01 May 2009

Sentil Kertas di Hong San Ko Tee



Kelenteng Hong San Ko Tee di Jalan Cokroaminoto No. 12 Surabaya secara rutin mengadakan bakti sosial pengobatan tradisional Tionghoa: sentil kertas. Terapi ini sangat unik dan sederhana.


Kertas diletakkan di sela-sela jari, kemudian disentil oleh SUHARTO, tabib asal Pamekasan, Madura. Jika pasien punya penyakit, sakitnya bukan main. Jika tidak ada penyakit, ya, biasa-biasa saja.

"Saya praktik di Surabaya dua kali seminggu: Selasa dan Jumat pukul 08.00 sampai 12.00. Rata-rata saya melayani 300 sampai 400 pasien," ujar Suharto.

Dia mengaku "menemukan" terapi sentil kertas ini delapan tahun silam, 2001. "Saya mendapat petunjuk melalui kertas. Kertas itu dapat mengantarkan energi saya ke pasien," terang Suharto.

Selain sebagai pengantar energi, kertas juga bisa mendeteksi jenis penyakit yang sedang diderita pasien. "Saya tidak membatasi pasien. Siapa saja boleh berobat di sini. Dari bayi sampai yang tua," ucap pria 37 tahun ini. "Bahkan ada yang datang dari Kalimantan dan Papua."

Banyak pasien yang telah disembuhkan oleh Harto. Vera Srimulat, misalnya, datang bersama sang suami yang stroke. "Dulu suami saya nggak bisa angkat tangan. Kalau jalan juga sandalnya tiba-tiba lepas susah berjalan. Tapi setelah datang ke sini delapan kali, kesehatannya berangsur-angsur membaik. Tangannya sudah bisa diangkat dan sudah bisa jalan," kata Vera.

Suharto, yang juga guru silat di Pamekasan ini, juga buka praktik di Jakarta: Senin, Rabu, dan Jumat. Jumlah pasien lebih banyak. "Bisa sampai 800 orang per hari," kata bapak dua putra ini.

Sosoknya yang lucu dan sabar membuat pasien betah. "Saya memang seperti ini. Tidak mau ada jarak antara saya dengan pasien," katanya. Suharto tidak memungut biaya. "Sukarela saja. Saya melakukan ini benar-benar untuk Tuhan karena Dia yang memberikan kelebihan ini kepada saya untuk membantu yang susah," ujarnya.

Menurut dia, ada beberapa makanan yang harus dipantangi. Yakni kacang, ketan, dan makanan yang mengandung santan. "Sebab, makanan tersebut banyak mangandung kolesterol," ujarnya.

"Hampir semua penyakit bisa disembuhkan. Tergantung kepercayaan orang tersebut terhadap pengobatan saya. Tapi rata-rata syukur banyak yang sembuh," klaimnya.

Anda percaya? Silakan coba!

INFORMASI PRAKTEK BAPAK E. SUHARTO

SENIN
Vila Cinere Mas, Jalan Pluto Raya No. 1 Jakarta Selatan
HP: 081 58873 138

SELASA + JUMAT
Klenteng Hong San Ko Tee, Jalan Cokroaminoto 12 Surabaya
HP: 081 131 8739, 081 6535 764

RABU + SABTU
Raya Boulevard Barat, Ruko Inkopal Blok F No. 41
Kelapa Gading (depan Matahari), Jakarta Utara
HP: 085 6480 568 05

KAMIS
Jalan Sersan Mesrul III-B No. 37 Pamekasan, Madura
HP: 081 731 4000

AHAD
Istirahat, santai sejenak ah!

26 comments:

  1. sugesti atau memang secara medis dapat dibuktikan?

    semoga banyak membantu pasien yang mempunyai keterbatasan biaya atau mereka yang sudah tidak dapat terolong secara medik.

    btw.....
    Penyakit "Kanker" apakah bisa disembuhkan?
    Kantong Kering maksudnya...

    boss.. jangan jawab kerja yang rajin ya...

    ReplyDelete
  2. great blog..!!!
    salam kenal dari Ende - Flores - NTT

    ReplyDelete
  3. Bang Bernie, Ni hao ma?

    Macam2 ya pengobatan alternatif. Tapi sungguh saya baru dengar terapi sentil kertas spt ini. Satu terapi kebugaran dan pengobatan tradisiomal ( buat sakit sekelas masuk angin n pegel2) yg muraH meriah yang sering saya kangeni adalah... Pijat! Hrhe. Kalo mbok pijit langganan bisa buka cabang di singapura, sy pasti jadi langganan tetap dan setia! Ehehe

    Ada juga pijit di sini, tapi biaya berkali lipat...dah teng go, begitu teng jamnya, langsung pack up n go! Alias hitungan waktu sekaliii! Hehe

    ReplyDelete
  4. saya sangattertarik sayang tempatnya jauhsalam buatpak harto salam kenal buat yangpunya blog

    ReplyDelete
  5. Matur suwun buat kawan Marianus dan Ning Dyah di Singapura (yang cantik). Sudah jadi pengunjung tetap saya pu blog en kasih komentar bagus en positif. Kapan2 beta kasih tanda mata.

    Enchon di Ende bilang "great blog"? Biasa2 saja Eja. Doi iwa ratu!!!

