06 May 2009

Selesma Wawe = Flu Babi



Wawe belen, buraken, nepi tilun bele-bele heloka nayuk. Hehehe...

Tite teti lewo biasa piara ewang nawun: witi, wawe, manuk, aho, kukak. Kame te Lembata paling aya pao witi nong wawe. Lango weke kae musti rong witi le wawe. Witi wawe tite gerian taang bule dagel.

Witi wawe titen memang ega, ro leron kae ti tekan ewyang hala. Tun tou mungkin moan pat lema, kalo bule dagel. Tite biasa tekan nepa kaen: wata, toto sia, ipat, peku.

Go tun lema kae kan wawe moan rua le telo.

Ata Jawa pe watanen. Seba wawe gampang hala. Tapi baba non nona sinan leron kae rekan ewang nawun, khususnya wawe. Tite bisa hope wawe te wulen, ra duam aya-aya. Doi ega, tite bisa hope wawe te wulen. Restoran sinan ayaken, dum wawe, welin-welin.

Go leron kae basa selesma wawe kala kantor berita, internet. Flu nepi naranen flu meksiko, H1N1. Ata diken mata aya kae: teratu raingen. Meksiko alawen rang masker, sekolah libur, kantor-kantor letuna, turis sota rai Meksiko.

Jawa alawen rekan wawe hala ro sot rong selesma nepi. Penumpang lodo pi Bandara Juanda ra presa ro. Pemerentah seba wawe lawangen, semprot obat-obatan, niku wawe sehat le take. "Tite pi Jawa Timur aman. Selesma wawe take, tapi tite musti jaga-jaga," Pak Gubernur maring.

Basa berita selesma wawe, go onek peten kong lewo. Peten nolo go piara witi wawe, seba wulung, kang pao ewang nepe. Wawe teti lewo mitemen, anaken aya, rekan renu sembarang. Para wawe susah hala, dom di gampang.

Wawe belanda buraken, tilun belen, paling aya te Lewoleba. Wawe utan teika te utan, seba setengah mati. Ana bai tula oring, jaga wata. Wawe utan nepe musuh titen. "Tekan wawe utan ne mela-mela," ana Flores Barat maring. Hehehe....

Pi leron selesma wawe, nolo selesma manuk, selesma sapi (sapi mungeren), selesma aho (rabies)... Tite toi hala, bauk selesma aku muri? Moga-moga ina-ama, kaka-air, rae lewo selamat.

10 comments:

  1. Tata No Hurek, kita tu senang sekali baca engko punya Blog ini ka. Pokoknya, seperti makan nasi, 3x sehari. Tata e... kalo tentang bahasa daerah tu, kita po mengerti satu dua kata jo le. Mungkin bagus kalo Tata buat satu kamus Lamaholot-Indonesia. Pasti sangat membantu melestarikan bahasa daerah.

    Dari arim di negeri Cristoforus Kolombus, Spanyol.

    ReplyDelete
  2. Bang Hurek,
    aku nggak ngerti apapun... hikshikshiks..

    cuma tahu kalo wawe=babi

    ngomong-ngomong, gambar babinya imut ya...

    (sorry bang, out of content)

    salam

    ReplyDelete
  3. Kae' saya gak ngerti bahasa ini... bingun aku....

    ReplyDelete
  4. Romo di Spanyol: Terima kasih banyak sudah kasih komentar dan apresiasi. Kamus Bahasa Lamaholot sebetulnya sudah ada, namun belum banyak dikenal di lingkungan orang Flores Timur sendiri. Saya tidak punya kemampuan membuat kamus hehehe...

    Risma dan Marianus:
    Tulisan ini dalam bahasa Lamaholot (Flores Timur) yang sederhana. Yah, sekadar sumbangan untuk internet agar ada artikel berbahasa Lamaholot yang bisa dilacak Mr Google.
    Terima kasih banyak sudah membaca meskipun tidak paham. Salam.

    ReplyDelete
  5. Aiiiih....mas Bernie,
    saya jadi gemes ingin tahu isi artikel ini!
    ...ada kata selesma wawe selesma manuk :D Naaaah...ini saya masih ngerti :D witi dan kukak apa ya?

    Sebenarnya mas Bernie ini bisa berapa bahasa ya? Polygot dooong spt postingan anda :D

    ReplyDelete
  6. Hehehe... Mbak Dyah, terima kasih banyak sudah membaca artikel Flu Babi dalam bahasa Flores Timur ini. Lucu ya? Memang jarang diketahui orang di luar NTT.

    SELESMA: flu, influenza
    WAWE : babi
    WITI : kambing
    MANUK : ayam
    KUKAK : burung
    BULE DAGEL : pesta di kampung
    PAO : memberi makan, memelihara.

    Kira-kira ini dulu daftar beberapa kata bahasa Lamaholot yang saya pakai di artikel ini. Oh ya, saya sejak kecil memang selalu ingin tahu bahasa-bahasa daerah di tempat lain. Termasuk Jawa, Madura, dan Banyuwangi di Jawa Timur.

    Salam untuk Mbak Dyah sekeluarga di Singapura. Nuwun.

    ReplyDelete
  7. CAPTION: "Wawe belen, buraken, nepi tilun bele-bele heloka nayuk. Hehehe..."

    BAHASA INDONESIA:

    "Babi besar, putih, ini telinganya sangat besar seperti kipas. Hehehe.."

    ReplyDelete
  8. Wuakakak.....salesma wawe, semoga tidak masuk ke Flores, dan juga sudah mulai muncul 'flu kuda"., next apalagi, who knows?

    ReplyDelete
  9. ama lamber, ketemu lagi, lagi sibuk. selesma wawe pasti bekin teti lewu alawe susa dum wawe terlebih roke lali Kedang...biasa kame reti Kalikasa doi lali Kedang seba wawe..ina - ina bpasti bisa bengkrut di ko...hehe ama go senang mo bisa tulis mere tite koda...harap ina ama kak ari reti lewu ro basa tulisan moeng ama...ok ama semoga Ama Teti Lera Wulan Tana Ekan tetap bersamamu
    franskupangujan

    ReplyDelete
  10. hahaha.. mae jaha wi artikel pake bahasa lamaholot. mantap mantap. tapi kayaknya selesma wawe we maso rae lewo hala. terima kasih

    ReplyDelete