30 March 2009

Thomas Kwaelaga pencipta lagu Ina Maria



Di mana ada dua atau tiga orang Lamaholot berkumpul, kemudian berdoa rosario, maka hampir pasti mereka menyanyikan INA MARIA. Artinya, Bunda Maria. Sejak dulu orang Flores, khususnya Flores Timur, punya devosi kuat terhadap Bunda Maria.

Karena itu, lagu-lagu rohani bertema Bunda Maria sangat banyak dan populer di Flores Timur. Tapi bisa dipastikan tidak ada yang sepopuler INA MARIA. Melodinya sederhana, ngelangut, khas Lamaholot.

Siapakah gerangan penulis lagu INA MARIA? Saya sudah bertanya ke mana-mana, tapi tidak ketemu. Beberapa teman asal Adonara pun tak tahu. Sejak awal saya memang yakin pencipta INA MARIA orang Adonara. Gaya sastra Lamaholotnya sangat kuat, dan itu khas Adonara.

Bukan hanya saya. Banyak orang lain yang tidak tahu pencipta INA MARIA. Maka, di kaset/CD/VCD atau partitur paduan suara, INA MARIA selalu ditulis ciptaan NN. Tidak dikenal nama pencipta.

Ini aneh karena INA MARIA baru muncul pada akhir 1990-an. Masa sih lagu baru kok tidak ada yang tahu nama penciptanya? Begitulah, kita di Indonesia, khususnya Flores, kurang menghargai hak cipta.

Capek bikin lagu, dinyanyikan di mana-mana, tapi nama penciptanya dibuang begitu saja. Bahkan, orang tidak merasa perlu melacak siapa gerangan sang penulis lagu. Banyak sekali kasus lagu-lagu rakyat Lamaholot yang nasibnya macam ini. Penulis lagu, si pujangga, dilupakan orang. Bandingkan dengan di Barat sana!

Syukurlah, Edang Yosef, orang Maumere, membaca saya punya blog yang menulis rekaman lagu INA MARIA yang dibawakan Victor Hutabarat dan paster-pater Redemptoris. Edang terkejut, tepatnya marah, karena INA MARIA tertulis ciptaan NN.

Edang Yosef mula-mula mengetes saya: Siapa yang menciptakan INA MARIA? Saya tentu saja tidak bisa menjawab. "Go koi hala. Go dahang ana bai pi Jawa Timur, Adonara lewun, ro ra roi hala," saya jawab dalam bahasa Lamaholot versi Ile Ape.

Besoknya Edang Yosef mengirim e-mail balasan. "Nama pengarang lagu INA MARIA adalah Bapak THOMAS KWAELAGA. Saya sudah hubungi beliau perihal tidak dicantumkan namanya dalam beberapa album lagu INA MARIA. Sebagai pencipta lagu, beliau sangat prihatin dengan hal ini," tulis Edang Yosef.

Edang menjelaskan, Thomas Kwaelaga seorang guru sekolah dasar (SD) yang sangat sederhana di pedalaman Pulau Adonara. Tepatnya di Sandosi, Adonara Timur. Masih ada banyak lagu Bunda Maria yang bagus yang ditulis Thomas Kwaelaga.

"Karena cinta lagu ini, saya bersusah payah pergi mencari beliau di Adonara dan berhasil bertemu dengan beliau. Saya sempat semalam nginap di rumahnya sekadar bertanya tentang inspirasi apa yang membuat beliau menulis lagu ini. Ternyata, beliau mempunyai devosi yang kuat terhadap Bunda Maria," tulis Edang Yosef.

Menurut Edang, sejauh ini hanya ada satu album yang pernah menulis nama Thomas Kwaelaga sebagai pencipta INA MARIA. Yakni album ERLASARI yang dinyanyikan Erlin Lasar, penyanyi cilik asal Lembata yang tinggal di Maumere.

"Mungkin hal ini terjadi karena lagu INA MARIA sudah sangat bersahabat di hati umat, sampai orang lupa mencari tahu nama pengarangnya sekaligus meminta izin hak pencipta untuk menyanyikan lagu ini sekaligus memperdagangkannya," tulis Edang Yosef dalam e-mail khusus kepada saya.

Edan sendiri, meski bukan orang Flores Timur, mengaku sangat senang dengan lagu INA MARIA dalam bahasa Lamaholot. Terasa sangat menyentuh baik syair maupun aransemennya. "Kebetulan sekarang saya tinggal di Maumere. Di maumere, orang mengubah sayir lagu ini ke dalam bahasa Maumere dan menjadi lagu wajib dalam berbagai kegiatan doa rosario dan ibadat lainya."

Edang menambahkan:

"Lagu ini dinyanyikan atau diperdengarkan hampir di seluruh pelosok Flores dan Lembata dan mungkin di tempat lain juga. Namun, sayangnya, saya tidak pernah memnemukan nama pencipta lagu (Thomas Kwaelaga) ditulis dalam album-album tersebut."