    ReplyDelete
  6. minta tolong informasi alamat praktek sentil kertas suharto di jakarta,tepatnya dimana.sy butuh sekali alamatnya.tks. tlg krm ke almt email: n_d4h5@yahoo.com.endah

    ReplyDelete
  7. mnta alamt praktek'y donk...
    sya sngat mmbutuhkannya untuk mngobati ayh sya yg stroke...tlong krim k email saya...
    goldenlife@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. alamatpraktek sentil kertas suharto di jakarta,tepatnya dimana ya???

    ReplyDelete
  9. boleh minta alamat bpk harto yang di jakarta? saya mau obati tumor. kalo bisa email ke saya di suuchankawai@yahoo.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  10. dear all.. ada yg tahu informasi adrees terapi sentil kertas pak harto.. mohon bantuan emailnya
    twdara@yahoo.com

    semoga amal ibadahnya diterima oleh ALLAH

    ReplyDelete
  11. salam kenal sebelumnya....
    sepertinya blog ini udah lama banget ya???? tapi saya baru tau mengenai pak harto hari ini, langsung browse d internet, akhirnya nemu blog ini.. kalo boleh saya minta alamat terapi pak harto yang di jakarta dong... n kalo g kebratan, tolong kirim k mail saya di yoe_qeeonyellow@yahoo.com (^_^)
    thanx...

    ReplyDelete
  12. saya oranhg jakarta...saya butuh terapi sentil kertas itu,,apakah terapi tersebut ada di jakarta....kalau ada...tolong informasikan..saya melihat pak suharto di salah satu acara sho di trans tv..namun pada kesempatan itu....tidak di informasikan kepada para penonton alamat terapi sentil kertas tersebut....saya mohon dengan sanagt alamat terapi sentil kertas tersebut....kalau ada...tolong kirim alamatnya ke email saya fauziacitra@yahoo.com
    terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Ely minta tolong info lengkap praktek di jakarta donk... plissssss banget ya... email ke ely_cweet86@yahoo.com.sg or elynurhayati86@gmail.com

    ReplyDelete
  14. saya minta tolong alamat praktek terapi sentil kertas pak harto yang di surabaya..tlg kirim ke ririnramadhina@yahoo.com..trimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  15. saya juga minta tolong info alamat praktek yang di jakarta.karena ibu saya sangat membutuhkannya. terima kasih

    ReplyDelete
  16. Terima kasih atas sambutan pembaca yang luar biasa. Setelah mendengar masukan dari berbagai pihak, khususnya pengurus klenteng, akhirnya saya memuat informasi praktek Bapak E. Suharto di blog ini.

    Mudah-mudahan bisa menjadi rujukan kawan-kawan semua. Semoga kita semua diberi kesehatan oleh Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  17. saya tertarik dengan pengobatan dari bp. suharto ini tolong kirimkan alamat prakteknya yg mungkin dekat madiun atau sekitarnya
    tolong kirim k email andriy_041091@yahoo.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  18. Hallo pak, salam kenal..sayapun salah satu pemirsa acr tv di trans kmrn. Jd penasaran bgt dgn terapi pak harto, mdh2an bs menyembuhkan nenek sy yg kena stroke. Kalau tdk keberatan, boleh saya minta almt lengkapnya yg di jkt? Tlg dikirim ke pizzicato4d@yahoo.com

    Semoga amal ibadah Anda dibalas oleh Tuhan YME. Amiin.

    ReplyDelete
  19. Saya mau tau, apa terapi ini dpt membantu utk menurunkan berat badan? Bila iya, harga knjung perdatang sampai brp? Trima kasih. Saya sgt membutuhkan informasi ini.

    ReplyDelete
  20. aku udah nyoba sentil kertas sama pak harto. rasanya wuihhhh sakit banget krn mungkin aku punya penyakit. tapi setelah itu rasanya nyaman...

    ReplyDelete
  21. maaf mas kalau blh tau tarif harga sekali terapi nya berapa yah??? Tolong kirim ke-amoeba_liar@yahoo.com

    ReplyDelete
  22. beberapa waktu yg lalu sy nonton slh satu acara d trans7 soal terapi sentil.sy tertarik bgt lho...
    tp sayang praktek nya cm d jakarta+surabaya
    mudah2an besok lusa bs buka praktek d Kalimantan

    ReplyDelete
  23. Wah..mas Lambertus ini memang jeli banget ..byk orang butuh pengobatan ky gini mas..mas Lambertus berjasa banget lho...ngasih info lengkap seperti ini..krn pengobatannya diluar logika tp sy pernah ngalami dan sembuh total (maaf waktu berobat ke dokter koq ngak sembuh2..)

    ReplyDelete
  24. terapi sentil bpk harto emang mak nyussss...buktinya berat badan saya turun 6kg selama 1,5 bln.....n penyakit sama urat, kolesterol n gula darah turun drastis.....mmuurraahh bbuuaannggeett...bravo bpk harto from : mei kompleks jkt''..................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak harto skrg udah jd seleb krn sering nongol di tv.mudah2an tdk membuat pak harto tinggi hati,semoga ya pak,krn bpk sekarang bergaul dgn artis artis ngetop.

      Delete
  25. Bpk suharto skrg udah jd seleb..sering nongol di acara tv terutama trans tv....mudah2an pak suharto ga berubah tetep seperti yg dulu tdk sombong krn bergaul dgn artis artis...krn kesembongan adalah awal dari kehancuran..sy istri dan kel salah satu yg pernah di sentil yg rasanya ennnnnaaaaaak tp sakit..

    ReplyDelete