05 March 2009

Matinya Gudang Buku Nusa Indah



Kantor Nusa Indah di Ende. Foto: Andreas Harsono.

Rabu, 4 Maret 2009. Saya mampir ke Gudang Buku Nusa Indah di Jalan Polisi Istimewa Surabaya. Ini pewakilan resmi Penerbit Nusa Indah, yang berpusat di Ende, Flores, di Pulau Jawa. Kita bisa dengan mudah mendapatkan semua buku Nusa Indah di sini.

Orang-orang Flores, dan penggemar buku umumnya, biasa datang ke Gudang Buku Nusa Indah baik sekadar belanja mata, lihat-lihat buku baru, atau ngobrol dengan petugas. Hubungan antara pelanggan dan staf Nusa Indah ibarat keluarga sendiri. Pater-pater SVD dari Flores pun kerap saya temui di sini.

Kita bisa bicara panjang lebar tentang apa saja. Kadang-kadang ada kiriman jagung titi atau makanan khas Flores yang bisa dinimati besama. Hmm... ada juga teman-teman yang menikmati bir bintang di sini. Cakapnya pun menjadi ramai, gayeng, khas anak Flores perantauan.

Oh, ya, media massa terbitan Flores, keluarga Nusa Indah juga, bisa ditemukan dengan mudah di sini. Harian Flores Pos, Mingguan Dian, Majalah Kunang-Kunang [anak-anak] tersedia meskipun sudah kedaluwarsa. Saya termasuk pelanggan yang sangat menikmati Gudang Buku Nusa Indah di Surabaya.

Tapi apa yang terjadi? Saya tersentak ketika masuk ke ruangan ini, Rabu siang. Rak-rak kosong. Ratusan, bahkan ribuan judul buku, tak terlihat lagi. Lima kardus berisi buku-buku lama Nusa Indah. Suasana kacau-balau.

"Masa pengabdian kami di Surabaya sudah selesai. Tidak ada lagi Gudang Buku Nusa Indah di Surabaya," ujar Mbak Yohana kepada saya.

Karyawan yang telah mengabdi selama 27 tahun ini tersenyum kecut. Tentu berat melihat tempat kerjanya, yang memberinya kehidupan selama puluhan tahun, harus tutup. Mbak Yohana bilang acara bersih-bersih, ringkas-ringkas, sudah dilakukan sejak minggu lalu. "Rak-rak, lemari, dan sebagainya akan dijual," kata Mbak Yohana.

Lantas, ke mana ribuan buku itu?

Dikirim semua ke Flores. Ke kantor pusat Nusa Indah, Jalan El Tari Ende, Flores 86318. Telepon (0381) 23974. Proses pengiriman sudah mulai dilakukan. Pekan depan, bisa dipastikan semua buku yang pernah menghuni Gudang Buku selama bertahun-tahun pulang kampung. Selamat jalan, kawan!

Kalau mau jujur, bisnis buku Nusa Indah memang melesu dalam beberapa tahun terakhir. Manajemen PT Nusa Indah, yang dipegang para pastor SVD (Societas Verbi Divini) rupanya gagal membaca tanda-tanda zaman. Bisnis yang seharusnya bisa berkembang--lihat saja geliat toko-toko buku di Surabaya atau Jakarta--di Nusa Indah justru merosot.

Kalau kita bongkar buku-buku di Gudang Nusa Indah, Surabaya, sebagian besar adalah buku-buku lama. Bahkan, buku terbitan tahun 1970-an, misalnya karangan Pater Alex Beding SVD atau buku tentang Paus Yohanes Paulus I pun masih dijajakan di ruang pamer. Mirip lapak pedagang buku-buku bekas di Jalan Semarang atau Jalan Blauran.

Belum lagi ruangan yang terasa kurang terawat. Buku-buku berdebu. Tidak kinclong. Tak usahlah dibandingkan dengan Toko Buku Gramedia yang sangat canggih itu. Dengan toko-toko buku paroki saja, Nusa Indah kalah telak. Bagaimana orang ramai-ramai ke sini untuk belanja buku? Daya tariknya nyaris tidak ada.

Maka, bisa dipahami, Kongregasi SVD Regio Jawa merasa tidak perlu lagi mempertahankan Gudang Buku Nusa Indah. Memang sama-sama SVD-nya, sama-sama Flores-nya, mengingat pastor-pastor SVD sejak dulu didominasi orang Flores, tapi beda kepentingan. SVD Jawa ingin memperluas Soverdi, biara untuk komunitas pater-pater SVD yang lansia. Sebab, ruangan yang ada sekarang dinilai sudah tidak memadai.

Apa boleh buat. Gudang Buku Nusa Indah, yang sudah berumur 30-an tahun itu, harus dihentikan. Mempertahankan bisnis yang jelas-jelas rugi sama dengan bunuh diri bagi PT Nusa Indah, bahkan SVD umumnya. "Saya sendiri kebetulan pensiun, ya, sudah. Saya kembalikan semuanya ke kantor pusat di Flores," ujar Mbak Yohana.

Bagaimana masa depan Nusa Indah selanjutnya?

Kita tunggu saja. Saya dengar saat ini manajemen Nusa Indah sedang berpikir keras untuk mengembalikan kejayaan penerbit dan toko buku pelopor di Nusa Tenggara Timur itu. Jangan sampai Nusa Indah tenggelam!

11 comments:

  1. Ada toh Nusa indah di Surabaya... saya pikir cuman ada di Flores sana..

    lah koq dengarnya lagi sudah tutup... weleh.. terlalu mapan para peneglolah Nusa Indah.. samapai gak tahu mau ngapain.. menghadapai perubahan zaman yang begitu cepat...

    ReplyDelete
  2. Iya, Marianus, Nusa Indah sudah lama sekali punya cabang atau gudang buku di Surabaya. Dia yang memasok buku-buku Nusa Indah di seluruh Jawa sejak 1970-an.

    Dulu, SVD juga punya kapal penumpang [plus barang], namanya Ratu Rosari, yang menghubungkan Jawa dan NTT. Buku-buku Nusa Indah biasanya disalurkan lewat kapal itu. Tapi ya KM Ratu Rosari juga merugi terus, kemudian dijual, karena kalah bersaing dengan kapal-kapal Pelni dan swasta.

    Masalah penerbitan memang sangat kompleks. Terima kasih sudah kasih komentar.

    ReplyDelete
  3. aq punya beberapa buku terbitan nusa indah, kayak gorys keraf. aq pikir nusa indah di flores itu cukup berkualitas. sayang kalo sampek gak bertahan.

    dessy

    ReplyDelete
  4. sangat disayangkan sampai tutup. kita jd sulit mendapat buku2 dr flores.

    ReplyDelete
  5. aduh, sayang ya...pantas sy cari2 buku misa harian yg terbitan ende, susah banget...dimana-mana tdk ketemu..
    Dimana ya sy bisa beli..mungkin kl masih ada sisa..
    Terima kasih
    Theresia G
    mtasih@iinet.net.au

    ReplyDelete
  6. Selamat pagi Pak Lambertus, saya tinggal di Jakarta dan sedang mencari buku berjudul "KEBANGKITAN" dari Pater Dr.C.Groenen,OFM , terbitan Nusa Indah thn 1973.
    Barusan saya telp ke no. (0381) 23974, tapi tidak ada yang angkat. Apakah saya boleh minta informasi Bapak Lambertus, dimana atau siapa yang bisa saya hubungi untuk memperoleh buku tsb.
    Tks,
    Johana

    ReplyDelete
  7. Dear : Nusa Indah
    Mohon bantuan nya, kami sedang mencari buku berjudul KOMPOSISI karangan Prof. Dr. Gorys Keraf. sebanyak 200 Exp. pada saat ini. mohon di konfirmasi ke no. 02197671367/02174708523

    ReplyDelete
  8. Selamat Siang Pak Lambertus, saya di jakarta sedang mencari buku berjudul KOMPOSISI karangan Gorys Keraf, sebanyak 200 Exp. mohon dikonfirmasi ke no. 02197671367/02174708523

    ReplyDelete
  9. Halo Penerbit Nusa Indah....

    Sya MIdun Aliassyah mahasiswa Unej. Sya mau membeli buku sastra terbitan dr Nusa Indah.
    yakni buku yg berjudul "Novel dan Film" karangan Pamusuk Eneste (1991). MOhon bantuaanya agar saya memperoleh buku tersebut. sya sudah mencari di toko2 buku, tapi keberadaan buku itu tidak ada. ni no hp sya 085730031156. MOhon bantuannya.... trimakasih.

    ReplyDelete
  10. mohon bantuannya, saya sedang mencari buku karangan gorys keraf "eksposisi dan deskripsi" asli atau bajakan. saya butuh sekali buku ini. hubungi saya di rendyfathony@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  11. mohon bantuannya, saya sedang mencari buku karangan gorys keraf "eksposisi dan deskripsi" hubungi saya di meyga_hidayah@yahoo.co.id terimakasih

    ReplyDelete