05 May 2009

Lilik Sugiarto dan "Virus" Paduan Suara



Naskah: LAMBERTUS HUREK
Foto : ANOM WIBISONO (Putra almarhum Lilik Sugiarto)

Nama LILIK SUGIARTO tak asing lagi di kalangan paduan suara mahasiswa, berikut alumninya, di seluruh Indonesia. Almarhum membuat banyak sekali aransemen SATB (sopran, alto, tenor, bas) lagu-lagu daerah untuk mahasiswa Indonesia. Dia juga menciptakan komposisi paduan suara lagu nasional.

Salah satu yang sangat terkenal adalah BUMIKU INDONESIA. Sejak 1980-an komposisi ini kerap menjadi lagu wajib/pilihan festival paduan suara mahasiswa (juga pelajar) di tanah air. Komposisi ini "memaksa" mahasiswa untuk menikmati keindahan seni paduan suara.

"Awalnya susah, aneh, gak umum, tapi setelah jadi, kita jadi ketagihan. Ingin nyanyi terus," kata seorang teman aktivis PSM di Jawa Timur. Yah, Lilik Sugiarto berjasa menyebarkan "virus paduan suara" di kalangan mahasiswa Indonesia.

Aransemen lagu-lagu daerah ala Lilik Sugiarto sangat khas. Dia mengolah lagu yang biasa-biasa saja sedemikian rupa sehingga terdengar rancak. Tidak terlalu gampang, tapi juga tidak terlalu susah. Paduan suara mana pun biasanya bisa membawakan garapan Lilik Sugiarto dengan baik.

Saya sendiri --- sebagai bekas anggota PSM Universitas Jember, juga ikut bantu melatih PSM Fakultas Pertanian Universitas Jember --- paling terkesan dengan aransemen SIGULEMPONG (lagu Tapanuli/Batak), CIK-CIK PERIUK (Kalimantan Selatan), JALI-JALI (Jakarta), GORO-GORONE (Maluku).

Dibandingkan dengan aransemen yang dibuat komponis lain, menurut saya, karya Lilik Sugiarto paling enak. Punya greget. Dan greget memang sangat dibutuhkan paduan suara mahasiswa yang rata-rata baru belajar mengenal paduan suara yang benar.



Almarhum Lilik Sugiarto dan kor foto bersama dengan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Mengapa Lilik Sugiarto sangat kondang?

Tidak lain karena beliau ikut meletakkan fondasi PSM Universitas Indonesia. Lilik mulai menggembleng PSM UI pada 1978. Sejak itu dia memperkaya repertoar paduan suara dengan menciptakan komposisi baru serta membuat aransemen SATB untuk lagu-lagu daerah.


"Lilik Sugiarto juga menegakkan disiplin latihan. Kedisplinan yang distandarkan dengan paduan suara profesional membantu PSM UI menjuarai sejumlah kompetisi," tulis Ninok Leksono, wartawan Kompas, yang juga pengamat paduan suara di tanah air.

Karena berada di Jakarta, PSM UI menjadi paduan suara mahasiswa paling terkenal di Indonesia pada 1970-an, 1980-an, dan mungkin sampai 1990-an. Mereka acap diminta tampil di TVRI, satu-satunya televisi pada masa itu. Setiap tanggal 17 ada program CINTAKU NEGERIKU sesudah DUNIA DALAM BERITA. PSM UI pun beroleh peluang untuk "mempromosikan diri" ke seluruh Indonesia.

Penampilan PSM UI tak ayal menggairahkan paduan suara di lingkungan kampus-kampus di tanah air. Bagi yang punya home arranger tidak masalah karena lagu-lagu daerah atau nasional bisa diaransemen sendiri. Tapi yang tidak punya? Salah satu cara adalah memesan partitur ke teman-teman PSM UI.

Ketika ada festival, maka panitia kerap meminta Lilik Sugiarto menciptakan komposisi khusus. Sejak itulah karya-karya Lilik tersebar di seluruh Indonesia. Pak Lilik biasanya menulis partitur dengan tulisan tangan. Tulisannya besar, terkesan dibuat cepat-cepat. Partitur asli itu kemudian difotokopi entah berapa kali oleh pengurus paduan suara di kampus atau sekolah.

Tidak heran kalau partitur JALI-JALI (ditulis pada 1973), yang pernah saya miliki, kusam tidak karuan. Not-notnya sudah tidak terbaca. Maka, agar partitur itu bisa digunakan, kita harus "menafsirkan ulang" notasi tersebut. Ditulis lagi, kemudian difotokopi lagi. Hehehe....

Lilik Sugiarto dalam berbagai kesempatan mengatakan bahwa seni menyanyi, khususnya paduan suara, sangat penting dalam pendidikan moral anak bangsa. Karakter bangsa, pendidikan nilai, nasionalisme, cinta tanah air... bisa ditanamkan lewat paduan suara. Buktinya, aktivis paduan suara sangat gandrung lagu nasional dan lagu-lagu daerah dari Sabang sampai Merauke.

"Ketika lagu-lagu daerah dibawakan dalam paduan suara, maka efeknya akan berbeda dengan dinyanyikan secara solo," kata Lilik Sugiarto yang juga pernah melatih paduan suara di sejumlah perguruan tinggi swasta di Jakarta, termasuk Universitas Katolik Atmajaya.

Belum lama ini ada lomba paduan suara SMA di Surabaya. Lagu wajibnya DOA ANAK NEGERI (Donny Hardono/Prast) yang terkenal itu. Aransemen kornya siapa lagi kalau bukan Lilik Sugiarto. Yah, Lilik Sugiarto memang sudah tidak ada lagi, namun karyanya tetap abadi.

"Ars longa, vita brevis".




KOMENTAR DARI PUTRA ALMARHUM LILIK SUGIARTO

Saya kenal (alm)Lilik Sugiarto. sejak saya baru lahir ya.... Nama Saya Anom Wibisono, saya Putra kedua  (alm) Lilik Sugiarto. Saya terharu membaca artikel di atas.. Saya mewakili Keluarga Besar Lilik Sugiarto mengucapkan terima kasih.

Bila bapak-bapak, ibu-ibu, dan sodara-sodara. butuh aransemen lagu-lagunya bapak bisa minta ke saya... email ke saya aja anom_wibisono@yahoo.com

Bapak pasti seneng kalau aransemen paduan suaranya tetep di nyanyikan.

Wasalam....

40 comments:

  1. saya mengenal Lilik Sugiarto sejak tahun 1964, ketika sama sama kuliah di yogya, ia memang istimewa, ditahun itu dia sudah aktif menyanyi membentuk grup2 vokal. (isfanhari)

    ReplyDelete
  2. Matur sembah nuwun Pak Isfanhari (dosen Unesa). Saya merasa senang dan tersanjung karena Bapak sudi meluang waktu untuk menulis komentar di blog ini. Semoga selalu sukses dan diberkati Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak perkenalkan saya Jolies mahasiswa seni musik UKSW.. saya perlu biografi pak Lilik.. apakah bisa d bantu? Tgl lahir nya terutama jika berkenan tolong kirimkan biografinya ke joliesdicky@yahoo.com trimakasih

      Delete
    2. Pak perkenalkan saya Jolies dr fakultas seni musik UKSW.. saya bermaksud meminta biografi dr pak Lilik jika berkenan setidaknya tgl lahir dan beberapa karyanya untuk skripsi saya pak.. tolong pak kirimkan ke joliesdicky@yahoo.com. trimakasih yang sebesarnya.

      Delete
    3. Lucu sekali mahasiswa-mahasiswi yang banyak minta ini itu kepada Pak Lambertus. Pak Lambertus itu penulis, bukan sekretaris atau ahli warisnya Pak Lilik Sugiarto.

      Kalian malas, tidak mau membaca rangkaian komen atau tambahan yang ditulis Pak Lambertus, di mana anak alm. Lilik sendiri yg bernama Mas Anom sudah menawarkan untuk melayani permintaan; tetapi kalian itu malas untuk menyimak, maunya minta dan langsung diberi. Kalau saya jadi manajer kalian, tak pecat langsung krn malasnya.

      Delete
    4. Hehe... makanya saya juga malas jawab. Informasi di komentar2 blog sudah sangat jelas dan gamblang. Putranya almarhum pak Lilik juga tertera. Tinggal kontak aja. Lha kok aku yang ditanyai. Seakan2 aku ini keluarganya alm pak Lilik. Aku kan nulis catatan ringan untuk apresiasi beliau sebagai salah satu legenda paduan suara di indonesia. Kebetulan aku kagum dengan aransemen2 beliau.

      Begitulah orang indonesia termasuk mahasiswanya. Malas baca! Yang dibaca cuma judulnya thok kemudian komentar di media sosial. Menanyakan hal2 yang sudah gamblang.

      Delete
    5. Mungkin dikira Pak Lambertus ini pengikut Yesus yang setia "Mintalah maka akan diberikan untukmu". Hahaha.

      Delete
    6. Hehe... iso ae cak. Akar masalahnya itu tadi : malas baca! Mungkin zamannya sudah beda.

      Dulu saya blusukan ke rumah2 musisi dan tokoh paduan suara kayak pak solomon tong, bubi chen, slamet abdul sjukur, aris sudibyo, ucok aka harahap dsb dsb utk mengorek ilmu sebanyak banyaknya. Akhirnya mereka jadi sahabat kayak keluarga sendiri.

      Kita perlu blusukan ketemu langsung karena belum ada internet email media sosial dsb. Sekarang gak perlu blusukan. Cukup nongkrong di kamar sudah dapat informasi buanyaaak... saking banyaknya gak ada waktu untuk membaca.

      Selamat main Pokemon Go!

      Delete
    7. maaf sebelumnya, saya sudah menghubungi email yg tertera,, tetapi nihil,, saya tidak menerima balasan apa2 sampai saat ini, saya minta saran jika berkenan bukan semata mata cacian..

      Delete
  3. thanks atas partitur sigulempong. horas!!!!

    ReplyDelete
  4. sigulempong, lagu ini diajarin waktu aq penataran p4 masuk sma jaman dulu. hehe..
    salam kenal bung.

    frits

    ReplyDelete
  5. bapak Lambertus,
    perkenalkan saya Agus dari Tangerang...
    maaf apabila diperkenankan mohon dikirimkan file lagu GORO GORONE ... jpg yang ada di artikel Bapak tak dapat saya cetak dengan jelas

    dapatkah dikirim ke adv3nto@gmail.com

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Silakan klik di paritutur, nanti bisa terbaca dengan jelas. Soal cetak-mencetak, itu tergantung tekniknya saja. Kalau belum bisa juga, silakan tulis tangan saja. Sejak dulu kelompok paduan suara menggunakan partitur tulisan tangan. Oke?

    ReplyDelete
  7. Salam kenal bapak, saya dari pare kediri.. sangat membutuhkan sekali partitur paduan suara utamanya lagu2 wajib nasional kalau bapak berkenan membantu tolong di upload.. trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. Mas Rudy, partitur paduan suara SATB sudah cukup banyak saya unggah di blog ini. Hanya saja, saya kesulitan waktu untuk menulis ulang partitur SATB yang panjang-panjang karena rumit dan melelahkan.

    Sebaiknya anda menghubungi teman-teman aktivis paduan suara terdekat di Kediri. Siapa tahu mereka bisa membantu. Selamat bekerja!

    ReplyDelete
  9. Saya Kenal (alm)Lilik Sugiarto. sejak saya baru lahir
    ya.... Nama Saya Anom Wibisono, saya Putra Ke 2 (alm) Lilik Sugiarto. Saya terharu membaca artikel diatas.. Saya mewakili Keluarga Besar Lilik Sugiarto mengucapkan terimakasih.
    bila bapak-bapak, ibu-ibu, dan sodara-sodara. butuh aresement lagu-lagunya bapak bisa minta ke saya... email ke saya aja anom_wibisono@yahoo.com
    bapak pasti seneng kalau aransementnya tetep di nyanyikan.

    Wasalam....

    ReplyDelete
  10. Terima kasih banyak Mas Anom. Saya tidak menyangka bisa "bertemu" dengan putranya almarhum Pak Lilik Sugiarto di blog ini. Benar-benar kejutan dan berkat Tuhan.

    Saya memang sudah lama terkesan dengan komitmen dan pengabdian almarhum di dunia paduan suara, khususnya paduan suara mahasiswa. Saya juga berharap semoga karya-karya beliau tetap dinyanyikan paduan suara di seluruh Indonesia.

    Salam hormat saya untuk keluarga almarhum Bapak Lilik Sugiarto.

    ReplyDelete
  11. salut utk pak lilik. hebat banget memang!!!!

    ReplyDelete
  12. Salam kenal.
    Perkenalkan nama saya Vincent. Saya menangis terharu bercampur sedih membaca artikel anda dan baru mengetahui ternyata Pak Lilik Sugiarto sudah tiada. Saya tidak mengikuti perkembangan beliau sejak saya merantau.

    Saya adalah salah seorang anak didik beliau. Saya belajar sangat banyak tentang Paduan Suara dari beliau, khususnya semangat, jiwa patriotik yang tinggi serta kedisiplinan.

    Saya merasa sangat beruntung pernah mendapat kesempatan digembleng oleh salah seorang dari sedikit "Maestro" Paduan Suara di Indonesia yang juga "a great composer" yang karyanya benar-benar penuh penjiwaan karena sang composer merupakan bagian dari karya itu sendiri seperti "The Famous MasterPiece - BUMIKU INDONESIA". Saya merasa sangat terhormat mempunyai Buku Partitur Asli BUMIKU INDONESIA yang diberikan oleh almarhum kepada saya lengkap dengan tandatangan nya.

    Saya terkenang masa-masa latihan dengan beliau, masa-masa "mendekam" di training center setiap ada Festival, perjalanan bersama ke lokasi-lokasi Festival/konser.

    Saya juga senang melihat Mas Anom ikutan "nimbrung" disini. Nama Mas Anom juga acapkali disebut oleh Pak Lilik. Kalau saya tidak salah ingat, saya pernah bertemu dengan Mas Anom yang menunggu almarhum di mobil VW Orange kesayangan beliau. Salam buat keluarga besar ya, Mas. Ibu masih di Matraman?

    Selamat Jalan, Pak Lilik tercinta.
    Terima kasih atas segala dedikasi dan Jasa anda yang akan selalu dikenang setiap kami menyanyikan karya-karya besar anda.

    ReplyDelete
  13. kita doakan semoga Pak Lilik berbahagia di sisi Allah, sang seniman agung.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih kepada Mas Anom Wibisono, putra almarhum Lilik Sugiarto, yang telah mengirim 15 foto Pak Lilik kepada saya. Tiga di antaranya saya pasang di blog ini untuk melengkapi naskah yang sudah ada.

    Sekali lagi, matur nuwun, Mas Anom!

    ReplyDelete
  15. perkenalkan saya dandi, mahasiswa sekolah tinggi akuntansi negara.
    terimakasih banyak sudah memuat banyak kisah tentang paduan suara dan tokoh2nya.
    di kampus saya tahun ini baru dibentuk ukm paduan suara dan kami sangat terbantu oleh partitur2nya pak lilik sugiarto, pemberian panitia wisuda kampus kami.
    karna termasuk ukm baru kami juga masih kesulitan untuk mencari partitur untuk dibawakan karna terkait hak cipta dll.
    oleh karena itu mohon bantuannya kalo ada partitur lagu daerah bisa dikirimkan ke dandisahman@gmail.com
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  16. salam kenal n moga2 PSM2 di indonesia makin maju..

    ReplyDelete
  17. Lagu Bumiku Indonesia-nya Pak Lilik Sugiarto adalah salah satu lagu terbaik Indonesia yang pernah saya kenal, khususnya di paduan suara. Hebatnya lagu ini bisa membuat saya merinding saat pertama kali mendengarkan. Apalagi saat saya menyanyikan dalam latihan khususnya kalimat: " Aku bersyukur aku bersujud jauhkan aku dari cobaMu" atau "aku bersembah..aku berpasrah lindungi aku dengan kasihMu". Semoga ke depan banyak bermunculan komposser yang memiliki kualitas seperti beliau.

    ReplyDelete
  18. Betul Kang Pramana.

    Lagu Bumiku Indonesia memang dahsyat dan sangat mendalam syair dan jiwanya. Saya sendiri tidak akan pernah lupa karena komposisi itu menjadi lagu wajib lomba paduan suara antaruniversitas di Jawa Timur ketika saya baru masuk kuliah. Sejak itulah saya 'terperangkap' di paduan suara mahasiswa.

    Terima kasih, Anda sudah mampir dan menulis komentar.

    ReplyDelete
  19. selamat malam mas anom, perkenalkan saya andrew saya berasal dari sumatera barat.
    saya membutuhkan partitur paduan suara dayuang palinggam aransemen bapak (alm) Lilik Sugiarto. tolong di upload, atau bisa bapak kirimkan ke email saya. saya telah mengirim pesan ke email mas Anom.
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  20. alm bapak Lilik Sugiarto memang punya pengaruh besar di kalangan paduan suara indonesia. semoga alm berbahagia di sisi Allah, dan karya2nya tetap lestari dan dikembangkan oleh generasi muda di tanah air.

    ReplyDelete
  21. mas. saya andrew.
    mas, boleh minta partitur nya bapak (alm) lilik sugiarto dayuang palinggam? saya begitu tertarik mempelajarinnya setelah saya melihat video nya di youtube. terima kasih

    ReplyDelete
  22. Wah, saya sudah lama gak nyimpan partitur. Koleksi2 saya yang cukup banyak sudah diwariskan ke mana2 karena saya memang sudah gak aktif di paduan suara 10 tahun lebih.
    Silakan minta ke aktivis2 paduan suara yang lagi aktif. Semoga sukses.

    ReplyDelete
  23. aslmkm.....perknlkan nama saya yoki dari univ jember fak pertanian. saya mau inta izin untuk menggunakan partitur sigulempong arr lilik sugiarto untuk dilombakan pada tanggal 1 desember 2011...akan tetapi kami dari UKM PSM faperta mau menambah aransemen tersebut, ditambah modulasi dan sedikit ada penambahan ekspresi seperti menambah kata horas pada partitur....bagmana mnrt mas..??

    ReplyDelete
  24. Harus dilihat siapa-siapa yang jadi juri. Kalau jurinya berlatar klasik murni, dia mesti taat aransemen kor yang di partitur. Semuanya harus diikuti, mulai nada dasar, ekspresi, dinamika, dan sebagainya. Orang2 klasik menganggap partitur atau score itu karya seni yang harus dihormati, tidak bisa diubah seenaknya. Termasuk di sini Aning Katamsi, penyanyi seriosa yang juga pelatih Paragita, paduan suara mahasiswa UI.

    Sementara juri2 yang nonklasik biasanya lebih luwes. Silakan Anda pertimbangkan sendiri. Selamat berlatih dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  25. Salam kenal smuanya, perkenal kan saya priyambudi dr PSM "GITA ADVAYATVA" UPN "VETERAN" JAKARTA, saya sangat senang sekali dpt membaca blog ini dan saya t'msuk salah satu pergemar karya2 (alm) Lilik Sugiarto, sudah ada beberapa lagu yg pernah saya nyanyikan : sigulempong, rentak 106, bolelebo, yamko rambe yamko, doa anak negri, aryati, kapan-kapan, can't help falling in love. Kalau boleh saya ingin meminta partitur lain nya seperti bumiku indonesia, dayuang palinggam, dll dan dapat mengirimkan ke email saya ppriyambudi@yahoo.com atau ppriyambudi@gmail.com, terimakasih. Salam SATB

    ReplyDelete
  26. Perkenalan saya dg mas Liliek diawali saat seleksi jadi anggota Paduan Suara UI (PSUI) di tahun 1980. Harus diakui bahwa menjadi anggota PSUI dengan pelatih mas Liliek adalah pengalaman yang paling berharga. Selain belajar menyanyi dan menjadi juara, yang paling penting adalah teknik dan disiplin.

    Pengalaman semasa menjadi anggota PSUI tetap mempersatukan kami, khususnya setelah mendengar kabar berpulangnya mas Liliek. Hingga saat ini teman-teman alumni PSUI masih sering menyanyikan lagu-lagu yang diajar oleh mas Liliek.

    Tali silaturahmi tetap kami jaga dengan keluarga mas Liliek, yang telah banyak membantu Paduan Suara Alumni UI. Terima kasih khususnya buat Ibu Liliek.

    ReplyDelete
  27. karya-karya beliau sangat berkelas dan telah menjadi tonggak paduan suara di indonesia. semoga beliau berbahagia di alam sana dalam lindungan kasih tuhan.

    ReplyDelete
  28. boleh share masa hidupnya pak Lilik Sugiarto? Saya sedang ada tugas mencari tgl lahir dan wafat nya.. Trimakasih.

    ReplyDelete
  29. saya membutuhkan lagu yamko rambe yamko arransemen pak lilik. saya pernah menyanyikan lagu ini semasa SMA. saya ingin mempelajarinya kembali. jika berkenan mohon dikirmkan ke email saya kyza.resita29@gmail.com dan sweet_purple81@yahoo.com.
    atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu share liriknya dong , bantu ngerjain tugas

      Delete
  30. Untuk Natal besok paduan suara kami akan menyanyikan Bumiku Indonesia, sayangnya kami tidak mempunyai partitur piano-nya. Jadi sebagaik pianist, saya hanya belajar dengan cara mendengar dan mengamati iringan piano lagu tersebut di YouTube.

    Menjumpai blog ini saya jadi memberanikan untuk minta part untuk piano di lagu Bumiku Indonesia tersebut. Mengenai ongkos ataupun biaya adminnya saya akan kirimkan via transfer. Mohon kontak ke saya di hannes_70@yahoo.com ya. Atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada mas Adrian. Saya sudah tidak menyimpan lagu partitur2 waktu zaman mahasiswa dulu. Sebaiknya anda bertanya ke aktivis paduan suara mahasiswa, siapa tahu ada. suwun

      Delete
  31. bung hurek, seperti halnya ari sidharta, saya anggota psui (paduan suara universitas indonesia). psui lah yg menyanyikan pertama kali sebagian besar lagu daerah aransemen mas liliek.

    karenanya, tolong dikoreksi, nama kelompoknya adalah psui, bukan psm ui..

    ReplyDelete