Baiklah! Semoga penjelasan Edang Yosef bisa menjawab pertanyaan banyak orang yang selama ini penasaran dengan nama pencipta lagu INA MARIA. Terima kasih banyak, Bung Edang!



10 comments:

  1. Postingan yg bagus.. terima kasih oo...

    torang di Bali juga nyanyi lagu ini..

    Thanks, terima kasih banyak, buat Bapak Thomas.. Semoga Bunda Maria selalu melindungi...

    J. Resiona

    ReplyDelete
  2. Bung Jack, salam untuk teman-teman di Bali.

    ReplyDelete
  3. Albina lamabelawa6:45 PM, June 29, 2011

    Terimakasih,,,postingannya Ama Lambert,,,
    dan terimakasih bangga dan hormat,juga buat Ama Thomas Kwaelaga,,yg telah mencipta lagu Ina Maria,,,,
    Pernah pada suatu hari minggu,di bulan Oktober 2010,,saya kaget sekali karna yg menjadi lagu penutup perayaan ekaristi hari itu adalah lagu Ina Maria dan dinyanyikan oleh anggota koor yg semuanya org jawa dan cina,,,,sungguh luar biasa Roh lagu Ina Maria,benar2 mendunia,,,,,

    ReplyDelete
  4. Terima kasih karena saudara telah memposting lagu ini..thanx you brother.........

    ReplyDelete
  5. lagu ini memang menyentuh banget.... god bless us!!!

    ReplyDelete

  6. Selamat siang, Mas Lambert.
    Salam kenal.
    Sudah lama saya mendengar lagu Ina Maria dari You Tube dan sangat menikmatinya.
    Dua pecan lalu saya berada di Larantuka dan dalam ibadah penutup saya meminta para peserta menyanyikan lagu Ina Maria itu. Bulu kuduk saya berdiri dan merinding mendengarkan keindahan syahdu lagu itu.

    Sejak mendengar lagu, baik dari Youtube (sejak 3 tahun lalu) dan di Larantuka itu, saya berusaha mencari teks partitur lagu tersebut dan baru 2 hari lalu mendapatkannya dari seorang mantan frater.

    Dalam teks aransemen Robert S.T. itu ditulis syair dan lagu oleh NN.
    Saya heran mosok lagu sangat indah tidak ada pengarangnya, tepatnya tidak ada yang tahu pengarangnya.

    Lalu saya search di google dan menemukan blog Anda yang menceritakan ikhwal nyanyian Ina Maria itu.

    Saya meminta izin apakah lagu Ina Maria sebagaimana terdapat dalam file lampiran (saya coppy dari blog Anda) boleh saya share di facebook Anda. Tujuannya: 1. menolong orang yang ingin mendapatkan teks partitur lagunya, 2. tentu saja memperkenalkan pengarang lagu sebagaimana terdapat dalam teks yang Anda pasang di blog Anda.

    Saya menunggu jawaban/balasan Anda.
    Salam hormat saya untuk Bapak Thomas Kwaelaga di Sandosi, Adonara


    Tuhan memberkati,


    Sadsunu

    ReplyDelete
  7. terimaksi ni buat postingannya.go ra kolilanang ( bahasa adonara)..jujur saya juga baru tau nama pengarangx walaupun keyakinan saya itu pasti penciptanya adonara....setidanya hari ini saya tau nama pencipta lagunya....BUAT semua Tuhan berkati selalu...

    ReplyDelete
  8. terima kasih buat postingannya...jujur saya juga baru tau nama pengarangnya..walaupun ketika ditanya dengan yakin saya menjawab pengarangnya orang adonara...UNTUK SEMUA TUHAN BERKATI SELALU

    ReplyDelete
  9. Mohon penjelasan, Apakah artinya tiap syair Lagu Ina Maria ini dalam Bahasa Indonesia, karena saya orang Jawa... tidak mengerti bahasanya krn untuk di nyanyikan di Misa. Terima kasih banyak Bantuannya. Tuhan Memberkati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lagu devosi untuk Bunda Maria berbahasa Lamaholot atau bahasa daerah Flores Timur NTT. Artinya tidak jauh beda dengan syair lagu Maria dalam bahasa Jawa Indonesia Latin Inggris yg sudah biasa kita ketahui.

      Terjemahan bebas begini:

      Bunda Maria... bunda yg baik hati
      Bunda Maria... ingatlah kami anakmu

      Kami ini penuh dosa.. ingatlah kami anakmu
      Kami yg berada dalam kesusahan

      Oh Bunda Maria.. ribuan orang berlinang air mata
      Panggillah kami anakmu...
      Banyak ujian/penderitaan di dunia
      Ingatlah kami selalu oh Bunda...

      Oh.. betapa banyak dosa dosa kami
      Lihatlah air mata kami.. memohon pengampunan

      Delete