigulempong di buku pentaran P4, kaset, dan partitur paduan suara rada beda, tapi intinya sama. Jiwa, dinamika, latar belakang, lagu ini sama saja: kegembiraan orang-orang Batak yang suka menyanyi, menari, dan... minum tuak macam orang-orang di kampung saya di Flores.

Ehm... yang terakhir ini jangan ditiru!

Aktif di paduan suara mahasiswa Universitas Jember, lagu Sigulempong kian populer saja. Aransemennya macam-macam. Ada Pak Irfan yang bikin, kemudian Endry (keduanya di Jember), kemudian Paul Widyawan, dan Lilik Sugiarto. Saya juga sempat mencoba bikin aransemen sendiri, tapi untuk vocal group Mudika (Muda-Mudi Katolik) di Wilayah I Paroki Santo Yusuf Jember.

Nah, berikut ini Sigulempong aransemen Lilik Sugiarto (almarhum) untuk SATB. Saya mendapat partitur ini dari Mbak Shinta Sulistyo, pentolan PSM Universitas Indonesia alias Paragita.

Selamat menyanyi Sigulempong! Ojo sampek mendhem!!!







Partitur Kor SIGULEMPONG, lagu Tapanuli/Batak, karya S. Dis Sitompul, aransemen SATB: Lilik Sugiarto.

13 comments:

  1. kalau boleh tahu,dimana bisa saya dapat partitur asli yang kualitasnya bagus ya? thanx befor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja di klik gambar partiturnya setelah muncul klik kanan salin gambar dan pindahkan atau copas ke microsoftword lalu semuanya di BOLD. saya sudah mencobanya dan mutunya cukup baik.

      Delete
    2. Betul. Saya menulis pakai paint sehingga kualitasnya cukup bagus untuk diprint. Jelas sekali!

      Waktu mahasiswa saya malah bertugas menulis ulang (pakai tulisan tangan) atau mesin ketik biasa. Satu per satu not harus diketik. Kelihatan sangat melelahkan tapi manfaatnya saya jadi hafal semua nada SATB. Bahkan, sampai sekarang.

      Lha, zaman sekarang semua serba instan, tinggal klik di internet, ngeprint, lalu dibaca. Enak banget bukan? Lha, kok masih belum puas juga??? Hehehe.... Zamannya memang beda dgn ketika saya aktif di paduan suara mahasiswa pada pertengahan 1990an.

      Selamat menyanyi!

      Delete
  2. thanks ya buat partitur lagu Sigulempongnya...bang Hurek. Gbu

    ReplyDelete
  3. Bung Hurek, trims banget partitur Sigulempong-nya. Kalo ada, apa boleh juga dapat partitur yamko rambe yamko? Terima kasih. (Ekoprimo)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas eko. sayang sekali, partitur ymko rambe yamko hilang entah ke mana. mungkin diambil kenalan yg aktif di choir karena saya memang gak aktif lagi. met nyanyi.

      Delete
  4. bang ada partitur satbnya lagu ayo mama dan sajojo gak? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak ono partitur maneh... wis tak warisno adik2 mahasiswa sing aktif kor. Soale aku ndak sempet melu kor... suwun

      Delete
  5. Kalau boleh, apakah saya boleh minta not balok lagu Sigulepongnya ya.. tapi yang lengkapnya...Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada partititur not balok. Sangat jarang ada partitur paduan suara lagu2 daerah yg pake not balok.. kecuali notasi untuk piano.

      Delete
  6. Kalau boleh, apakah saya boleh minta not balok lagu Sigulepongnya ya.. tapi yang lengkapnya...Makasih :)

    ReplyDelete
  7. Bang share partitur balok lagu sigulempong dong. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Notasi balok gak ada... dari dulu partitur SATB di indonesia jarang yg pake not balok. Kecuali komposisi klasik barat yg pasti pake not balok.

      Orang Barat dan Indonesia itu terbalik. Buku2 nyanyian anak2 dan gereja pun pake not balok. Tidak ada not angkanya.

      Sebaliknya orang indonesia umumnya hanya kenal not angka sehingga buta not balok. Maka notasi kor yang aslinya balok pun diubah jadi not angka.

      Delete