22 December 2008

Seriosa Natal F.X. Soetopo




Lagu-lagu Natal selalu enak dan abadi. Melodinya bagus-bagus. Contoh: ADESTE FIDELES yang di Indonesia dikenal dengan HAI, MARI BERHIMPUN. Sederhana, tapi luar biasa merdunya. Juga SILENT NIGHT yang diindonesiakan dengan MALAM KUDUS.

Sayang sekali, hampir semua lagu Natal populer berasal dari Barat sana. Sudah banyak sebetulnya komposer tanah air yang menulis lagu Natal ala Indonesia. Tapi jarang yang ngetop. Beda, misalnya, dengan lagu-lagu Paskah populer banyak ditulis orang kita sendiri.

Guru-guru kampung di pelosok Pulau Flores--yang hanya berbekal pendidikan SGA (Sekolah Guru A), SGB (Sekolah Guru B), KPG (Kursus Pendidikan Guru), atau SPG (Sekolah Pendidikan Guru)--banyak menghasilkan lagu-lagu Paskah populer. Ini bisa disimak pada liturgi pekan suci di gereja-gereja Katolik. Saya tidak tahu kenapa komposisi Natal sulit populer.

Bapak F.X. Soetopo (almarhum) komposer musik klasik Indonesia yang sangat populer. Aktivis paduan suara, peserta bintang radio dan televisi, penyuka musik seriosa, tentu tak asing dengan pria kelahiran Jombang, Jawa Timur, 26 April 1937, ini. Pak Soetopo kali pertama menulis lagu ketika usianya baru 14 tahun.

Bakat musiknya memang luar biasa. F.X. Soetopo semakin matang ketika belajar musik di Sekolah Menengah Musik Indonesia, Akademi Musik, kemudian Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta. Dia memperdalam ilmu musiknya di beberapa musisi Barat macam Willy Piel, Bodmer, dan G. Kenney. Pria yang meninggal pada 2006 ini juga menciptakan Himne Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

F.X. Soetopo menulis banyak sekali komposisi vokal klasik ala Indonesia yang kita kenal dengan SERIOSA. Sebut saja CINTAKU JAUH DI PULAU (dari puisi Chairil Anwar), LEBUR, PUISI RUMAH BAMBU, BUKIT HITAM, TRAGEDI '65, BALADA PERJALANAN, KABUT, GERSANG, BALADA BERINGIN, NATALKU KE-9. Jarang ada komposer anak negeri yang menulis lagu Natal bergaya seriosa. Setahu saya, ya, hanya F.X. Soetopo.

Nah, menjelang Natal ini tak ada salahnya kalau kita bersama belajar membawakan lagu karya F.X. Soetopo: NATALKU KE-9. Berbeda dengan lagu-lagu seriosa umumnya, melodi lagu ini sangat sederhana. Tidak ada satu pun nada kromatis yang menyulitkan penyanyi pemula. Ambitus atau rentang nada pun standar, bisa dibawakan siapa saja.

Yang paling penting, tentu saja, ekspresi atau penghayatan. Nyanyian dibawakan dengan tenang dan ekspresif: ANDANTE ESPRESSIVO. Selamat mencoba!!!

3 comments:

  1. wah, mas.... kok hebat banget bisa nemu partitur lagu langka seperti itu. Baru kali ini saya tahu ada lagu natal karangan alm. FX Soetopo. Ntar kucoba nyanyi ah.... thanks banget ya

    ReplyDelete
  2. Dinartisti Soetopo7:50 PM, October 06, 2010

    salam kenal,

    terima kasih sudah meng-upload & mempromosikan lagu ayah saya ...
    semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan ...
    Tuhan memberkati..

    ReplyDelete
  3. halo mas, saya mahasiswi ISI Yogyakarta kebetulan akan menggunakan salah satu lagu karya alm. bapak F.X. Soetopo. Saya tdk menyangka bapak Soetopo ternyata alumni ISI juga. hehe. maaf kalau boleh tau sinopsis lagu bukit hitam apa ya? terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete