07 April 2009

Lagu Paskah populer: Syukur Kepada-Mu Tuhan




Apa lagu Paskah paling populer di Indonesia?

Sulit menjawab. Berbeda dengan lagu-lagu Natal yang sangat populer dan dibawakan dalam banyak versi. Lagu-lagu Paskah banyak sekali, jauh lebih banyak ketimbang Natal, tapi semuanya berbau liturgi. Dibawakan selama perayaan ekaristi atau misa di gereja.

Di kalangan penggiat paduan suara, khususnya di kota besar, khususnya yang berlatar belakang mahasiswa, HALELLUJAH HANDEL, paling favorit. Tingkat kesulitan sedang, perlu latihan agak lama, pelatih yang baik, plus pemusik jempolan. Komposisi Halellujah (Georg Friedrich Handel, 1685-1759) ini sejatinya ditulis untuk paduan suara dan orkes simfoni.

"Halelujah ini adalah lagu penutup bagia kedua Oratorium The Messiah," tulis Karl-Edmund Prier SJ. "... Lagu ini selalu diperdengarkan dan dinikmati sambil berdiri."

Teman-teman paduan suara di Jawa Timur, yang belum terlatih, sering memaksakan diri menyanyikan Hallelujah Handel, sehingga kesan megah dan dahsyatnya menjadi hilang. Padahal, komposisi ini masuk kategori E (sedikit sulit) versi Romo Karl-Edmund Prier. Artinya, hanya kor-kor yang banyak berlatih yang bisa membawakannya dengan baik.

Karena itu, di Flores, khususnya di kampung-kampung, lagu Halelujah Handel tidak dikenal umat. Kenapa?

Orang-orang kampung mengatakan, "Terlalu sulit. Terlalu panjang. Terlalu rumit. Terlalu canggih..." Dan masih banyak lagi "terlalu-terlalu" yang lain. Butuh latihan keras berhari-hari, sementara lagu-lagu yang harus dikuasai cukup banyak.

Orang Flores itu pada dasarnya hanya suka lagu-lagu sederhana. Pendek-pendek. Simpel tapi enak. Itulah musik liturgi ala Flores yang sejak 1980-an menjadi hits di seluruh Indonesia.

Bagi saya pribadi, lagu Paskah yang sangat berkesan sejak kanak-kanak sampai dewasa adalah SYUKUR KEPADAMU TUHAN. Lagu ini dimuat di hampir semua buku nyanyian Katolik yang beredar di Indonesia. Buku Puji Syukur Nomor 592.

Diciptakan oleh W. Bone (1826), lirik Indonesia (versi Puji Syukur dan Madah Bakti) oleh Al. Budyapranata (1975). Tak hanya populer di Flores, di Jawa pun lagu ini populer luar biasa. Hampir semua jemaat hafal di luar kepala. Dinyanyikan usai janji permandian, ketika pater memerciki air suci, melodi dan syair Syukur Kepada Tuhan sangat menyentuh.

"Air mata bisa jatuh kalau nyanyi lagu ini," ujar Gorys, aktivis kor asal Ende. Saya membenarkan pernyataan teman lama ini. "Lagu-lagu gereja itu ada ratusan, bahkan ribuan, tapi yang benar-benar berkesan tidak banyak."

Di kampung saya, pelosok Lembata, lagu ini dulu dikenal sebagai TUHAN KINI KUULANGI, buku SYUKUR KEPADA BAPA Nomor 380. Setelah buku nyanyian liturgi 1980-an itu diganti YUBILATE, lagu indah ini tetap dimuat di nomor 330. Syairnya pun sama.

Ketika kuliah di Jember, Jawa Timur, teman-teman mahasiswa Katolik pun selalu menyanyikan lagu ini dalam berbagai pertemuan. Apalagi kalau ada si Yopi, jawara lomba gitar klasik, lagu ini terasa benar kekuatannya.

Saya tidak terkejut ketika Victor Hutabarat membuat rekaman lagu-lagu Katolik, Syukur Kepada-Mu Tuhan menjadi nomor andalannya.

"Syukur kepada-Mu Tuhan,
sumber segala rahmat
Meski kami tanpa jasa
Kau pilih dan Kauangkat

Dosa kami Kauampuni
Kauberi hidup ilahi
Kami jadi putra-Mu."

11 comments:

  1. betul mas...lagu ini memang luar biasa...
    terimakasih sudah berbagi..
    oo ya saya minta ijin memakai aransemen yang diatas untuk dinyanyikan di gereja ya...
    semoga bisa menjadi berkat bagi semua yang mendengarkan...amin...

    salam
    Elfira

    ReplyDelete
  2. Sama-sama. Silakan dipakai dan dinyanyikan di gereja atau persekutuan anda. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  3. mas bisa dapat arnsmen lagu-lagu paskah??

    ReplyDelete
  4. mas, saya organis lepas dan sering diminta untuk iring koor yg membutuhkan organis..apa saya bisa dapat lagu-lagu paskah?

    lorensndri@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. sudah mendengar versi di album Djadug Ferianto...
    saya terhenti & menangis sewaktu mendengarnya di mobil....

    ReplyDelete
  6. sudah mendengar yg versi Djaduk Ferianto?...
    Berkah Dalem :)

    ReplyDelete
  7. Betul sekali..lagu yang luar biasa. Dan malam ini pun.. Malam Paskah 2011 saya akan menyanyikan lagu indah itu. Salam kenal Sdr. Lambertus. Semoga berkat Paskah tercurahkan di hati kita semua. Amin.

    ReplyDelete
  8. Thanks for the song, that's very great......
    Good luck forever You are

    ReplyDelete
  9. Thanks for the song, that's great.....
    Good Luck....!!!!!

    ReplyDelete